Seputar informasi teknologi internet dan Android

Hebring! Google Sekarang Bisa Ngerti Bahasa Jawa dan Sunda,Penasaran?Gini caranya..

blogger templates


Hebring! Google Sekarang  Bisa Ngerti Bahasa Jawa dan Sunda,Penasaran?Gini caranya..


Guna mencari berbagai informasi di Google baru-baru ini sudah bisa anda lakukan dengan mengguakan perintah suara. Kemampuan itu telah bisa  anda temukan pada aplikasi Google dengan menggunakan menu masukan suara (input suara). 

Sekarang  Google memungkinkan bagi para penggunanya untuk memberi perintah dengan beragai bahasa, dan yang terbaru adalah Google bisa diperintah dengan menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jawa dan Sunda. Kemampuan tersebut bisa anda temukan di aplikasi Google caranya dengan mempergunakan input suara. 

Berita terbarunya Google telah mengumumkan bahwa fitur suara miliknya telah mengerti perintah dalam dua bahasa lokal Indonesia yakni Jawa dan Sunda. Menurut keterangan resmi seperti yang dilansir dari situs  Okezone, Selasa (12/9/2017), Google telah menggandeng tiga perguruan tinggi  di Indonesia untuk menambahkan dua Bahasa daerah  tersebut. 

Ketiga perguruan tinggi yang dimaksud adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Diakui oleh pihak Google, Negara Indonesia  adalah merupakan salah satu negara yang terbanyak menggunakan penelusuran suara di dunia. Pertumbuhannya dilaporkan  sebesar 50% lebih tinggi di atas pertumbuhan global dunia. 

“Agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi,” seperti dikutip dari Daan van Esch, sebagai Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google. 

“Hal ini sangat relevan di Indonesia seiring  dengan meningkatnya jumlah pengguna Internet. Maka dari itu  kami berusaha untuk memudahkan penutur bahasa-bahasa  yang ada di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia," lanjutnya lagi 

Penelusuran suara ini bisa anda lakukan pada aplikasi Google yaitu dengan cara mengubah pengaturan menjadi bahasa Jawa atau Sunda. Dan menariknya lagi, bagi para pengguna juga bisa mencari  berbagai informasi dengan menggunakan kedua Bahasa daerah tersebut. 

Di samping hal tersebut, dukungan bahasa daerah seperti bahasa Jawa dan Sunda juga sudah terdapat pada menu aplikasi Gboard. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna akan bisa membalas pesan dari pengguna lain dengan perintah suara lewat ikon G pada papan kunci/keyboard Android. 

Sesudah itu, pengguna aplikasi ini hanya perlu untuk memilih menu mikrofon dan mulai bisa berbicara dengan menggunakan bahasa lokal. Penerapan Bahasa daerah baru itu, mulai didukung oleh teknologi kecerdasan buatan yaitu berupa mechine learning.
 
Bukan hanya itu saja, mesin pencarian terbesar ini juga telah menjalin kerjasama dengan para penutur aslinya guna mengumpulkan berbagai contoh percakapan dan juga frasa. Dengan menggunakan kecerdasan buatan Google ini akan mampu mempelajari dan juga meningkatkan akurasi bahasa yang digunakan dari waktu ke waktu. 

"Penelusuran dengan menggunakan bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran yang paling populer di Google, seperti contohnya ‘lagu dolanan anak’ atau pun 'bal-balan dino iki’ sebagai salah satu keyword yang paling sering dicari oleh netizen yang ada di Pulau Jawa," seperti yang diungkapkan pihak Google dalam sebuah keterangan. 

Penelusuran suara ini bisa dilakukan pada aplikasi Google dengan cara mengubah pengaturan menjadi bahasa daerah Jawa atau  Bahasa Sunda. Menariknya pengguna pun bisa mencari informasi dengan menggunakan kedua Bahasa daerah tersebut. Seperti misalnya “Jadwal tanding bal-balan dino iki” ataupun “Batagor nu raos caket dieu”. 

Dukungan bahasa  daerah Jawa dan bahasa Sunda juga telah terdapat pada aplikasi Gboard. Dengan menggunakan aplikasi ini para pengguna Google bisa membalas pesan yang diterima dengan menggunakan perintah suara melalui ikon G yang terdapat pada keyboard Android. Setelah itu tinggal anda pilih menu mikrofon dan mulailah berbicara dengan menggunakan bahasa lokal.
.


0 Response to "Hebring! Google Sekarang Bisa Ngerti Bahasa Jawa dan Sunda,Penasaran?Gini caranya.."

Post a Comment