Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Ampuh Menonaktifkan Fitur TalkBack di Android

blogger templates
Cara Ampuh Menonaktifkan Fitur TalkBack di Android


Pada awalnya penulis menulis artikel ini adalah ketika salah seorang teman perangkat androidnya mengalami masalahnya yaitu mengeluarkan suara seorang perempuan saat di sentuh pada layarnya, memang awalnya teman tersebut merasa kebingungan bagaimana mengatasinya.
Ada suara dan bergetar ketika di sentuh layarnya dan perangkat tidak mau bergerak seperti biasanya. Jadi membuat bingungkan? Jikalau kita mengetahui fitur ini maka kita bisa dengan mudah memperbaikinya
Namun, untuk anda yang masih kebingungan mengenai fitur talkback pada perangkat android. Anda bisa membaca artikel ini sampai tuntas yang akan penulis bahas apa itu talkback, bagaimana cara untuk mengaktifkan dan juga menonaktifkan fitur talkback di android
Apa itu talkback?

TalkBack merupakan sebuah fitur yang ada di perangkat android dimana ketika diaktifkan fitur ini, maka selanjutnya perangkat android akan membaca apa yang ditampilkan di layar handphone.

Fitur ini sebenarnya di gunakan guna memudahkan pengguna untuk membaca sebuah konten dengan hanya mendengarkan saja.
Misalkan, pengguna android yang sedang membuka sebuah laman web ataupun dokumen yang berisikan text, maka dengan mengaktifkan fitur TalkBack tersebut, maka anda akan dapat mengerti atau tahu isi  dari text tersebut hanya dengan mendengarkan dari suara yang di keluarkan oleh perangkat ponsel android anda.

Jadi seperti itulah gambaran singkat dari fitur TalkBack yang ada di android, namun dengan mengaktifkan fitur talkback ini. Maka anda akan mengalami kesulitan ketika mengakses perangkat ponsel terutama ketika anda menyentuh layarnya.

Karena ketika anda menavigasi layar di perangkat ponsel, maka layar akan bergetar dan kemudian menu yang anda pilih akan ditandai dan bersuara saja. Alhasil anda akan mengalami kesulitan untuk mengontrol perangkat ponsel android anda.
Nah, untuk anda yang mungkin secara tidak sengaja mengaktifkan fitur ini, berikut ini cara ampuh untuk menonaktifkan fitur TalkBack di perangkat android tanpa harus melakukan hard reset. Sehingga data yang ada di perangkat handphone anda tetap aman.

Cara Menonaktifkan Fitur TalkBack di android
Keterangan untuk navigasi pada layar

  1.          Untuk memilih menu silahkan ketuk layar 2 kali ( Double Klik )
  2.          Untuk melakukan geser layar sebagai navigasi naik turun dan kiri kanan silahkan gunakan 2 jari secara bersamaan


Cara menonaktifkan fitur TalkBack

  1. Langkah pertama anda masuk ke menu pengaturan
  2. Kemudian cari menu lainnya/personalisasi ( setiap versi dan tipe ponsel, letak menu TalkBack nya bisa berbeda beda )
  3. Geser dengan 2 jari ke bawah lalu cari menu aksesibilitas dan ketuk 2 kali
  4. Selanjutnya silahkan anda pilih menu TalkBack dan pilih dalam posisi OFF dengan cara mengetuk 2 kali
  5. Berikutnya akan muncul pemberitahuan, silahkan anda pilih OK dengan cara mengetuk 2 kali
  6. Selesai

 Sedangkan untuk perangkat ponsel Samsung, bisa menggunakan cara cepat yaitu kita dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur talkback ini hanya dengan menekan tombol HOME sebanyak 3x

Maka akan ada notifikasi guna mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur talkback di perangkat android
Dengan mematikan fitur TalkBack ini, maka perangkat android anda akan berjalan dengan normal kembali. Ketika di sentuh layarnya tidak lagi mengeluarkan suara pembaca konten yang ditampilkan di layar.
Namun jika anda ingin mengaktifkan fitur ini kembali, bisa menggunakan cara yang sama seperti diatas, yaitu mengganti pengaturan TalkBack dalam keadaan ON.
Nah, itulah cara ampuh untuk menonaktifkan TalkBack Android. Fitur pembaca konten yang di tampilkan di layar perangkat android anda.

0 Response to "Cara Ampuh Menonaktifkan Fitur TalkBack di Android"

Post a Comment