Seputar informasi teknologi internet dan Android

6 Tips Jitu Untuk Mengatasi Masalah Pada Layar Touchscreen Smartphone Android

blogger templates


6 Tips Jitu Untuk Mengatasi Masalah Pada Layar Touchscreen Smartphone Android


Di jaman digital sekarang ini tidak bisa kita pungkiri bahwa perangkat Smartphone Android merupakan sebuah perangkat yang paling banyak kita lihat dan di gunakan oleh manusia di belahan dunia manapun saat ini. Sebabnya, karena sebagian besar dari para pengguna perangkat smartphone pastilah menggunakan berbagai merek ponsel dengan sistem operasi berbasis Android. Hal tersebut mungkin dikarenakan mudahnya untuk mengoperasikan perangkat smartphone Android ini,tua maupun muda mampu menggunakannya tanpa kesulitan  dan dengan tersedianya pula berbagai ponsel Android dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa dimiliki oleh berbagai kalangan.
Umumnya atau bahkan sekarang ini hampir semua perangkat smartphone Android sudah menggunakan teknologi  layar sentuh atau dengan istilah touchscreen. Walaupun sekarang ini hampir sebagian besar pengguna perangkat ini sudah tidak kesulitan lagi untuk menggunakan perangkat smartphone dengan touchscreen,akan tetapi bukan berarti masalahnya selesai sampai disini. Ternyata perangkat Smartphone Android juga tidak terlepas dari berbagai masalah. Dan salah satunya adalah masalah pada touchscreen atau layar sentuh. Karena itu, dengan melalui artikel dibawah  ini, kami coba berikan tips untuk mengatasi masalah touchscreen di Perangkat Smartphone Android.

6 Tips Jitu Untuk Mengatasi Masalah Pada Layar Touchscreen Smartphone Android

1. Periksa Penggunaan RAM di Android


Sewaktu ada masalah pada fitur touchscreen smartphone Android,usahkan anda jangan panik. Dan belum tentu itu bermasalah pada perangkat hardware-nya. Tips guna mengatasi masalah touchscreen Android pada perangkat smartphone anda yang pertama adalah, anda harus memeriksa penggunaan RAM di perangkat Android  Jika layar sentuh pada smartphone anda tidak responsif, kemungkinan antarmuka yang anda gunakan itu sedang  mengalami lag. Karenanya, Android adalah salah satu platform yang cukup memakan memori pada RAM.

Maka dari itu sebaiknya anda lihat dulu kondisi smartphonenya seperti apa, apakah memori RAM pada perangkat smartphone anda cukup besar atau tidak. Jika memang  tidak terlalu besar, maka selanjutnya adalah anda periksa aplikasi yang dimiliki. Jika anda melihat aplikasi yang diinstal telah memenuhi memori pada RAM, maka segeralah anda hapus aplikasi-aplikasi yang memang sudah tidak diperlukan lagi. Mengapa?, karena hal tersebutlah touchscreen Android anda bisa terdeteksi bermasalah, walaupun hanya antarmukanya  saja yang lag.

2. Segera Aktifkan GPU 2D Rendering


Tips berikutnya untuk mengatasi masalah layar sentuh yang error pada perangkat smartphone anda yang kedua adalah anda bisa mengaktifkan fitur Force GPU Rendering. Mengapa? Sebabnya adalah salah satu yang menjadi alasan layar sentuh pada perangkat smartphone android anda bermasalah adalah karena perangkat smartphone anda mungkin memiliki masalah pada sektor transisisinya yang buruk. Untuk itulah, anda wajib untuk mencoba tips mengatasi masalah touchscreen smartphone android yang satu ini. Dengan cara mengaktifkan fitur ini, maka elemen antarmuka pada layar android menjadi akan jauh lebih ringan dibanding sebelumnya.
Dan, bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur tersebut? Jangan khawatir, caranya pun amatlah mudah. Anda hanya perlu menuju ke menu Settings > Developer Options > Force GPU Rendering. Jika menu Developer Options belum ada diSmartphone Android anda, maka caranya adalah anda hanya perlu menuju menu Settings > About Phone > kemudian klik Build Number sampai dengan tujuh kali untuk mengatifkan menu Developer Options.

