Seputar informasi teknologi internet dan Android

Trik Mudah Bikin Ponsel Android Jadi Lebih Ngebut

blogger templates

Trik Mudah Bikin Ponsel Android Jadi Lebih Ngebut

 

Bisa dibilang, semahal apa pun perangkat Android yang anda beli, semakin lama digunakan maka kecepatannya berpotensi akan semakin menurun. Namun kita masih bisa mengakalinya agar membuat performanya tetap ngebut.

Ada beberapa yang dapat anda lakukan. Berikut ada sejumlah tips dan trik yang dikutip dari laman Android Central agar membuat perangkat ponsel Android performanya tetap bisa ngaebut walau telah lama digunakan.

Gunakan Files Go

 Aplikasi buatan Google ini akan mempermudah kita untuk mengatur dan juga membersihkan slot penyimpanan file pada perangkat ponsel. Desainnya yang simpel memudahkan untuk kita dalam menggunakannya.

Files Go terdiri dari dua bagian, yakni Storage dan Files. Tekan menu Storage untuk melihat seberapa banyak ruang penyimpanan di ponsel anda yang masih tersedia. 


Pada bagian ini juga kita turut pula diberikan tips guna membuat lapang ruang penyimpanan perangkat. Selain itu kita dapat dengan mudah membersihkan cached data pada aplikasi.

Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Pada sejumlah perangkat yang tidak menjalankan Android polosan seringkali disematkan sejumlah aplikasi buatan dari vendor ponsel. Padahal aplikasi tersebut biasanya jarang atau malah seringkali tidak digunakan oleh pengguna.

Namun sayangnya aplikasi yang disematkan tersebut tidak semuanya bisa dihapus. Walau begitu pengguna masih bisa menonaktifkannya. Caranya yaitu dengan menekan menu Settings > Apps. Silahkan anda tekan pada aplikasi yang tidak dikenal, lalu kemudian anda pilih Uninstall atau Disable.

Lakukan hal yang sama pada aplikasi yang anda instal namun jarang digunakan. Selain dengan cara di atas, kitapun bisa menggunakan aplikasi Files Go untuk meng-uninstall aplikasi yang jarang digunakan.

Pakai Aplikasi Ringan

Jika perangkat ponsel yang anda gunakan terbatas RAM maupun memori internalnya, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi versi ringan. Saat ini sejumlah developer telah merilis versi lite dari aplikasinya, seperti contohnya YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite, Facebook Lite dan lainnya.



Segera Instal Update

Jika tersedia pembaruan sistem operasi maka disarankan untuk anda agar segera menginstallnya. Karena pembaruan tersebut seringkali membawa sejumlah peningkatan pada performa aplikasi. Cara untuk melakukan pengecekan pembaruan aplikasi yaitu, buka menu Settings > About Phone > System Update.

Hindari Live Wallpaper

Dengan menggunakan Live Wallpaper pada perangkat memang akan membuat menarik penampilan, namun hal tersebut bisa membuat ponsel jadi melambat. Disarankan bagi anda untuk memakai wallpaper biasa agar performanya tidak melambat.

Pakai Launcher

Sejumlah launcher bawaan dari vendor acapkali melambatkan performa dari perangkat ponsel. Disarankan untuk anda agar menggantinya dengan launcher yang lebih ringan, seperti misalnya Google Now Launcher.

Atur Aplikasi Background

Bernagai aplikasi yang berjalan di latar belakang cenderung menguras daya baterai. Jadi sangat disarankan bagi anda untuk secara rutin memantau penggunaan baterai telpon. Caranya yaitu dengan membuka menu Settings > Battery. Jika anda melihat aplikasi yang bejalan tidak normal, segera tekan Force Stop.



Nonaktifkan Bluetooth atau Lokasi

Dengan cara menonaktifkan Bluetooth yang tidak digunakan akan menghemat penggunaan baterai. Demikian pula fitur location sebaiknya untuk tidak selalu diaktifkan kecuali memang diperlukan.

Optimasi Baterai

Kebanyakan aplikasi untuk optimasi baterai malahan cenderung kurang bermanfaat. Seringkali anda akan dihujani banyak iklan. Jadi sebaiknya anda menghapus saja aplikasi tersebut.

0 Response to "Trik Mudah Bikin Ponsel Android Jadi Lebih Ngebut"

Post a Comment