Seputar informasi teknologi internet dan Android

3 Tips Mudah Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

blogger templates

3 Tips Mudah Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya


  gb.techno.id

Diantara Anda mungkin sering menyimpan berbagai foto berharga di perangkat ponsel namun acapkali khawatir ukurannya yang terlalu besar dan bisa memenuhi penyimpanan internal ponsel? Atau anda butuh mengunggah foto namun ukuran filenya terlalu besar?

Tenang anda tak perlu khawatir, karena anda bisa mengkompres foto tersebut untuk mengecilkan ukuran filenya dan tanpa mengurangi kualitasnya. Berikut di bawah ini adalah tiga cara mudah untuk mengompres foto dengan menggunakan layanan online, PC dan juga ponsel yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Kompres Foto Online

Cara untuk mengkompres foto secara online terbilang cara yang paling mudah karena anda tidak perlu untuk mengunduh aplikasi apa pun diperangkat ponsel. Selain itu, cara ini juga dapat digunakan baik melalui perangkat PC ataupun ponsel.

Untuk mengompres foto dengan cara online hal pertama yang harus anda lakukan adalah silahkan buka situs https://imagecompressor.com/id/ bisa juga melalui browser pilihan. Berikutnya anda Klik opsi Unggah File yang terletak di tengah layar lalu pilih foto yang ingin anda kompres. Atau anda bisa pula drag-and-drop foto langsung dari file manager ke browser.

Anda dapat mengompres sampai dengan 20 foto sekaligus. Foto yang telah anda pilih akan secara otomatis diunggah dan dikompres. Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga proses unggah dan kompres foto selesai.

Segera setelah proses ini selesai, anda dapat langsung mengunduh foto yang telah dikompres tadi. Akan tetapi apabila anda merasa ukurannya masihlah belum sesuai dengan keinginan, anda bisa scroll ke bawah kemudian mengubah level kompresinya.

Anda akan melihat dua versi foto yakni yang belum dikompres dan yang sudah. Di sebelahnya akan terlihat slider indikator kualitas foto yang bisa anda naikkan atau turunkan sesuai dengan keinginan.

Apabila ukurannya telah sesuai dengan keinginan anda, Silahkan klik opsi Unduh Semua untuk mengunduh foto-foto milik anda ke perangkat PC ataupun ponsel.

2. Cara Kompres Foto di PC Windows

Cara yang kedua ini cocok bagi anda yang sedang bekerja di depan perangkat komputer namun tidak terhubung dengan jaringan internet.Selain itu  Anda juga tidak perlu untuk mengunduh aplikasi apapun karena proses kompres ini akan menggunakan aplikasi Photos bawaan dari Windows.

Langkah pertama, anda cari dan pilih foto yang akan di kompres di file manager. Setelah itu anda klik kanan di foto yang diinginkan,kemudian pilih Open With di menu lalu anda pilih opsi Photos.

Setelah foto anda terbuka di menu Photos, silahkan anda klik tiga titik yang terletak di sisi kanan atas layar. Setelah itu akan muncul menu drop down selanjutnya anda klik menu Resize.

Langkah selanjutnya pilih ukuran yang anda inginkan. Tersedia tiga pilihan ukuran yakni Small, Medium dan Large. Setelah memilih ukuran yang anda inginkan, berikutnya akan muncul window Save As guna menyimpan foto anda.

Selanjutnya pilih folder tempat penyimpanan sesuai dengan keinginan anda, kemudian silahkan masukkan nama baru dari foto tersebut, terakhir anda pilih Save.

3. Cara Kompres Foto di Ponsel Android

Untuk mengkompres foto menggunakan perangkat ponsel atau HP Android ada berbagai cara, termasuk dengan menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Untuk bisa menggunakannya, langkah pertama kalian yang harus anda lakukan yakni dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Segera setelah proses download dan juga instalasi selesai, silahkan anda buka aplikasi tersebut.

Di bagian halaman depan anda pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang di inginkan, dan anda bisa memilih sampai dengan 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto silahkan anda klik tanda centang yang terletak di sisi sebelah kanan atas aplikasi. Anda akan diberikan dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau berdasarkan ukurannya.

Apabila anda memilih opsi kualitas, silahkan anda geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, maka semakin besar pula ukuran dan kualitasnya, begitu juga sebaliknya.

Jika anda memilih opsi ukuran, maka anda bisa mengecilkan ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Anda cukup menggeser slider menuju ke angka 200 KB.

Jika kualitas dan ukuran foto sudah sesuai dengan keinginan, selanjutnya anda klik Start Compressing. Silahkan tunggu beberapa saat dan foto anda akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa anda akses di Gallery ataupun file manager.


0 Response to "3 Tips Mudah Kompres Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya"

Post a Comment