Seputar informasi teknologi internet dan Android

Grammarly, Aplikasi Keyboard Pencegah Salah Ketik (Typo) Kini Hadir di Android

blogger templates


Grammarly, Aplikasi Keyboard Pencegah Salah Ketik (Typo) Kini Hadir di Android


Bagi anda pengguna perangkat pintar seperti Smartphone tentu tidak merasa kaget lagi ketika menggunakan perangkat ini untuk berkirim pesan kemudian mengalami salah dalam pengetikan dan pesan tersebut terlanjur terkirim sehingga terkadang membuat sipenerima pesan menjadi salah pengertian, tentu hal tersebut akan membuat anda jengkel. 

Karena dengan kejadian salah ketik (typo) atau ketika menggunakan auto correct kurang tepat akan membuat pesan teks yang dikirim dikarenan salah ketik walaupun satu huruf akan dapat merubah makna dari isi pesan tersebut. Seperti pada contoh di bawah ini :


Namun kini, typo dan auto correct yang kurang tepat di perangkat smartphone Android anda dapat diatasi dengan hadirnya aplikasi keyboard yaitu Grammarly.

Aplikasi Grammarly ini bisa anda unduh di PlayStore, yang sebelumnya hanya tersedia di iOS namun kini pengembang dari aplikasi ini telah menghadirkannya untuk para pengguna Android.

Seperti yang kita kenal, Grammarly sebenarnya adalah sebuah Website yang melayani para penggunanya dalam melakukan pengecekan dalam hal tata bahasa ( grammar) terutama Bahasa Inggris dengan cara online.

Dengan perkembangan penggunaan internet oleh masyarakat luas kemudian membuat Grammarly mengadopsinya dalam sebuah fitur berupa aplikasi keyboard.

Cara kerja dari aplikasi Grammarly ini menggunakan system berbasis awan ( cloud), sehingga menjadikan aplikasi Grammarly ini mampu menterjemahkan maupun memperbaiki sebuah tata bahasa menjadi lebih tepat jika dibandingkan dengan penggunaan fitur auto correct bawaan dari perangkat Smartphone 

Dan yang lebih hebatnya lagi aplikasi Grammarly ini masih dapat digunakan walaupun sambungan dari internetnya telah terputus atau offline, sebab Grammarly masih dapat melakukan singkronisasi secara otomatis terhadap perangkat walaupun hanya sebatas kosa kata saja.

Akan tetapi jika penggunanya ingin lebih optimal lagi menggunakan aplikasi ini maka sebaiknya harus terkoneksi dengan jaringan internet secara online. Karena jika terkoneksi dengan jaringan internet  maka mode koreksi advance dapat diaktifkan sehingga dapat mengkoreksi dengan berdasarkan konteks kalimatnya.

Sebagai sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga, untuk masalah keamanan biasanya akan muncul sebagai sebuah isu. Namun rasanya tidak ada yang perlu untuk dikhawatirkan dengan aplikasi Grammarly ini. Karena aplikasi ini telah menyediakan sistem enkripsi, sehingga segala bentuk informasi sensitif seperti penggunaan nomor kartu kredit tidak bisa diakses oleh siapa pun, kecuali  oleh pengirim dan juga penerimanya.

Artikel yang dikutip dari KompasTekno dan berdasar informasi situs Android Authority Jumat (15/12/2017), Aplikasi Grammarly telah tersedia dengan versi berbahasa Inggris British dan juga American. Namun belum dapat dipastikan kapan Grammarly ini akan melengkapi fiturnya ini kedalam versi bahasa yang lain seperti kedalam bahasa Indonesia.

0 Response to "Grammarly, Aplikasi Keyboard Pencegah Salah Ketik (Typo) Kini Hadir di Android"

Post a Comment