Seputar informasi teknologi internet dan Android

Begini Kata Psikolog UI tentang Warganet Yang Kini Marak Gunakan FaceApp

blogger templates

Begini Kata Psikolog UI tentang Warganet Yang Kini Marak Gunakan FaceApp

Aplikasi yang sempat populer dua tahun yang lalu,kini FaceApp tiba-tiba kembali heboh di kalangan netizen. Tak tanggung-tanggung, bahkan sejumlah selebritis sampai pejabat negara pun berbondong-bondong menggunakan aplikasi yang bisa "permak" wajah ini.

Maka tak heran,adanya tagar #AgeChallenge dan juga #FaceAppChallenge pun meramaikan beberapa platform media sosial, seperti pada Instagram, Twitter dan  juga Facebook.

Melihat adanya fenomena tersebut, Anna Surti Ariani, yakni seorang psikolog Universitas Indonesia, pun angkat bicara mengenai alasan mengapa sebagian dari netizen kini beramai-ramai menggunakan aplikasi FaceApp yang lagi kekinian ini.

"Fenomena FaceApp ini sangat menarik banget. Alasan kenapa mereka menggunakan aplikasi ini, banyak sih," ucap wanita yang biasa disapa Nina ini seperti yang dikutip dari Tekno Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat (19/7/2019).

"Salah satu alasannya adalah mengikut tren di medsos saat ini. Ada banyak orang yang merasa, kalau tidak ikutan pakai FaceApp, maka (mereka) merasa kurang eksis." Katanya lagi.
Alasan Warganet Ramai-Ramai Pakai FaceApp

Nina juga mengatakan, "Ada juga yang ingin tahu masa depan. Hidup kita kan begitu tak terduganya. Jadi, kalau ada hal-hal yang bisa membuat hidup kita sedikit lebih terduga, misalnya wajah kita di masa depan akan seperti apa (hidup jadi lebih menarik)."

Selain itu, Nina juga mengungkap banyak orang di masyarakat yang kini sedang mengalami ketidakpuasan terhadap dirinya sendiri. "Misalnya, (merasa) kurang cantik atau kurang simetris, atau apalah. Jadi kita ingin mengubah diri sesuai dengan yang kita mau." terang dia.

Hal lainnya yang menjadi alasan dari netizen untuk menggunakan aplikasi "permak" wajah semisal FaceApp ini, antara lain adalah adanya rasa ingin tahu seperti apa wajah kita ketika tua nanti.

"Dengan cara ini, banyak orang lebih siap menghadapi masa tua. Karena banyak yang merasa ingin menghindari masa tua akibat takut jadi keriput dan lain-lain." paparnya lagi

Selain alas an diatas, ada pula faktor ingin menipu, baik kepada diri sendiri ataupun orang lain. "Misalnya foto yang ditaro di aplikasi perjodohan dibuat lebih ganteng atau lebih cantik biar menarik lebih banyak orang." pungkas Nina.

Sumber: Liputan6.com


0 Response to "Begini Kata Psikolog UI tentang Warganet Yang Kini Marak Gunakan FaceApp"

Post a Comment