Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Tiba-Tiba Eror

blogger templates

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Tiba-Tiba Eror


Penggunaan perangkat komunikasi seperti Smartphone kini semakin mempermudah penggunanya seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Beragam aplikasi yang mempermudah manusia dalam kehidupannya sehari-hari dapat diperoleh dengan mudah dan banyak pula yang bisa didapatkan secara cuma-cuma di toko aplikasi Google Play Store.

Namun adakalanya aplikasi Google Play Store mengalami kendala sehingga tidak bisa diakses dan tiba-tiba berhenti kemudian eror, yang tentu saja hal tersebut membuat kita menjadi sedikit jengkel. Beberapa data yang rusak bisa membuat beberapa aplikasi yang ada di perangkat Smartphone kita menjadi tidak bisa berjalan dengan baik.

Jika memang anda pernah mengalami hal tersebut itu artinya ada yang bermasalah dengan data-data pada aplikasi tersebut. Untuk memperbaiki hal tersebut, anda bisa menghapus data dari Google Play Store, atau dapat pula mengatur ulang aplikasinya.

Seperti yang dikutip dari laman laman WikiHow, berikut ini cara mudah untuk mengatasi Google Play Store yang tiba-tiba eror.

Cara Pertama: Hapus Data dan Cache

1. Buka menu pengaturan

2. Kemudian Scroll ke bawah dan klik menu 'Apps', maka selanjutnya akan muncul semua aplikasi yang ada di perangkat smartphone.

3. Cari aplikasi Google Play Store, dan silahkan anda buka halamannya.

 Langkah Selanjutnya


4. Klik  menu 'Storage'. Di sini, anda akan menemukan opsi untuk menghapus data dan menghapus cache.

5. Terakhir silahkan anda klik 'Hapus Data' dan 'Hapus Cache'. Ketika anda menghapus data, maka akan terhapus semua pengaturan Google Play Store yang telah dipersonalisasi.

Sebagai saran, periksa kembali semua pengaturan Play Store anda agar dapat digunakan kembali.

Cara Kedua : Hapus dan Tambahkan Akun Google


Pertama, anda buka menu 'Setting'. Kemudian scroll ke bawah dan klik 'Accounts', maka anda bisa melihat semua list akun di perangkat smartphone.

Lalu Klik 'Google' dan juga klik akun email yang ingin dihapus dari perangkat Android Anda. Sebelum menghapusnya, pastikan semua data telah disinkronkan dengan akun Google Anda.

Berikutnya, Silahkan klik ikon tiga titik vertikal yang posisinya terletak di sudut kanan atas. Lalu pilih "Hapus akun" dan klik guna mengonfirmasi penghapusan di akun Google di perangkat anda.

Lalu, kembali ke menu pengaturan "Akun" dan kemudian klik "Tambahkan akun", di sana anda akan melihat daftar akun dan selanjutnya klik "Google".

Tunggu hingga muncul informasi yang akan meminta anda untuk memasukan akun Google. Setelah muncul, silahkan anda masukkan email dan juga kata sandi nya. Langkah terakhir adalah anda ikuti instruksi guna menyelesaikan penambahan akun Google di perangkat smartphone anda.

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, anda bisa mencoba cara yang ketiga, yakni menghapus dan menginstal ulang pembaruan di Google Play Store.

0 Response to "Cara Mengatasi Google Play Store Yang Tiba-Tiba Eror"

Post a Comment