Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Jitu Menghilangkan Iklan di Perangkat Android

blogger templates

Cara Jitu Menghilangkan Iklan di Perangkat Android



Bagi anda yang senang berselancar di dunia maya atau internet banyak tersedia website tanpa iklan dengan beragam konten yang gratis, namun banyak pula website yang menjadikan iklan sebagai sebuah sumber pendapatannya. Namun sebenarnya iklan tersebut bagus dan diperlukan juga, asalkan porsinya pas dan sesuai.

Namun, terkadang penempatan iklan yang muncul bisa saja menjengkelkan, iklan yang tiba-tiba muncul  selagi kita berselancar merupakan salah satu penyebab pengguna tidak mengalami pengalaman yang menarik ketika sedang membuka sebuah website.

Khusus untuk aplikasi dan game, biasanya para developer menawarkan dua opsi untuk pengguna yaitu versi free dan premium. Untuk pilihan versi premium biasanya akan bebas dari adanya iklan.

Akan tetapi penyebab iklan muncul bukan hanya keinginan dari developer ataupun webmaster semata, melainkan penyebabnya bisa juga karena virus. Untuk itulah, kami sarankan anda untuk mengecek apakah terdapat virus di perangkat hp anda dan segera untuk menghilangkannya.

Untuk itulah dibawah ini kami telah siapkan cara untuk menghilangkan iklan di perangkat android yang muncul di aplikasi dan game, ataupun hanya muncul pada browser.

Perangkat Android yang sudah di root ataupun yang belum root (tanpa root) memiliki caranya masing-masing. Berikut ini daftar cara yang bisa anda terapkan pada perangkat android.

1. Adguard


Aplikasi yang pertama yaitu Adguard, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer guna menghilangkan iklan di perangkat android. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghindarkan kita dari segala jenis pelacakan online dan juga web phising.

Dengan aplikasi Adguard ini kita juga bisa menghemat bandwidth serta melindungi perangkat ponsel dari segala jenis ancaman pembobolan.



Kelebihan:
  • Memblokir iklan di semua sistem dan juga melindungi dari serangan malware dan phising.
  • Tidak memerlukan root pada perangkat ponsel.
Kekurangan:
  • Pengguna harus menggunakan versi berbayar guna menghilangkan iklan di aplikasi.
2. Adblock Plus (ABP)


Cara kedua yaitu dengan metode menggunakan adblock plus, aplikasi ini akan menghilangkan semua iklan di perangkat android, termasuk pula iklan di aplikasi dan game. Adblock plus ini merupakan proyek open source dan mempunyai pilihan untuk mengijinkan iklan non-intrusif.

Aplikasi ini bekerja untuk menghilangkan iklan yang ada di android tanpa membutuhkan root pada perangkat, namun bisa pula digunakan untuk perangkat yang telah di root.

Anda dapat mendownload aplikasi Adblock Plus ini secara gratis di Playstore
Langkah-langkah untuk mengatur aplikasi :
  1. Masuk ke menu pengaturan > aplikasi (atau keamanan pada 4.0 dan di atas) pada perangkat Android Anda.
  2. Lalu menavigasi ke opsi Unknown sources.
  3. Jika pilihan dicentang, anda ketuk kotak centang dan kemudian anda tekan OK untuk konfirmasi pop up.
Sekarang perangkat Android anda sudah siap dipasang aplikasi adblock plus.

Instalasi dan konfigurasi Adblock Plus
  1. Buka browser pada perangkat ponsel anda dan kemudian download Adblock Plus untuk Android. Berikutnya perangkat  android Anda akan menerima APK file: adblockplusandroid-version.apk.
  2. Cari lokasi file download aplikasi yang tersimpan (jika tidak langsung download di playstore) kemudian tekan di file dan selanjutnya anda install. (Jika Anda membuka APK file dengan menggunakan manajer file, pilih menu buka App Manager dan kemudian klik pada pilihan menginstal.)
  3. Untuk perangkat yang sudah di root: setelah anda menginstal, bukalah Adblock Plus. Selanjutnya aplikasi itu akan meminta izin pengguna super (super user permissions). Memungkinkan untuk akses super user untuk Adblock Plus.
  4. Pada perangkat yang belum di root: anda perlu untuk melakukan beberapa langkah, secara manual ketika mengatur proxy dalam Android Anda. Anda diminta mengikuti petunjuk yang ada disini dan itu berbeda untuk perangkat  Android versi 3.1 dan 4.0 +.
Sekarang Adblock Plus yang telah terpasang akan mulai memblokir iklan. Anda bisa pula mengatur beberapa pilihan di Adblock Plus seperti ads filter lists, non-intrusive ads, dan lainnya dalam pengaturan aplikasi.

