Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Jitu Agar Akun WhatsApp Tidak Kena Hack

blogger templates

Tips Jitu Agar Akun WhatsApp Tidak Kena Hack

Memang tak bisa dipungkiri jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan paling populer di berbagai negara didunia, termasuk di Indonesia.

Dengan jumlah miliaran pengguna yang terdaftar di seluruh dunia, sehingga WhatsApp menjadi sasaran empuk terhadap berbagai ancaman peretasan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Berisikan berbagai informasi pribadi dan rahasia pengguna, wajar jika banyak pengguna melakukan berbagai cara agar supaya akun WhatsApp mereka aman dari tindakan peretasan.

Karena itulah, ada 2 jenis tindakan yang bisa dilakukan guna mengamankan akun milik anda, yaitu dengan cara preventif dan korektif.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah WhatsApp di hack, sebagaimana yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek Aktifitas di WhatsApp Web

Apa yang harus anda lakukan jikalau akun WhatsApp telah di hack? Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek fitur WhatsApp Web.

Hadir sebagai solusi yang memungkinkan pengguna untuk mensinkronisasi smartphone dengan desktop/laptop melalui browser, nyatanya fitur ini bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk 'mengintip' obrolan anda.

Guna mengetahui siapa saja yang mungkin telah melihat chat di WhatsApp via web, anda bisa tap tiga titik yang ada di atas kanan aplikasi dan kemudian pilih WhatsApp Web.

Setelah itu, anda akan melihat daftar perangkat apa saja yang telah terhubung dengan aplikasi WA. Lalu Klik "Log out from all devices" untuk menghentikan semua aktifitas anda di WhatsApp Web.

 2. Jangan Mudah Percaya


Selain hal diatas pengguna juga diminta untuk tidak mudah percaya jika ada seseorang yang meminta pengguna untuk meng-klik link verifikasi ganti nomor, ataupun permintaan untuk dikirimi sejumlah uang.

Biasanya, pelaku akan memanfaatkan kelalaian dari pengguna untuk mendapatkan akses ataupun informasi lain dari  calon korbannya. Oleh karena itulah, jangan sekali-kali anda membalas chat dari seseorang yang tidak dikenal.

3. Aktifkan Two-Factor-Authentication

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Two-Factor-Authentication. Di  aplikasi WhatsApp sendiri saat ini sudah tersedia.

Apakah itu fitur Two-Factor-Authentication? Ini merupakan fitur yang setiap pengguna ganti nomor, untuk masuk ke nomor baru maka pengguna harus memasukkan PIN.
Jika lupa PIN tersebut, maka akun WhatsApp anda pun akan hilang.

0 Response to "Tips Jitu Agar Akun WhatsApp Tidak Kena Hack"

Post a Comment