Seputar informasi teknologi internet dan Android

Pengertian dan Fungsi RAM pada HP dan Apa Beda nya Dengan ROM

blogger templates

Pengertian dan Fungsi RAM pada HP dan Apa Beda nya Dengan ROM


Kapasitas penyimpanan internal atau storage sekarang ini menjadi salah satu bagian yang paling penting bagi sebagian besar pengguna ketika memilih perangkat smartphone. Selain pemilihan teknologi kamera dengan resolusi besar dan juga desain premium, sebagian besar pengguna perangkat smartphone juga menginginkan ponsel dengan kapasitas RAM dan ROM yang cukup besar.

Saat ini anda sedang berada di era globalisasi, di mana kini pertumbuhan teknologi dan juga jaringan internet bertumbuh dengan begitu pesat. Dan mungkin anda menjadi salah satu bagian yang tak lepas dari pesatnya pertumbuhan teknologi terutama pada perangkat gadget maupun perangkat smartphone.

Karena mengikuti pertumbuhan teknologi yang sangat cepat, hal tersebut tentu saja membuat berbagai produsen pembuat perangkat smartphone berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen dengan beragam fasilitas maupun kualitas yang ditawarkan.

Berbagai perangkat Smartphone canggih pun mulai ditawarkan produsen, dari kualitas kamera yang begitu mumpuni yang ditujukan bagi penggemar selfie, penggunaan prosesor yang super cepat sampai dengan kapasitas Random Access Memory atau RAM yang besar. Bahkan ada beberapa perangkat ponsel yang memiliki ukuran RAM menyaingi kapasitas RAM pada laptop.

Dengan penggunaan kapasitas RAM yang besar itu, seberapa pentingkah? Kenapa sekelas ponsel harus membutuhkan RAM yang cukup besar bahkan mendekati yang dipakai pada laptop? Dan apa pula fungsi RAM pada perangkat Hp sebenarnya?

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan mengenai apa pengertian dan fungsi RAM pada perangkat ponsel.
Definisi RAM
Random Access Memory yang artinya memori akses acak atau lebih dikenal dengan istilah RAM ini merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap dengan tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

RAM biasa digunakan sebgai media penyimpanan primer atau digunakan sebagai memori utama dalam perangkat komputer. Walaupun digunakan sebagai media penyimpanan primer, namun ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai media penyimpanan sekunder jangka panjang.

RAM mempunyai dua tipe yang cukup dikenal, yaitu RAM Statis (SRAM) dan juga RAM Dinamis (DRAM). Pada SRAM, tipe RAM ini memang lebih mahal untuk diproduksi, akan tetapi bekerja lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan dengan DRAM. DRAM sendiri menyimpan sedikit data dengan menggunakan transistor dan kapasitor.
Fungsi RAM
Dalam penggunaannya, tidak semua perangkat gadget membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar. Kebutuhan akan RAM tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda sebagai pengguna perangkat. Fungsi RAM juga sangat berperan penting pada perangkat Smartphone maupun komputer.

Fungsi RAM tidak bisa dipisahkan dengan informasi-informasi yang terdapat pada perangkat hp dan computer anda. Dan berikut ini beberapa fungsi dari RAM yang perlu anda ketahui sebagai pengguna Smartphone yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu penggunaan Multitasking

Fungsi RAM yang pertama ialah untuk membantu dan juga mendukung penggunaan multitasking dalam sebuah perangkat gadget ataupun pada komputer. Penggunaan multitasking yang dimaksud dalam fungsi RAM yang pertama ini ialah bisa mengerjakan ataupun membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu dalam suatu perangkat gadget maupun komputer.

Dan apabila semakin besar RAM yang tersedia, maka akan semakin lancar pula suatu komputer atau perangkat hp untuk memproses penggunaan multitasking ini. Dan akan semakin banyak pula yang bisa anda kerjakan pada perangkat hp, dengan begitu kemungkinan hp akan freeze atau hang menjadi semakin menipis.

2. Membantu menyimpan memory sementara

Fungsi RAM yang berikutnya adalah sebagai media penyimpanan memori sementara. Fungsi dari RAM ini mampu menyimpan sementara memori dalam sebuah aplikasi maupun program yang anda punyai.

Ketika program sedang berjalan, maka informasi ini akan disimpan dalam memori RAM. Dan untuk membantu menyimpan informasi pada RAM, dibantu dengan penggunaan CPU guna memproses sebuah informasi sebelum diteruskan dan disimpan dalam suatu RAM.

3. Menentukan spesifikasi

Fungsi RAM yang ketiga adalah sebagai sebuah patokan pada spesifikasi suatu teknologi gadget. Dan tentu saja, kapasitas pada RAM ini perlu anda perhitungkan ketika akan membeli sebuah hp baru.

Karena apabila perangkat smartphone yang anda gunakan hanya untuk keperluan harian, maka anda tidak perlu memiliki perangkat smartphone dengan kapasitas RAM yang besar.

Akan tetapi jika anda menyukai game pada perangkat smartphone, maka kemungkinan besar anda harus membeli sebuah perangkat smartphone dengan kapasitas RAM besar. Karena hal tersebut akan berpengaruh pula pada kualitas game yang akan anda peroleh.

4. Memiliki fungsi vital dalam gaming dan design

Sebuah game pada perangkat hp ataupun komputer  sudah barang tentu akan membutuhkan RAM yang besar sebagai media penyimpanan serta pengoperasiannya. Apalagi jika anda menyukai suatu permainan dengan design 3D. Tentunya anda akan  membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar pula.

Karena dengan mempunyai sebuah perangkat smartphone game dengan RAM yang besar, maka anda akan merasakan perbedaannya jika dibandingkan ketika anda bermain dengan menggunakan kapasitas RAM yang sedang bahkan yang lebih kecil. Hal demikian pun akan berpengaruh pula pada desain permainan yang akan ditampilkan dilayar.

Mempercepat kinerja proses informasi kini bukan lagi rahasia umum jika RAM mampu mempercepat kinerja pada perangkat gadget yang anda miliki. Semakin besar kapasitas RAM yang anda miliki, maka akan semakin cepat pula proses kinerja yang didapatkan. Dan kecepatan pada sistem operasi ditentukan pula dengan besaran kapasitas RAM yang dipunyai.

Perbedaan RAM dan ROM
Walaupun terlihat sama, akan tetapi ada perbedaan mendasar antara RAM dan ROM pada sebuah perangkat gadget. Dan berikut ini perbedaan antara RAM dan ROM yang patut anda ketahui:

Beda Fungsi

RAM dan juga ROM termasuk kedalam again memori internal pada ponsel, akan tetapi ternyata kedua nya mempunyai perbedaan yaitu pada fungsinya. RAM berfungsi untuk menjalankan beragam aplikasi, membaca dan juga menulis dengan cepat.

Sedangan untuk ROM berfungsi sebagai menyimpan program saat anda mengunduhnya tanpa bisa membaca maupun mengoperasikannya.

Beda Tugas RAM dan ROM

Selain memiliki fungsi yang berbeda, keduanya juga mempunyai tugas yang berbeda pula. RAM mempunyai tugas, yaitu mampu untuk menyimpan sebuah data secara acak dan masih dapat anda akses kapanpun anda mau.

Sedangkan tugas dari ROM adalah berupa penyimpanan data internal yang tidak mudah untuk dioperasikan ataupun diubah. Selain itu ROM juga tidak bisa diperintah untuk menjalankan sebuah aplikasi tersebut.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi RAM pada HP dan Apa Beda nya Dengan ROM"

Post a Comment