Seputar informasi teknologi internet dan Android

Smartphone Anda Mati Total? Jangan Panik Simak 5 Cara Mudah Untuk Mengatasinya

blogger templates

Smartphone Anda Mati Total? Jangan Panik Simak 5 Cara Mudah Untuk Mengatasinya
Salah satu mimpi buruk yang mungkin kadang dihadapi oleh sebagian pengguna perangkat Smartphone Android adalah ketika perangkat Smartphone miliknya tidak dapat menyala atau dengan kata lain mati total. Kita ambil contoh, tampilan layar hanya terlihat hitam padahal tombol power sudah anda tekan cukup lama.

Melihat kondisi yang demikian, wajar jika anda kemudian menjadi panik dan frustasi. Alasannya, tentu karena perangkat smartphone kini telah menjadi sebuah perangkat utama yang digunakan bukan hanya untuk berkomunikasi saja, tetapi juga dapat menyimpan berbagai foto dan video ataupun hal penting lainnya.

Sesungguhnya, ada beberapa alasan kenapa perangkat Smartphone Android tiba-tiba mati total dan tidak  dapat menyala lagi.

Oleh karena itulah, dengan mengetahui penyebabnya, maka anda dapat pula menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, dari itu guna mengetahui penyebab dan solusi dari masalah perangkat smartphone Android yang tiba-tiba saja mati dan tidak dapat menyala, kita simak bersama solusi berikut ini seperti yang dikutip dari laman Make Use Of, pada Selasa (15/1/2019).

1. Masalah pada Charger

Dalam beberapa kasus, masalah pada charger menjadi penyebab perangkat Smartphone tidak bisa diisi ulang lagi sehingga tidak dapat menyala. Oleh karena itulah, ada beberapa tips jitu guna mengatasi charger yang bermasalah.

Cara yang pertama, anda bisa mengecek debu maupun kotoran yang menempel di port charger. Selain itu, anda pastikan apakah kabel charger dalam keadaan baik-baik saja. Jika memang tidak, maka anda perlu untuk mengganti kabel tersebut.
2. Lakukan Power Cycle

Ketika perangkat smartphone tiba-tiba saja tidak merespon dan tidak bisa menyala, cara ampuh yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan power cycle.

Maksudnya adalah kamu hanya perlu mencabut sumber dayanya langsung, yaitu baterai.
Jika perangkat smartphone-anda memiliki baterai removable, maka anda hanya cukup untuk mencabutnya dan kemudian tunggu beberapa detik sebelum kemudian memasukkanya kembali. Setelah itu semua, anda bisa mencoba untuk menyalakan perangkat Smartphone anda kembali.

Sementara itu untuk anda yang mempunyai perangkat smartphone dengan baterai jemis non-removable, kali ini ada sedikit trik yang bisa anda coba untuk melakukan power cycle.
Kemudian anda harus menekan dan juga menahan tombol power selama beberapa detik, kira-kira  adalah sekitar 10 sampai dengan  30 detik.

3. Cek Kondisi Baterai

Selain dua hal di atas, ada beberapa kemungkinan baterai menjadi penyebab peyebab perangkat smartphone anda tidak dapat menyala. Yang harus anda ketahui, baterai di perangkat smartphone mempunyai masa hidup dan pada setiap tahun kualitasnya terus meluncur menurun.

Oleh karena itu, coba anda hubungkan smartphone dengan charger kemudian lihat respon yang diberikan. Ketika perangkat  Smartphone dihubungkan ke charger, lalu ikon baterai muncul berarti tidak ada masalah pada baterainya.

Akan tetapi, apabila saat dihubungkan masih tidak ada respon, berarti ada masalah dengan baterai perangkat smartphone-anda. Ya betul, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterai.
4. Periksa Layar

Tidak hanya masalah daya, ada kemungkinan masalah lain terjadi pada layar ponsel anda, Kadangkala jika perangkat smartphone yang tidak dapat menyala tiba-tiba disebabkan adanya masalah pada layar.

Sebagai cara guna mengetahui apakah layar ponsel bermasalah atau tidak, anda hanya cukup menekan tombol Power selama kurang lebih 30 detik dan kemudian tunggu reaksinya.
Apabila layar ponsel tidak dapat menampilkan proses boot, maka ada kemungkinan memang layar ponsel anda bermasalah.

Sama halnya dengan baterai, cara untuk mengatasi masalah pada layar ponsel adalah dengan cara menggantinya. Akan tetapi perlu anda ingat, untuk mengganti layar nya sebaiknya anda serahkan pada ahlinya.

5. Reset Perangkat Android-mu
Setelah anda mencoba salah satu cara yang disebutkan di atas, ada kemungkinan perangkat smartphone milik anda bisa menyala kembali.

Namun kadang, perangkat smartphone anda  tidak dapat masuk ke dalam proses boot atau ke menu awal.

Salah satu penyebab masalah ini biasanya adalah karena ada ROM yang bermasalah. Solusi untuk mengatasi hal tersebut  adalah dengan cara melakukan reset perangkat Android anda.
Walau begitu, anda pastikan terlebih dulu bahwa datamu yang ada di ponsel telah anda backup.


0 Response to "Smartphone Anda Mati Total? Jangan Panik Simak 5 Cara Mudah Untuk Mengatasinya"

Post a Comment