3. Kalibrasi Layar Smartphone Android


Tips selanjutnya guna mengatasi touchscreen Android milik anda adalah anda perlu untuk kalibrasi layar smartphone Android. Sejalan dengan pemakaian perangkat smartphone Android yang semakin lama anda pergunakan, maka tampilan layar antar muka cenderung bisa menjadi lebih hangat atau bahkan mungkin terlihat lebih dingin.Untuk itulah, anda wajib guna mengoreksi warna pada perangkat Android milik anda. Lalu bagaimana solusinya?
Solusi  atau jalan keluar yang paling jitu guna mengetahui cara untuk mengatasi masalah touchscreen  android adalah anda wajib untuk kalibrasi layar smartphone Android. Bagaimana caranya untuk kalibrasi layar smartphone Android?

Caranya adalah anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti misalnya Touchscreen Calibration. Tips untuk mengatasi layar sentuh yang rusak ini bisa anda andalkan guna memeriksa touchscreen smartphone android sebelum anda memutuskan untuk membawanya ke service center. Selain  dari itu, dengan menggunakan tips yang diberikan ini anda bisa mengoreksi warna pada perangkat Smartphone Android juga.

4. Download MultiTouch Tester


Ketika anda merasa bahwa layar sentuh pada perangkat android anda mengalami error atau bermasalah,, maka jangan terburu-buru untuk mengambil kesimpulan kalau perangkat smartphone yang anda miliki itu rusak. Ada kemungkinan perangkat smartphone milik anda hanya memiliki masalah dengan multi-touch nya , sehingga perangkat smartphone Android anda terlihat mengalami kerusakan, padahal ternyata hanya lag/hang saja.Oleh karena itu, ikuti tips untuk memperbaiki Smartphone android layar sentuh yang error sehingga tidak bisa disentuh dibawah ini.

Caranya adalah anda bisa download multitouch tester secara gratis di Play Store tujuannya adalah agar anda bisa mengetahui apakah smartphone milik anda itu rusak atau tidak. Setelah anda selesai mendownload aplikasinya selanjutnya adalah anda tempelkan semua jari, lihat dengan teliti apakah jari anda tersebut terhitung semua atau tidak. Umumnya, perangkat smarpthone memberikan multi-touch sebanyak lima jari atau dengan sepuluh jari, tapi itu tergantung dari perangkat smartphone yang anda gunakan. Setelah anda mencobanya, baru lah kemudian anda bisa mengambil kesimpulan apakah perangkat smartphone milik anda itu rusak atau tidak.

5. Cobalah Masuk ke Safe Mode


Jika anda merasa layar pada perangkat smartphone anda error mungkin disebabkan terlalu banyaknya aplikasi yang anda install dari berbagai sumber, maka dari itu sebaiknya anda coba  masuk ke menu Safe Mode. sebabnya, Tips berikut ini cukup ampuh diterapkan untuk  mengatasi masalah  pada touchscreen Android. Sebab dengan mengaktifkan fitur Safe Mode, platform hanya akan menjalankan aplikasi bawaan nya saja, sehingga sistem operasi pada perangkat smartphone android akan jauh lebih ringan.

Apakah anda sudah mengetahui bagaimana caranya untuk masuk ke menu Safe Mode? Jika ada diantara anda yang belum mengtahui caranya untuk masuk ke menu Safe Mode, caranya adalah anda  hanya perlu untuk menekan tombol power, lalu kemudian pilih dan kemudian tahan lebih lama opsi Power Off, maka  kemudian akan muncul menu Reboot to safe mode. Lalu anda pilih OK.

6. Jangan Sembarangan Pakai Charger


Ketika anda menghadapi masalah pada layar sentuh di perangkat Android ketika mengisi ulang smarpthone  permasalahannya bukan pada sistem atau bahkan hardware nya. Yang jelas adalah masalahnya terletak dari charger yang anda gunakan ketika  mengisi ulang perangkat smartphone Android. Yup, hal seperti inilah yang sering terjadi pada anda, pasalnya pastilah anda suka dengan sembarangan memakai charger guna mengisi ulang baterai smartphone anda, apalagi jika sedang dalam keadaan darurat .

Oleh karena itu, jangan pernah anda memakai sembarangan charger. Umumnya, perangkat smartphone Android  tidak bisa menyesuaikan ketika menggunakan perangkat charger dari smartphone BlackBerry. Untuk itulah, mulai sekarang anda sudah mengetahui  Tips Jitu untuk mengatasi masalah pada layar Touchscreen Smartphone Android yang sedang error.

0 Response to "6 Tips Jitu Untuk Mengatasi Masalah Pada Layar Touchscreen Smartphone Android"

Post a Comment