Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Mudah Ubah Audio Menjadi Teks di Android Tanpa Aplikasi

blogger templates

Tips Mudah Ubah Audio Menjadi Teks di Android Tanpa Aplikasi

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat dari waktu – kewaktu, terutama kemajuan dalam bidang telekomunikasi yang semakin mempermudah pekerjaan  manusia sehari-hari.

Pada beberapa pekerjaan kadang mungkin membutuhkan alat bantu guna mengubah pesan audio ke teks secara mudah.

Banyak aplikasi Android yang telah menyediakan layanan untuk mengubah audio ke teks ini di toko aplikasi Google Play Store.

Akan tetapi, ada cara mudah untuk merubah pesan tersebut dan anda tidak harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu agar dapat mengubah pesan audio menjadi teks. Anda hanya cukup mengandalkan perangkat smartphone saja. Penasaran bagaimana caranya?

Seperti yang dikutip dari laman Makeuseof, pada Senin (29/7/2019), begini cara mudah untuk mengubah file audio menjadi teks di perangkat Android.
Buka Aplikasi



Langkah pertama, Silahkan anda buka aplikasi apa pun yang biasanya memerlukan proses pengetikan seperti aplikasi memo, aplikasi SMS, dan yang lainnya.

Selanjutnya anda ketuk area input teks apa saja guna menampilkan keyboard di layar. Namun biasanya, beberapa keyboard pada perangkat ponsel tidak mendukung penginputan suara.

Namun, apabila anda telah menggunakan Gboard atau SwiftKey, maka anda akan dapat menemukan mikrofon kecil di dalam keyboard.
Langkah Berikutnya


Silahkan ketuk ikon mikrofon guna beralih dari keyboard ke mode input suara. Pada layar bagian bawah, ketuk dan kemudian tahan tombol Hold untuk bicara dan mulai untuk merekam suara.

Selanjutnya bicaralah sambil mendeket ke arah mikrofon pada perangkat smartphone, kemudian lepaskan ketika anda telah selesai. Teks yang telah dikonversi kemudian akan "dikirim" seolah-olah anda telah mengetik dan mengetuk tombol ikon Kirim.

Agar fitur ini bisa bekerja dengan baik, sebaiknya anda bicara dengan jelas. Mesin pengenalan Google ini memang canggih, namun tidaklah sempurna. Disarankan untuk anda jangan bicara terlalu cepat dan jangan pula mengucapkan kalimat yang sama berulang kali.

Demikianlah cara mudah untuk merubah pesan audio menjadi teks tanpa aplikasi tambahan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Tips Mudah Ubah Audio Menjadi Teks di Android Tanpa Aplikasi"

Post a Comment