3. Adblocker Browser Gratis


Aplikasi Adblocker Browser Gratis ini telah banyak didownload dan juga dipercaya oleh jutaan pengguna guna menghilangkan iklan spanduk, popup, iklan video, dan lainnya ketika sedang melakukan browsing di internet.
Fitur yang ada di  aplikasi ABG ini yaitu:
  • Memblokir semua jenis iklan yang mengganggu (iklan pop ups, banner, video iklan).
  • Memblokir cookie iklan yang berasal dari pihak ketiga.
  • Memberikan peringatan jika ada serangan adware dan malware.
  • Menghemat penggunaan kuota dan baterai.
  • Browser yang tercepat.
4. UC Browser


Cara selanjutnya yang sangat mudah digunakan yaitu dengan cara mematikan js (javascript) di aplikasi browser tertentu. Nah, untuk uc browser ini telah menyediakan cara untuk menghilangkan iklan di android tanpa perlu root perangkat, anda hanya perlu sekali klik download di playstore.
Setting UC Web Browser di perangkat agar Iklan Popup tidak muncul.
  • Masuk ke menu setting (garis 3 pada bagian bawah).
  • Lalu klik menu Setting ( ditandai dengan gambar Gear ).
  • Kemudian anda aktifkan menu adblock, berikutnya ceklist opsi adblocker & Adblocker yang kuat.
Maka alhasil iklan yang biasanya mengganggu karena muncul secara tiba-tiba kini tidak akan tampil lagi karena telah di block.

5. Google Chrome


Browser google chrome menjadi primadona bagi pengguna untuk berselancar di dunia maya  Karena kecepatan dan juga keunggulan fitur yang dimilikinya.

Kami yakin, banyak dari anda sebagai pengguna yang tidak menyadari jika di browser google chrome terdapat pengaturan guna menghilangkan iklan di android, fiturnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi UC Web Browser.

Bagaimana caranya?
  • Masuk ke menu Setelan Google Chrome.
  • Setelah ke masuk ke menu setelan situs.
  • Kemudian anda klik Pop-up dan pengalihan.
  • Selanjutnya anda geser tombol bulat (Dicekal) agar iklan di android tidak muncul lagi di browser google chrome.
6. Noroot Firewall


Bukan hanya pada browser saja yang bisa di hilangkan iklannya, melainkan aplikasi juga bisa anda hapus atau hilangkan. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi noroot firewall ini.

Untuk cara kerjanya bisa dipaparkan yaitu ketika aplikasi tidak terhubung ke jaringan internet maka otomatis iklan pun tentunya tidak akan muncul. Tetapi tidak bisa anda gunakan untuk game online, malah nantinya anda tidak bisa memainkan game online tersebut.

Cara untuk menghilangkan iklan di android tanpa root dengan menggunakan aplikasi ini:
  • Silahkan Anda download aplikasi  Noroot Firewall di Playstore.
Pengaturan aplikasi ini:
  • Pertama anda jalankan aplikasi noroot firewal.
  • Setelah terbuka kemudian akan tampil daftar beberapa aplikasi yang dimiliki.
  • Selanjutnya anda pilih aplikasi yang ingin diblok ataupun di hilangkan iklannya di perangkat android.
  • Silahkan anda centang kemudian silang warna merah yang menandakan aplikasi sudah di blok akses internetnya sehingga iklan tidak akan muncul.
7. Pakai ‘hosts’ file

Cara berikut ini kami sarankan bagi anda yang suka ngoprek, karena disini kita akan memanfaatkan file ‘host’ untuk memblokir iklan. Cara ini bisa memblokir semua iklan yang ada di perangkat smartphone android.

