Seputar informasi teknologi internet dan Android

Jerman Peringatkan Resiko Gunakan Anti Virus Kaspersky

blogger templates

 Jerman Peringatkan Resiko Gunakan Anti Virus Kaspersky



Ditengah memanasnya situasi perang antara Rusia dan Ukraina, otoritas kemanan siber pemerintah Jerman, memperingatkan agar warga Jerman terutama, agar tidak memakai software anti virus yang dibuat oleh perusahaan teknologi terkenal asal Rusia, Kaspersky. Ada apa gerangan hingga pemerintah Jerman memperingatkan warganya ?


Federal Office for Information Security (BSI) mengklaim bahwa dengan menggunakan produk anti virus Kaspersky, para pebisnis contohnya berisiko untuk dimata-matai aktifitasnya ataupun dipaksa meluncurkan serangan siber.

Warta yang berasal dari detikINET dan dikutip dari Reuters, BSI menyatakan bahwa perusahaan siber yang berbasis di Rusia bisa saja diminta untuk patuh pada pemerintahnya untuk menjebol sistem di mancanegara atau bisa pula teknologinya tersebut digunakan untuk melakukan serangan siber.

"Manufaktur IT Rusia bisa saja melakukan operasi serangan sendiri, dipaksa untuk menyerang sistem yang diincar atau dimata-matai tanpa sepengetahuan mereka atau sebagai alat untuk mengintai konsumennya," ungkap BSI.

BSI pun merekomendasikan mereka yang terlanjur memakai Kaspersky untuk menggantinya dengan produk alternatif sejenis. Sebelumnya di tahun 2017, pemerintah Amerika Serikat juga mengeluarkan larangan pemakaian Kaspersky di negara itu.

Di tahun yang sama pula, lembaga siber Inggris mengumumkan pada seluruh departemen pemerintahan agar tidak menggunakan produk Kaspersky di sistem yang terkait dengan keamanan nasional.

Di Jerman, pengumuman tersebut membuat klub sepakbola Eintracht Frankfurt dengan terpaksa memutus kontrak Kaspersky sebagai sponsornya. "Kami menyesalkan perkembangan ini," ucap juru bicara klub.

Kaspersky sendiri dalam tanggapannya mengungkapkan akan meminta klarifikasi dari BSI atas keputusan tersebut. Mereka menilai hal tersebut bukan terkait dengan masalah teknis melainkan politis di tengah serangan Rusia ke Ukraina.

Kaspersky pun menegaskan bahwa mereka tidak berhubungan dengan pemerintah Rusia sama sekali. Apalagi infrastruktur pemrosesan data mereka sudah direlokasikan ke Swiss sejak tahun 2018 silam.

0 Response to "Jerman Peringatkan Resiko Gunakan Anti Virus Kaspersky"

Post a Comment