Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Aman Anak Main Instagram, Orang Tua Wajib Simak

blogger templates

5 Tips Aman Anak Main Instagram, Orang Tua Wajib Simak


Di antara beragam kelompok usia, para remaja ternyata adalah kelompok yang paling menyukai media sosial Instagram. Salah satu media sosial yang berbasis berbagi foto dan video ini semakin berkembang dengan memenuhi sisi narsisme bagi semua penggunanya. 

Memang tidak seperti Facebook, Instagram berfokus pada keindahan murni suatu foto maupun video, yang meliputi semua tentang gambar, filter,maupun  tanpa filter sekalipun.

Namun ada hal lain yang harus mendapat perhatian lebih dari para orangtua adalah di Instagram terdapat 'follower' atau 'pengikut' sama seperti halnya di Twitter.

Untuk  Follower di akun Instagram boleh dikatakan sedikit lebih 'menakutkan' karena para follower tersebut bisa mengikuti alur foto anak anda.

Berikut dibawah ini ada lima (5) tips keamanan Instagram untuk membantu anda  para orangtua  untuk membuat anaknya lebih aman dalam menggunakan Instagram, seperti yang dikutip dari laman About, pada Rabu (29/8/2018).
Bersih-Bersih Follower


Memang tidak ada seorang pun ingin menjadi orang jahat apalagi terhadap buah hati nya, namun terkadang anda memang harus lebih bersikap protektif terhadap anak-anak. Instagram memiliki pengikut atau 'follower' yang serupa dengan Twitter.

Semua pengguna di Instagram berpotensi bisa melihat gambar, foto maupun video yang telah di-posting anak anda kecuali mereka menggunakan fitur modus akun privat dan juga menggunakan pembatasan akses yang tersedia.

Anda perlu untuk membuat syarat penggunaan yang memungkinkan bagi anda untuk memantau secara berkala daftar pengikut  atau follower pada akun Instagram anak dan kemudian  mengajukan mereka pertanyaan misalnya "Siapakah orang yang telah mengikutimu ini?", atau dengan pertanyaan  "Bagaimanakah kamu mengetahui mereka?".

Jika ternyata jawabannya adalah "Saya tidak kenal dengan mereka" dan "Saya belum pernah bertemu dengan mereka", maka orang-orang atau follower tersebut harus dihapus dari daftar pengikut anak-anak anda.

Dalam hal demikian ini, anak-anak anda mungkin berpendapat statistik dari follower mereka merupakan ukuran popularitas. Namun tentu ini adalah hal yang keliru.

Oleh karena itu lah, sebaiknya pantau daftar ini bersama-sama dengan anak-anak anda secara berkala dan kemudian hapus pengikut atau orang-orang yang tidak memiliki hubungan atau memang bukan merupakan teman seusia dari anak-anak anda.
Aktifkan Modus Privat dan Hapus Geotag


Minta anak-anak kamu mengaktifkan modus akun privat

Dengan cara mengaktifkan modus akun privat di akun Instagram, maka hanya orang yang disetujui saja sebagai pengikut yang bisa mengikuti akun anak-anak anda.

Jadi, daripada siapa pun yang bisa dengan bebas memiliki akses ke semua foto atau video anak anda di Instagram, dengan menyortir pengikut merupakan salah satu cara yang efektif.

Anda sebagai orangtua, cara ini seharusnya menjadi pengaturan yang wajib anda 'perintahkan' kepada anak-anak anda. Cara ini akan membantu mereka untuk mengurangi jumlah pengikutnya secara acak yang tampaknya menumpuk dari waktu-kewaktu.

Menghapus geotag

Untuk diketahui Instagram mempunyai peta yang bisa menunjukkan lokasi di mana gambar anak anda diambil. Hal tersebut dimungkinkan berdasarkan adanya kemampuan geotag dari perangkat smartphone mereka.

Karena itulah para penguntit akun Isntagram sangat menyukai geotag, dan sebab itulah anda harus meminta anak untuk menghapus geotag foto mereka di akun Instagram.

Hindari Lokasi dan Informasi Pribadi


Hindari berbagi lokasi

Guna mematikan kemampuan Instagram untuk geotag foto, anda perlu untuk menonaktifkan akses ke layanan lokasi perangkat smartphone anak.

Bagi anda pengguna perangkat yang berbasis iOS, caranya anda pilih menu Settings, kemudian pilih "Privacy" -> "Location Services" -> "Instagram" dan terakhir anda pilih menu "Never"  yang terletak di bawah bagian "Allow Location Access".

Sementara itu bagi anda pengguna perangkat ponsel yang berbasis Android, yaitu dengan memeriksa pada situs bantuan Instagram untuk informasi tentang cara menonaktifkan geotag.

Jangan biarkan anak-anak mencantumkan info pribadi di profil Instagram mereka

Periksalah informasi profil pada akun Instagram anak anda. Instagram memungkinkan anda untuk mendaftar informasi pribadi, seperti nama asli pengguna dan juga nomor telepon.

Oleh karena itu pastikan anak anda tidak mencantumkan apa pun di profilnya yang akan memungkinkan seseorang untuk menghubungi mereka secara langsung ataupun mempelajari keberadaan mereka.

0 Response to "5 Tips Aman Anak Main Instagram, Orang Tua Wajib Simak"

Post a Comment