Seputar informasi teknologi internet dan Android

Solusi jitu Laptop Tidak Mengeluarkan Suara

blogger templates

 Solusi jitu Laptop Tidak Mengeluarkan Suara

Penggunaan Laptop memang membantu produktivitas kita sehari-hari, dari mengerjakan tugas kantor maupun sekolah, meeting virtual, menonton film, maupun melihat konser music dan lain sebagainya. Akan tetapi ketika kita sedang melakukan hal tersebut terjadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas kita, salah satunya yakni masalah ketika suara tidak keluar dari perangkat laptop anda.

Dengan adanya gangguan tersebut pasti anda jadi tidak bisa untuk, mendengarkan music, memutar film favorit maupun menonton vidio yang berakibat membuat anda kesal. Jika perangkat laptop tidak keluar suaranya kemungkinan terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti sistem, driver, maupun komponen speakernya itu sendiri.

Untuk kali ini kami akan memberikan solusi untuk permasalahan tersebut, yuk kita simak bersama penjelasannya.

  1. Install ulang Driver Audio

Perangkat laptop dapat mengeluarkan suara tanpa driver, inilah alasannya kenapa suara dari laptop bisa terdengar ketika di BIOS ataupun pada proses instalasi. Akan tetapi masih banyak pengguna  yang tetap menginstall driver audio laptop, disebabkan karena kompatibilitas aplikasi dengan driver lebih tinggi.

Sedangkan driver audio kadangkala menyebabkan beberapa masalah suara pada laptop, contohnya ketika driver audio laptop yang terinstall rusak, maka dapat menyebabkan suara laptop menjadi tidak keluar, Ketika anda secara tidak sengaja mematikan suara laptop dan tidak bisa dikembalikan, dan bug hingga terjadi crash pada driver laptop.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan anda menginstall ulang driver audio pada laptop, dan pastikan driver yang di install sesuai, guna menghindari crash dan agar suara dilaptop dapat muncul kembali.

  1. Reinstall

Driver yang dimaksud  tersebut adalah driver yang sudah otomatis terinstall pada Device Manager di Windows anda, yang berguna untuk mendeteksi otomatis speaker pada perangkat laptop. Berikut dibawah ini caranya:

  • Klik start, lalu masuk ke Device Manager
  • Berikutnya buka kategori sounds, video and game controllers
  • Kemudian Klik kanan audio yang sudah terinstall dan klik update driver softaware
  • Terakhir anda Ikuti petunjuk install
  1. Periksa Setting Speaker

Anda pastikan posisi speaker tidak mati. Coba cek di shortcut pada bagian kanan taskbar Windows atau anda dapat melihatnya melalui menu setting sounds pada control panel. Berikut ini langkah-langkah nya

  • Buka menu Control Panel
  • Lalu anda buka menu Hardware and Sound
  • Klik sound, kemudian aturlah secara lengkap seluruh device audio
  1. Mengganti posisi default

Jika anda pernah mengganti posisi default pada audio namun lupa mengembalikannya ke posisi semula. Caranya adalah

  • Masuk ke menu hardware and Sound
  • Lalu Klik kanan speaker yang anda pakai
  • Set as default device guna mengaktifkan speaker
  1. Speaker tidak Disable

Terdapat pengaturan yakni disable speaker, yang dimana jika pengaturan tersebut aktif maka speaker dari perangkat laptop tidak akan dapat mengeluarkan suara. Cara memperbaikinya yaitu dengan cara

  • Pertama Klik kanan pada speaker laptop
  • Lalu Klik show disable device
  • Selanjutnya klik Enable speaker
  1. Service laptop

Jika memang speaker internal anda memang terbukti rusak, maka solusi terbaik nya adalah dengan membawa perangkat laptop ke ahli service, kerusakan komponen ini bisa terdapat pada speaker maupun komponen audio card di motherboard.

Demikian penjelasan mengenai speaker laptop anda yang rusak

0 Response to "Solusi jitu Laptop Tidak Mengeluarkan Suara"

Post a Comment