Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Jitu Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran Ke Kampung Halaman

blogger templates
 5 Tips Jitu Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran Ke Kampung Halaman


Daya tahan baterai smartphone merupakan salah satu yang paling dibutuhkan para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman terutaman yang menggunakan jalur darat.

Menempuh perjalanan yang jauh, besar kemungkinan akan bisa membuat baterai smartphone  cepat habis, apalagi jika anda tidak membawa powerbank untuk mengisi ulang baterai Smartphone.

Perangkat Smartphone saat ini seakan telah menjadi benda yang wajib untuk menemani pengguna selama perjalanan mudik. Hal ini terutama jika pemudik menghabiskan waktunya selama lebih dari 24 jam di perjalanan.

Penggunaan perangkat smartphone bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi, namun kini bisa juga untuk mencari berbagai hiburan seperti bermain gim atau menonton video secara online.

Nah bagi anda pengguna perangkat Android, jika ingin perjalanan mudik lebaran tetap lancar tanpa kendala habis baterai smartphone, ada beberapa tips jitu yang bisa anda ikuti.

Berikut ini rangkuman 5 tips guna menghemat penggunaan baterai smartphone, seperti dikutip dari  laman PC Mag :

1. Aktifkan Power Saving Mode

Fitur ini sangat berguna jika anda berada dalam situasi sedang membutuhkan daya baterai lebih lama dibandingkan dari  biasanya. Penggunaan fitur ini akan secara otomatis mengurangi berbagai fungsi pada perangkat smartphone, yang tentunya bisa memakan daya baterai.

Cara untuk mengaktifkan fitur ini pada sejumlah perangkat smartphone mungkin berbeda. Namun biasanya, fitur ini bisa anda temukan di pengaturan baterai.

2. Pakai WiFi

Jaringan data cukup membebani penggunaan daya baterai, terutama jika kualitas jaringannya tidak stabil. Jadi pilihan terbaik, gunakan WiFi kapan pun jika memang memungkinkan.

Anda bisa menonaktifkan penggunaan data seluler yaitu pada opsi pengaturan ponsel, dan kemudian beralih ke WiFi. Selain itu, anda juga bisa menggunakan fitur Airplane Mode untuk mematikan semua fitur pada jaringan seluler dan hanya cukup mengandalkan WiFi, namun cara ini akan mengganggu panggilan masuk maupun SMS.
3. Jangan Pakai Fitur Pelacakan
Penggunaan fitur-fitur seperti layanan pelacakan lokasi, Bluetooth, dan NFC, memang sangat membantu pengguna, namun bisa pula menguras baterai. Sebaiknya, gunakan saja jika memang benar-benar anda butuhkan.

Jika Anda memiliki perangkat Samsung, maka anda bisa menonaktifkan fitur asisten suara Bixby. Dengan cara menonaktifkan fitur asisten digital semacam ini juga bisa untuk menghemat baterai.

4. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Sejalan dengan perkembangan perangkat smartphone, layarnya kini memiliki kualitas yang bagus seperti resolusi yang semakin tajam dan juga piksel yang melimpah. Namun, hal tersebut justru dapat menguras daya baterai.

Hal yang harus anda lakukan yaitu sebaiknya jangan menaikkan tingkat kecerahan baterai terlalu tinggi. Pengguna smartphone dapat mengatur tingkat kecerahan pada perangkat secara manual.

Selain itu, Anda juga bisa menonaktifkan fitur auto brightness. Fitur ini memang bisa menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kebutuhan pengguna, tapi juga bisa meningkatkannya lebih tinggi lagi daripada semestinya.

Anda dapat pula mengatur waktu aktif layar. Pada pengaturan layar, terdapat opsi guna membuat layar menjadi gelap setelah beberapa detik atau menit, tidak digunakan.
5. Atur Aplikasi
Para developer berusaha keras untuk memastikan aplikasi buatan mereka berjalan seefisien mungkin. Oleh karena itu, perbarui aplikasi Anda sesering mungkin untuk memastikan perangkat smartphone menjalankan versi terbarunya.

Namun sayangnya, proses pembaruan aplikasi tersebut memakan data dan juga daya baterai. Tapi tak ada salahnya untuk membatasi pembaruan aplikasi atau bahkan OS sampai Anda bisa menggunakan jaringan WiFi. Cara lain yang bisa anda gunakan, yaitu dengan mematikan opsi pembaruan aplikasi secara otomatis untuk sementara waktu.

Tips lainnya yang bisa anda coba yaitu dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di background untuk menghemat penggunaan daya baterai.

0 Response to "5 Tips Jitu Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik Lebaran Ke Kampung Halaman"

Post a Comment