Seputar informasi teknologi internet dan Android

Ngeri! Ternyata Smartphone Membawa Dampak Negatif Bagi Remaja

blogger templates


Ngeri! Ternyata Smartphone Membawa Dampak Negatif  Bagi Remaja


Di Era digital ini, dimana semuanya serba cepat dan canggih terutama pada perkembangan teknologi telekomunikasi diantaranya adalah perangkat gadget seperti Smartphone maupun tablet, Maka dari itu penggunaan perangkat smartphone di kalangan masyarakat dewasa ini, apalagi dikalangan para remaja bukan lagi menjadi hal yang baru.  

Karena selain dapat memberikan dampak yang positif bagi para penggunanya, perangkat smartphone ternyata memiliki dampak negatif pula, terutamanya lagi bagi pengguna berusia remaja.
Seperti yang dilansir dari situs BBC, menurut Dr Jean Twenge, mengatakan bahwa sekarang ini banyak anak-anak usia remaja menghabiskan banyak waktu mereka untuk berada di depan layar gadgetnya. 

“Banyak anak-anak muda yang menghabiskan banyak waktu mereka di depan layar gadgetnya. Dan kemungkinan mereka  merasa tidak bahagia, mereka merasa sendiri sampai dengan merasa kesepian,” ungkap Dr Jean Twenge. 

Para remaja yang lebih banyak menggunakan perangkat smartphone dapat menjadi pribadi yang tidak peduli terhadap lingkungan disekitarnya. “Mereka bahkan  menjadi tidak bisa peduli dengan kondisi lingkungan di sekitarnya,” ujar Dr Jean Twenge lagi. 

Pada generasi ini banyak menghabiskan waktu mereka untuk berada di depan layar perangkat smartphone. Dimana hal tersebut akan dapat berpengaruh pada kesehatan mental mereka. Dan banyak dari para remaja tersebut juga tidak melakukan banyak hal bersama orang-orang terdekat, mereka cenderung asyik dengan dunianya dan melupakan dunia nyata yang ada didepan mata.

“Mereka tidak banyak melakukan kegiatan seperti shopping bahkan diantara mereka juga tidak bertemu dengan teman-teman secara pribadi. Jumlah dari anak remaja yang bepergian bersama orangtuanya pun banyak mengalami penurunan,” jelasnya lagi. 

Maka dari itulah, para orangtua memiliki peran yang sangat penting dalam membatasi penggunaan perangkat gadget terutama smartphone pada anak-anak remaja mereka. “Batasi dalam penggunaan perangkat smartphone bagi para remaja,” tambah Dr Jean Twenge. 

Dan sebagai informasi tambahan, Negara Indonesia sendiri sekarang ini telah menjadi salah satu negara dengan penggunaan perangkat smartphone paling aktif. Bahkan pula perangkat smartphone ini telah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling utama bagi masyarakatnya, sehingga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mereka sehari-hari.

Maka dari itu sebagai orang tua yang memiliki anak-anak diusia remaja hendaknya memperhatikan penggunaan perangkat gadget terutama smartphone agar tidak disalahgunakan, pergunakanlah secara bijak, karena dengana digunakan secara bijak maka perangkat smartphone ini akan dapat membawa banyak manfaat yang positif bagi penggunanya terutama para remaja.

Karena jika tidak dimanfaatkan secara bijak, niscaya perangkat smartphone ini hanya akan membawa dampak negatif saja bagi para penggunanya, utamanya lagi pada anak-anak diusia remaja, perangkat ini diciptakan untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktifitas, sehingga diharapkan akan membawa kebaikan dan kemajuan bagi kehidupan manusia umumnya.

0 Response to "Ngeri! Ternyata Smartphone Membawa Dampak Negatif Bagi Remaja"

Post a Comment