Seputar informasi teknologi internet dan Android

3 Tips Guna Mengatasi Fingerprint Scanner Error Pada Smartphone Android

blogger templates

3 Tips Guna Mengatasi Fingerprint Scanner Error Pada Smartphone Android



Berbagai fitur kekinian hadir pada Smartphone Android, salah satunya adalah fitur untuk pengaman dari tangan jahil. Fitur keamanan perangkat smartphone Android kini telah semakin canggih.

Setelah sebelumnya hanya dengan menggunakan kata kunci atau password dan dengan cara menggambar pola pada layar, kini pengguna juga bisa membuka kunci layar pada perangkat smartphone dengan menggunakan sidik jari.

Dan yang terbaru pengguna bahkan bisa pula membuka kunci perangkat smartphone mereka dengan cara melihat ke arah smartphone nya alias menggunakan fitur keamanan terbaru yaitu face unlock atau pemindai wajah.

Namun sayangnya, tidak semua perangkat smartphone dibekali dengan fitur face unlock yang kekinian, alhasil fitur fingerprint scanner pun masih menjadi pilihan yang banyak dimanfaatkan oleh penggunanya.
Akan tetapi ternyata fitur keamanan fingerprint scanner pun tidak terlepas dari kendala, 

Terkadang, fingerprint bisa pula lambat dalam membaca sidik jari dari penggunanya. Lalu, apa yang harus dilakukan pengguna dalam mengatasi masalah tersebut?

Seperti yang dikutip dari laman How To Geek telah memberikan 3 cara yang bisa dilakukan penggunanya guna memperkuat dan juga membuat pemindai sidik jari pada perangkat smartphone Android jadi lebih akurat.

1. Daftarkan Jari yang Sama Lebih dari Sekali

Pemindai sidik jari pada perangkat smartphone android mengizinkan penggunanya untuk mendaftarkan lebih dari satu sidik jari guna membuka kunci perangkat smartphone nya.

Namun jika anda ingin membuat sidik jari smartphone anti-lelet, anda bisa mencoba menggunakan metode mudah yakni dengan cara mendaftarkan sidik jari yang sama lebih dari satu kali.

Contohnya, anda menambahkan jari telunjuk kanan untuk fingerprint yang pertama. Untuk perekaman sidik jari dalam kondisi normal, yaitu jarinya berada di posisi tengah.

Selanjutnya untuk fingerprint yang kedua anda bisa mendaftarkan jari telunjuk kanan lagi, namun bedanya perekaman bisa anda lakukan dengan cara posisi jari agak ke pinggir.

Nah, di sinilah sistem Android akan mendeteksi kalau sensor sidik jari yang baru saja ditambahkan secara otomatis akan lebih meningkatkan akurasi dari sebuah jari. Akan tetapi, disarankan pengguna untuk menambahkan sidik jari nya yang sama sebanyak dua kali.
2. Gunakan Dua Jari Tangan


Pengguna  perangkat smartphone terkadang hanya mendaftarkan satu sidik jari saja untuk membuka kunci perangkat smartphone nya. Padahal, dengan cara mendaftarkan dua sidik jari, justru akan mempermudah pengguna untuk membuka kunci Smartphone ketika sidik jari yang satu sedang berkeringat atau kondisi basah.

Nah, anda dapat menambahkan dua sidik jari, misalnya mendaftarkan telunjuk kanan dan juga telunjuk kiri. Anda bisa pula membuat pemindai sidik jari menjadi lebih akurat dengan mendaftarkannya lebih dari satu kali, seperti pada langkah pertama diatas.
3.Tambahkan Sidik Jari Setelah Mandi


Cara tersebut mungkin terdengar remeh, akan tetapi dengan cara menambahkan sidik jari setelah mencuci tangan atau setelah mandi patut anda coba. Kenapa? Karena saat itu sidik jari kita sedang dalam kondisi bersih sehingga perekaman sidik jari akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Memang, dalam beberapa percobaan yang dilakukan, pengguna terkadang menemui kendala sidik jari yang susah terekam karena kondisi sensor yang basah ataupun kotor. Pengguna bisa membersihkan sensor sidik jari nya sejenak, kemudian selanjutnya pengguna bisa melakukan pendaftaran sidik jari nya kembali.

Sekadar untuk anda ketahui, beberapa model dari perangkat smartphone Android hanya bisa mendaftarkan 5 jari saja, sehingga anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin.

0 Response to "3 Tips Guna Mengatasi Fingerprint Scanner Error Pada Smartphone Android"

Post a Comment