Seputar informasi teknologi internet dan Android

Awas, Malware Android Bisa Rekam Aktivitas dari Pengguna

blogger templates
Awas, Malware Android Bisa Rekam Aktivitas dari Pengguna

Seiring perkembangan teknologi terutama di bidang telekomunikasi seperti Smartphone, banyak dikembangkan perangkat pintar ini dengan berbagai merk dan juga fitur yang semakin memanjakan penggunanya.

Smartphone yang beredar dipasaran yang paling banyak digunakan adalah dengan OS Android dan iOS.

Namun beredar kabar jika ancaman keamanan kembali mengintai platform Android. Kali ini, ancaman keamanan tersebut  berasal dari Malware yang memang sebelumnya pernah ada, namun sekarang makin ditingkatkan kemampuannya.

Seperti berita yang dikutip dari ZDNet, dan dilansir dari Tekno Liputan6.com pada Sabtu (6/7/2019), malware yang bernama BianLian ini sebelumnya pernah terdeteksi pada Oktober tahun lalu oleh peneliti keamanan siber yaitu ThreatFabric.

Namun dari laporan terbaru yang dirilis, pelaku criminal yang berada di balik Malware BianLian ini telah merubah taktiknya. Dengan kata lain, malware yang sekarang ini  muncul dengan kemampuan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Para peneliti dari Fortinet menyebutkan jika malware BianLian ini ternyata selalu mendapatkan pembaruan secara rutin. Untuk diketahui BianLian ini merupakan malware yang menyasar pengguna yang menggunakan akun perbankan di perangkat smartphone-nya.

Awalnya, malware ini mampu membaca, mengirim, dan juga menerima pesan teks, termasuk pula memantau dan membuat panggilan. Selain itu Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengunci layar ponsel pengguna. 

Namun dalam versi terbarunya ini, malware ini mempunyai kemampuan untuk merekam aktivitas pengguna di perangkat smartphone. Jadi, dengan begitu pelaku akan dapat mengetahui, memantau dan juga menyimpan informasi yang dibuat oleh pengguna.

Dengan kemampuannya ini membuat penyerang dapat mencuri informasi pengguna, mulai dari username, password, dan informasi rahasia lainnya.

Para peneliti pun mengingatkan malware ini masih aktif. Karenanya, guna mencegah menjadi korban malware ini sebaiknya pengguna Android harus lebih berhati-hati terutama saat memasang aplikasi. 
Sejumlah Perangkat Android Murah Terinfeksi Malware Trojan


Sebelumnya, malware ternyata bisa dengan mudah masuk ke perangkat smartphone bukan hanya melalui unduhan di sembarangan sumber saja.

Seperti yang dikutip dari lama Ubergizmo, Rabu (11/6/2019), pihak Google belum lama ini telah mengonfirmasikan bahwa ada sejumlah perangkat Android yang memang terinstal malware sejak dari pabrik.

Malware yang dimaksud tersebut rupanya adalah Trojan Triada dan malware ini telah ditemukan di sejumlah perangkat ponsel Android murah.

Konfirmasi dari pihak Google ini pada dasarnya mereka mengakui bahwa sejumlah perangkat Android memang telah dikompromikan oleh malware dan merupakan sebagai bagian dari serangan rantai pasokan.
Terinfeksi Malwere Sejak dalam Pabrikan


Head of Android Google yaitu Sundar Pichai mengatakan jika ia berada didalam bisnis untuk menciptakan malware, maka ia kemungkinan besar akan menargetkan Android juga.

Hal ini artinya, beberapa perangkat Android telah dikompromikan sebelumnya bahkan sebelum perangkat sampai ke tangan konsumennya.

Di mana, setiap penggunaan selanjutnya dari perangkat smartphone dan aplikasinya berpotensi membuat peretas untuk dapat mengakses konten dan data-data penting yang ada di perangkat smartphone.

Selain itu peretas pun bisa mengeksekusi kode dari jarak jauh pada perangkat yang telah terinstal malware itu.

0 Response to "Awas, Malware Android Bisa Rekam Aktivitas dari Pengguna"

Post a Comment