Termasuk pula iklan di game dan juga aplikasi. Namun perlu anda catat bahwa cara ini hanya dapat berjalan di perangkat yang memang sudah di root.

Apakah itu file ‘hosts‘?

File ‘hosts’ adalah merupakan file teks biasa dalam suatu sistem operasi untuk memetakan nama host (misalnya anything.com) ke alamat IP Address.

Jadi setiap kali anda coba untuk membuka sebuah website dengan menggunakan nama hosts, biasanya sistem operasi akan segera mencari file ‘hosts’ guna menemukan alamat IP yang sesuai terlebih dahulu.

Jika pencarian telah berhasil, maka alamat IP yang dipetakan akan digunakan. Jika tidak, maka kueri akan dikirim ke DNS untuk segera menemukan alamat IP dari nama host tersebut.

Cara untuk menyiapkan file ‘hosts’:
  • Di perangkat komputer, buka open MVPS (atau pgl.yoyo.org atau hostfile.mine.nu) di browser anda. Halaman teks biasanya akan segera terbuka. Simpan halaman itu kemudian beri nama dengan “hosts” di perangkat komputer.
  • Lalu pindahkan file hosts tadi ke perangkat android anda dengan menggunakan USB ataupun Bluetooth.
  • Selanjutnya buka file manager di perangkat android anda dan salin file hosts ke/etc atau /system/etc. Anda mungkin harus pula mengaktifkan pilihan “allow super user permissions” ke file manager.
  • Terakhir ubah nama file hosts asli (jika ada) menjadi ekstensi .txt atau .bak agar supaya tidak dobel. Lalu tempel file hosts nya dan mulai saat ini perangkat android anda bebas dari iklan.
8. HP Samsung

Penulis yakin banyak dari anda yang menggunakan perangkat smartphone bermerek samsung. Menariknya diperangkat ini telah tersedia yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan iklan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Iklan pop up yang muncul secara tiba-tiba bisa pula disebabkan oleh adanya aplikasi-aplikasi yang mencurigakan yang biasanya tidak tersedia di play store. Untuk itu kami sarankan kepada anda untuk menghapus aplikasi yang mencurgakan tersebut dari perangkat anda. Selain berguna untuk menghindari iklan yang mengganggu, data anda pun akan aman.

Cara pertama (untuk menghapus aplikasi):


  • Buka  menu pengaturan pada perangkat smartphone samsung anda
  • Lalu pilih Aplikasi
  • Selanjutnya anda pilih aplikasi yang bukan berasal dari play store dan segera hapus instalasi(uninstall)
Cara yang berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasi mencurigakan yang sedang berjalan. Aplikasi yang mencurigakan ini bisa saja di “suntik” oleh script tertentu yang memang membahayakan.


Caranya yaitu dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih menu Aplikasi Aktif. Kemudian anda pilih aplikasi asing yang berjalan dan tidak dikenal. Terakhir segera anda uninstall aplikasi tersebut.

9. HP Xiaomi

Perangkat Hp merek xiaomi memang terkenal karena spesifikasi yang ditawarkan memang bagus serta harganya yang sangat terjangkau. Cara untuk menghilangkan iklan di perangkat hp xiaomi ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan ponsel merek lain.

Langkahnya yaitu:
  • Pergilah ke menu setelan xiaomi. Lalu anda pilih Opsi tambahan.
  • Selanjutnya anda pilih menu Privasi.
  • Kemudian anda tap Aplikasi dengan akses penggunaan.
  • Terakhir anda pilih msa dan matikan pada pilihan “Izinkan akses penggunaan“. yaitu untuk menghindari iklan muncul kembali.
Semoga dengan cara yang kami sajikan ini anda sudah tidak merasa terganggu lagi dengan iklan yang terkadang menjengkelkan.

0 Response to "Cara Jitu Menghilangkan Iklan di Perangkat Android"

Post a Comment