Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Smartphone Anda Jadi Cepat Rusak

blogger templates

5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Smartphone Anda Jadi Cepat Rusak


Di era digital ini boleh dikata, hampir semua orang dari berbagai kalangan telah menggunakan perangkat pintar yang biasa kita sebut sebagai smartphone. Perangkat pintar ini bahkan telah dianggap sebagai sebuah alat komunikasi guna menunjang aktivitas penggunanya sehari-hari, sehinga pada sebagian penggunanya seolah tidak bisa hidup tanpa perangkat pintar ini.

Akan tetapi, tak sedikit dari penggunanya yang belum begitu memahami mengenai tata cara menggunakan perangkat smartphone nya supaya lebih awet dan menjadi tidak lekas rusak.
Sebagian besar penggunanya hanya mengetahui tentang bagaimana menggunakan perangkat smartphone sekadarnya saja.

Padahal kenyataannya, perangkat smartphone juga haruslah dirawat dengan baik dan perangkat inipun memiliki beberapa trik agar dapat digunakan dengan baik sehingga awet dan tidak cepat rusak.

Bahkan, ada beberapa kebiasaan buruk dari sebagian pengguna perangkat smartphone yang acap kali dilakukan, dan secara tidak sadar menyebabkan kebiasaan yang sering dilakukan tersebut justru dapat membuat kinerja dari perangkat kita menjadi menurun.

Oleh karena itulah, kali ini penulis akan berbagi tips agar perangkat smartphone anda menjadi lebih awet dan juga tahan lama berdasarkan dari beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Apa sajakah itu? Berikut dibawah caranya seperi yang telah dikutip dari laman Brilio.net 

1. Mengabaikan Cache

Seringkali pengguna perangkat Smartphone mengabaikan mengenai cache. Padahal jika cache dibiarkan terus menumpuk, sudah barang tentu akan menganggu kinerja perangkat Android.

Cara untuk menghapus cache juga sangat mudah untuk dilakukan. Anda bisa menuju ke menu Settings => Storage => Cache Data => kemudian hapus cache yang anda ingin hapus.

2. Mengabaikan Memori Internal

Sebagian besar dari pengguna perangkat smartphone Android juga tidak begitu memperhatikan mengenai pentingnya menjaga ruang penyimpanan internal.

Para pengguna perangkat Smartphone sangat senang menyimpan beragam file di perangkatnya hingga membuat ruang penyimpanan internalnya menjadi penuh.
Nah,oleh karena itulah sebaiknya biasakan untuk tidak menyimpan berbagai  file hingga full di dalam memori internal jika tidak ingin perangkat smartphone anda sering error lalu menjadi tiba-tiba mati.

Perlu diperhatikan jika perangkat smartphone anda pun perlu ruang bebas untuk menjalankan sistem yang berjalan di latar belakang  Setidaknya, sisakanlah ruang bebas sebanyak 1GB atau 2GB agar supaya sistem bekerja secara lebih optimal.
3. Terlalu Banyak Simpan Foto

Ternyata kebiasaan inilah yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna perangkat smartphone.

Apalagi di era digital sekarang ini, hampir semua orang sangatlah suka mengabadikan momen melalui foto, akan tetapi foto yang diambil ternyata malah membuat penuh album bawaan di perangkat smartphone. 

Jika terjadi seperti itu maka sistem pada perangkat pastilah memerlukan sedikit waktu guna membaca semua foto maupun video, hal tersebut akan memaksa RAM smartphone untuk bekerja lebih ekstra. 

Guna mensiasati hal itu, anda bisa memakai aplikasi Google Photos karena foto maupun video yang disimpan di dalamnya menggunakan memori bawaan dari Google Photos.
4. Mengabaikan RAM
Pada sebagian besar dari pengguna perangkat Smartphone acapkali juga tidak menyadari jika RAM smartphone nya telah melebihi batas kapasitas pemakaian.

Umumnya, hal demikian disebabkan oleh karena terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang perangkat atau karena game yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi dari perangkat smartphone-anda.

Oleh karena itulah, sebaiknya biasakan untuk menyisakan ruang lebih  RAM smartphone untuk membuat kinerja perangkat yang lebih optimal. 
5. Ngecas Smartphone Saat Tidur
Salah satu kebiasaan  buruk yang sering dilakukan oleh para pengguna perangkat smartphone adalah mengecas perangkat Smartphone disaat tidur. Kebiasaan tersebut, ternyata dianggap membahayakan perangkat Smartphone.

Ketika anda telah sering melakukan kebiasaan buruk tersebut, boleh dikatakan akan menyebabkan usia baterai perangkat smartphone anda bakal menurun kinerjanya. Karena durasi pengisian daya baterai smartphone ketika perangkat sedang tidak digunakan pada umumnya hanya memerlukan waktu satu hingga dua jam saja.

Jadi, ketika pengguna sedang mengisi daya baterai smartphone sambil memainkannya, hal tersebut tentu akan memaksa perangkat bekerja dengan daya berlebihan.

Oleh karena itulah, sebaiknya anda usahakan jangan mengecas perangkat Smartphone sambil tidur. Usahakan agar perangkat Smartphone anda diisi dayanya saat dimatikan hingga penuh.

0 Response to "5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Smartphone Anda Jadi Cepat Rusak"

Post a Comment