Seputar informasi teknologi internet dan Android

Apa Untung-Rugi nya Jika Fitur GPS Selalu Diaktifkan atau Dinonaktifkan

blogger templates
Apa Untung-Rugi nya Jika Fitur GPS Selalu Diaktifkan atau Dinonaktifkan


 

Bagi sebagian pengguna perangkat Smartphone, fitur GPS wajib untuk diaktifkan karena aktivitas sehari-harinya sangatlah bergantung dengan lokasi pengguna. Seperti contohnya  pengemudi ojek online ataupun taksi online.

Ada pula pengguna yang hanya mengaktifkan fitur GPS nya sesekali saja yang digunakan untuk memandu perjalanannya karena mungkin kurang mengetahui rute yang di laluinya, atau ketika pengguna membuka aplikasi yang memang memerlukan akses lokasi seperti digunakan untuk memesan ojek online yang memang sedang marak sekarang ini atau digunakan untuk memainkan game online seperti Pokemon Go.

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah anda termasuk pengguna perangkat yang merasa sangat perlu untuk selalu mengatifkan fitur GPS ataukah sebaliknya? Nah, dari itulah dibawah ini akan coba diuraikan apa saja untung dan rugi nya jika fitur GPS Anda selalu aktif ataupun dinonaktifkan.

Keuntungan GPS Aktif

Keuntungan jika fitur GPS di perangkat ponsel Anda selalu aktif adalah, perangkat Smartphone Anda akan mudah untuk ditemukan jika suatu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperi contohnya perangkat ponsel anda hilang ataupun tertinggal di suatu tempat.

Baik perangkat Smartphone Android ataupun iOS, fitur untuk mencari perangkat membutuhkan akses GPS yang aktif di perangkat ponsel pengguna. Namun fitur ini tidak terlepas dari adanya bantuan akses Internet yang aktif pada perangkat ponsel tersebut. Aplikasi Android Device Manager  (aplikasi pencari perangkat untuk  OS Android) ataupun layanan Find My Phone milik dari Apple, akan mudah untuk menemukan titik lokasi perangkat yang hilang.

Selain itu keuntungan lainnya adalah jika Anda menyukai layanan dari Google, maka ada beberapa informasi lokal akan bisa Anda peroleh secara realtime. Seperti contohnya informasi mengenai trafik lalu lintas, laporan cuaca ataupun hal-hal yang menarik lainnya yang ada di sekitar Anda.

Ataupun jika Anda memang kebetulan memiliki anak yang telah menggunakam perangkat ponsel pintar, maka sebaiknya anda disarankan pada perangkat ponsel nya untuk selalu mengaktifkan  fitur GPS. Lalu, jangan lupa pula untuk menambahkan akun Google milik Anda ke perangkatnya. Tujuannya adalah agar Anda bisa dengan mudah untuk memantau posisi dimana anak anda berada.

Kerugiannya

Namun jika privasi menjadi suatu hal yang sangat penting buat Anda maka dengan fitur GPS yang selalu aktif tentu akan merugikan Anda. Karena, data lokasi dari GPS yang aktif  akan terekam di aplikasi dimana Anda akan memperoleh data histori  tujuan kemana saja dan kapan saja Anda berada di suatu tempat.

Walau demikian, hal tersebut akan menjadi rahasia jika tak ada orang disekitar Anda yang mengetahui kata kunci pada perangkat ponsel Anda. Berhubungan dengan layanan yang mengambil data GPS perangkat Anda, maka itu berarti juga keberadaan Anda harus rela diketahui oleh system pada perangkat tersebut. Untuk sebagian orang tentu hal demikian ini dirasa kurang menyenangkan.

Satu lagi kerugian jika fitur GPS aktif adalah terkait dengan daya tahan baterai ponsel Anda. Dengan adanya GPS yang aktif, maka tentu saja daya baterai ponsel menjadi lebih boros dan cepat habis. Tapi, jika memang ini menjadi alasannya, Anda masih bisa untuk menyiasatinya.

Untuk anda ketahui, perangkat Smartphone berbasis Android mempunyai beberapa pilihan untuk layanan lokasi, dan ini bermanfaat untuk aplikasi peta, informasi lokal seperti lokasi toko terdekat, restoran, dan layanan sejenisnya.

Pengaktifan fitur GPS ini ada beberapa pilihan diantaranya adalah;


1.    Mengakses layanan lokasi
2.      Akurasi tinggi
3.      Mode Penghematan baterai
4.      Hanya perangkat (device only)

Pada perangkat dengan OS Android Nougat, pilihan ini bisa anda akses dengan cara:


1.      Pilih Menu Pengaturan
2.      Ketuk Lokasi yang ada di bawah menu Pribadi.
3.      Pilih menu Mode
4.      Pilih opsi yang ingin Anda pergunakan

Pengguna perangkat Android 8 (Oreo):

1.      Masuk ke menu Pengaturan dari bilik atas pada layar utama
2.      Pilih menu Keamanan & Lokasi di menu utama.
3.      Pilih Ketuk Lokasi yanga ada di bawah kata Privasi
4.      Pilih menu Mode
5.      Pilih opsi yang ingin Anda pakai untuk layanan lokasi Anda.

Lalu apa bedanya mode pada GPS di perangkat ponsel Anda?

Akurasi tinggi

Ketika Anda memilih mode pada layanan lokasi akurasi tinggi, berarti Anda telah mengizinkan beberapa perangkat berjaringan untuk menentukan lokasi Anda untuk mendapat kan lokasi yang tepat. Titik lokasi ini bisa didapat dari informasi GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan / ataupun  jaringan seluler, dengan cara mengkombinasi beberapa diantaranya.  

Mode ini sangatlah direkomendasi ketika Anda mencari lokasi ataupun menggunakan fitur GPS ketika berkendara. Akan tetapi, mode ini juga yang paling menguras daya baterai ponsel Anda. Jadi, silahkan Anda untuk memilih mode yang lainnya jika memang mempertimbangkan daya baterai.

Mode perangkat

Pada modus perangkat berarti hanya bergantung pada sinyal GPS layaknya perangkat GPS yang ada pada kendaraan seperti pada mobil, dengan menggunakan jaringan satelit yang ditunjuk GPS untuk menemukan lokasi perangkat ponsel Anda. Untuk mode ini tidak akan membantu Anda mendapatkan lokasi yang akurat apalagi jika Anda sedang berada di dalam ruangan.  

Mode hemat baterai

Nah, untuk mode ini justru akan menonaktifkan  fitur GPS dan lokasi Anda akan dideteksi melalui Wi-Fi, Bluetooth, dan / ataupun menara seluler terdekat dilokasi yang menggunakan layanan lokasi Google. Memang, dengan menggunakan mode ini tentu akan sangat menghemat baterai tapi tidak akan seakurat menggunakan fitur GPS.

Ketiga mode diatas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, untung-rugi-nya dapat anda hitung sendiri.

0 Response to "Apa Untung-Rugi nya Jika Fitur GPS Selalu Diaktifkan atau Dinonaktifkan"

Post a Comment