Seputar informasi teknologi internet dan Android

8 Tips Jitu Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

blogger templates

8 Tips Jitu Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Ketika perangkat smartphone yang kita miliki kadang kala tidak bisa dicas memang menjadi suatu hal yang menyebalkan. Sehingga aktivitas komunikasi pun menjadi terganggu.

Daripada buru-buru anda bawa ke tempat perbaikan ponsel, cobalah perbaiki sendiri dulu. Beberapa langkah dibawah ini mungkin bisa anda coba sebelum mengeluarkan biaya untuk perbaikan perangkat smartphone.

1. Pertama pastikan stop kontak dan port USB tempat anda mengisi daya baterai berfungsi dengan normal. Kadang kala,perangkat smartphone anda tidak bisa di-charge karena memang kedua bagian tersebut memang sudah rusak dari awalnya.

2. Kemudian cobalah anda cek adapter dan juga kabel charging. Jika tidak berfungsi di perangkat smartphone milik anda,cobalah gunakan smartphone yang lain. Pastikan juga kabel sudah terpasang dengan baik dan tidak kendur.

3. Cek keaslian dari perangkat adapter dan juga kabelnya. Biasanya, perangkat charger adapter yang palsu justru malah tidak akan mampu untuk mengisi daya baterai smartphone.

Sebagai contohnya, kabel dari perangkat iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi, jadi jikalau palsu atau tidak memiliki lisensi, maka bisa jadi itulah yang menyebabkan perangkat smartphone anda menjadi tidak bisa dicas.
Bersihkan Port Charging
4. Langkah berikutnya cobalah bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan cara meniupnya atau dengan menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi anda harus berhati-hati, jangan sampai merusak port chargingnya.

5. Kemudian Restart kembali smartphone anda.

6. Periksa perangkat lunak di perangkat smartphone dan pastikan telah terupdate hingga ke versi yang terbaru. Namun jika updatenya malah membuat perangkat smartphone anda menjadi tidak bisa dicharge, sebaiknya anda hapus versi baru tersebut.
Cek Baterai


7. Cek baterai. Kadangkala, baterai yang umurnya sudah tua memiliki daya yang telah lemah dan tidak mampu lagi menerima pengisian daya. Cobalah anda download aplikasi Ampere atau AccuBattery guna melihat status kesehatan dari baterai smartphone anda.

8. Cobalah anda ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu sebelumnya  pada perangkat smartphone sebelum tidak bisa lagi dicas, misalkan kemasukan air atau terjatuh? Walaupun ada sebagian perangkat smartphone yang diklaim tahan air, namun tetap saja ada peluang air yang masuk bisa merusak mesin di dalamnya.

Jika memang cara-cara di atas masih belum berhasil, maka mau tidak mau anda harus memperbaikinya ke teknisi yang berpengalaman sebelum terlambat. Pastikan juga anda membawanya ke pusat service ponsel resmi, ya.

Akhir kata,Selamat mencoba!

0 Response to "8 Tips Jitu Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas"

Post a Comment