Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Yang Harus Anda Ketahui Guna Tanggulangi Kabar Hoax di WhatsApp

blogger templates

5 Tips Yang Harus Anda Ketahui Guna Tanggulangi Kabar Hoax di WhatsApp

Beragam aplikasi aplikasi pesan instan di era digital kini makin banyak digunakan oleh masyarakat dunia termasuk fi Indonesia sendiri agar bisa mempermudah komunikasi dengan pengguna lainnya.

Salah satu aplikasi terpopuler yang banyak digunakan kini adalah  aplikasi WhatsApp. Jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia sendiri menurut laporan mencapai hingga 1,5 miliar pengguna bulanan.

Namun sayangnya, selain banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, Aplikasi WhatsApp ini juga seringkali disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab guna membagikan kabar bohong atau yang lebih dikenal dengan hoax dan juga penyebaran informasi negatif lainnya.

Menindaklanjuti akan banyaknya informasi yang bersifat hoax, maka pihak WhatsApp yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun melakukan upaya tindakan pencegahan. Salah satunya yaitu dengan membatasi pesan terusan (forward message) maksimal hanya untuk ke lima pengguna lainnya.

Pihak WhatsApp dan juga Kemkominfo memang telah mengambil langkah tegas untuk mengurangi adanya penyebaran pesan hoaks di aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, dalam hal ini bukan hanya pihak WhatsApp dan Kemkominfo saja yang perlu untuk mengambil sikap, 
sebaiknya Anda pun sebagai pengguna dari aplikasi WhatsApp juga perlu ikut andil dalam upaya mengurangi penyebaran pesan yang besifat hoaks.

Lalu bagaimana caranya? Berikut dibawah ini seperti yang dirangkum dari Liputan6.com dan sumber lainnya, akan mengulas 5 tips untuk memerangi hoax di WhatsApp.
Cara menanggulangi pesan hoax di Whatsapp
1. Jangan mudah untuk membagikan sesuatu pesan, kecuali Anda sudah mengetahui kebenaran dari isi pesan tersebut.

2. Cari kata kunci dari pesan WhatsApp yang terlihat mencurigakan lalu kemudian verifikasi kebenarannya. Sebaiknya anda selalu cek kebenaran pesan yang diterima terlebih dahulu.

3. Cobalah untuk mengecek pesan yang terlihat mencurigakan dengan menggunakan alat seluler seperti pencarian gambar di Google, menggunakan TinEye dan Fake Image Detector. Untuk video, cobalah anda ambil tangkapan layar (screenshoot) lalu unggah ke salah satu situs tersebut.

4. Mungkin seringkali Anda menerima pesan hoaks dengan melalui jangkauan langsung atau panggilan telepon, dari sini pelaku akan melakukan penyelidikan tentang konten yang ingin Anda verifikasi. Simpan informasi di perangkat ponsel Anda sehingga Anda dapat menggunakannya saat nanti dibutuhkan.

5. Kirim pesan, meme, foto, video, ataupun catatan suara mencurigakan yang Anda terima kepada pihak yang berwajib. Setelah mengetahui akan kebenaran dari pesan yang diterima, barulah Anda bisa membagikan pesan tersebut kepada orang lain.
Kerja sama Kemkominfo dan Whatsapp
Guna memerangi berita hoax, pihak Kemkominfo pun melakukan sejumlah tindakan guna membatasi beredarnya konten negatif terutama hoaks agar tidak menjadi viral. Salah satunya yaitu dengan melakukan kerja sama dengan WhatsApp. Pasalnya, aplikasi WhatsApp ini ternyata banyak  disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk menyebarkan konten hoaks dan juga konten negatif lainnya.

Upaya untuk mengurangi penyebaran berita hoaks melalui WhatsApp telah menjadi perhatian global saat ini. World Global Influncer Leader dari empat Negara yang terdiri dari Brasil, India, Meksiko, dan Indonesia pun melakukan pembahasan dengan pihak WhatsApp dalam upaya mewujudkan langkah untuk mengurangi penyebaran hoaks.

Sebagai upaya untuk memerangi kabar hoax, WhatsApp pun meluncurkan fitur barunya yaitu fitur membatasi forward pesan. WhatsApp memutuskan untuk membatasi penerusan pesan hanya kepada lima pengguna WhatsApp lainnya, bertujuan untuk membatasi konten negatif terutama berita hoaks tidak menjadi viral. Pembatasan penggunaan fitur forward pesan ini berlangsung efektif dimulai pada tanggal 22 Januari 2019 pada pukul 12 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Sumber : Liputan6.com

0 Response to "5 Tips Yang Harus Anda Ketahui Guna Tanggulangi Kabar Hoax di WhatsApp"

Post a Comment