Seputar informasi teknologi internet dan Android

Begini Nasib Ponsel Huawei Setelah Dilarang Install Facebook, WhatsApp, & Instagram

blogger templates

Begini Nasib Ponsel Huawei Setelah Dilarang Install Facebook, WhatsApp, & Instagram

Sekarang ini, pada umumnya setiap perangkat ponsel Android yang Anda beli sejatinya hadir dengan aplikasi Facebook yang telah diinstal sebelumnya. Akan tetapi kini Huawei tidak akan memiliki hak istimewa itu lagi.

Seperti berita yang dilansir dari laman Mashable, Sabtu, 8 Juni 2019, menurut Reuters, pihak Facebook telah melarang Huawei untuk melakukan pra-install aplikasi Facebook di perangkat ponselnya.
Hal ini merupakan tindak lanjut dari adanya tekanan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi AS terhadap Huawei sejak perusahaan teknologi asal China itu dimasukkan kedalam "daftar entitas" yang berbahaya di Departemen Perdagangan Amerika Serikat.
Larangan, yang telah dikonfirmasi oleh Facebook, ternyata juga meluas ke WhatsApp dan Instagram, yang keduanya memang sekarang telah dimiliki oleh Facebook.

      Baca Juga :

Bila dilihat dari sisi konsumen, hal ini tidak begitu berdampak besar - dimana pengguna masih bisa menginstal aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram dari Play Store, dan dapat menerima pembaruan untuk aplikasi-aplikasi itu. Hanya saja ada sedikit gangguan lain yang akan membuat ponsel Huawei secara umum menjadi kurang menarik bagi para pengguna.
Setelah pihak Departemen Perdagangan AS menempatkan Huawei kedalam daftar entitasnya, yang berarti pula Huawei tidak bisa lagi membeli suku cadang dan komponen A.S. tanpa adanya persetujuan dari pemerintah A.S., perusahaan teknologi seperti Intel dan Qualcomm menyebutkan jika mereka tidak akan lagi menjual suku cadangnya ke Huawei
Namun pukulan yang paling besar bagi Huawei datang adalah ketika pihak Google mencabut lisensi Android-nya, yang membuatnya menjadi jauh lebih sulit lagi bagi  pembuat perangkat smartphone terbesar kedua di dunia itu – agar dapat terus membangun ponsel Android.
Selanjutnya, Huawei memperoleh pembebasan 90 hari dari pembatasan perdagangan. Pembatasan waktu ini penting, karena itu berarti semua perangkat ponsel Huawei masih bisa memiliki akses ke Google Play Store sampai batas waktu 90 hari berakhir pada bulan Agustus mendatang – termasuk pula perangkat ponsel yang belum beredar di pasaran.
Akan tetapi menurut laporan Reuters, larangan Facebook berlaku secepatnya, termasuk pula untuk semua perangkat ponsel Huawei yang belum keluar dari pabrik.
Sumber : https://www.viva.co.id/digital/digilife/1155348-ponsel-huawei-dilarang-install-facebook-whatsapp-amp-instagram

0 Response to "Begini Nasib Ponsel Huawei Setelah Dilarang Install Facebook, WhatsApp, & Instagram"

Post a Comment