Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Mengembalikan Kembali File yang Terhapus di Komputer

blogger templates

Cara Mengembalikan Kembali File yang Terhapus di Komputer

Komputer merupakan perangkat yang wajib digunakan oleh sebagian besar pekerja di perkantoran maupun di berbagai bidang lainnya.

Komputer memegang peranan penting yang menunjang pekerjaan bagi sebagian besar pekerja di era digital ini. Namun ketika anda mengoperasikannya, mungkin ada saja keteledoran yang tanpa sengaja dilakukan, seperti contohnya menghapus file yang dirasa penting tanpa sengaja.

Mungkin menghapus file secara tak disengaja seringkali terjadi pada sebagian besar pekerja yang sehari-harinya menggunakan perangkat komputer. Entah itu hanya gara-gara secara tak sengaja menekan tombol delete, atau bisa juga karena anda salah memilih file untuk dihapus.

Bisa dikatakan bahwa sebagian besar di antara kita mungkin pernah mengalaminya. Apakah anda termasuk yang pernah mengalaminya? Semoga saja tidak.

Sebenarnya, file yang kadung terhapus itu dapat kembali dipulihkan ataupun dimunculkan. Yup, tentu saja bisa dikembalikan, asal anda tahu caranya.

Untuk itulah, berikut ini akan disajikan artikel mengenai cara untuk mengembalikan file yang telah terhapus di komputer, sebagaimana yang telah dilansir dari laman Geek,pada hari Selasa (28/8/2018).

1. Periksa recycle bin

Terkadang, sebagian orang tidak menyadari bahwa ternyata ada dua cara untuk menghapus file, yaitu menghapus file secara permanen dan menghapusnya untuk sementara waktu atau yang lebih tepatnya 'membuang' file tersebut ke dalam ‘tempat sampah’.

Jika memang anda tidak sengaja menghapus file, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara memeriksa recycle bin.

Karena, bisa saja file tersebut ternyata tidak terhapus secara permanen, melainkan ada di menu recycle bin.

Jika memang file tersebut ada, caranya anda klik kanan di file tersebut, selanjutnya anda pilih restore. Tarra File yang terhapus tersebut akan kembali muncul dilayar.
2. Restore previous versions-nya
Jika memang langkah sebelumnya tidak banyak membantu, berikutnya anda bisa membuka folder, di mana file yang terhapus tadi awalnya berada.

Caranya anda klik kanan pada folder tersebut, dan, jika tersedia, selanjutnya pilih opsi "Restore previous versions".

Maka dengan begitu, anda bisa membawa kembali isi folder tersebut dari tanggal sebelum file tersebut terhapus.

3. Menggunakan backup file

Jika anda sudah secara teratur membuat cadangan pada hard drive, atau setidaknya libraries anda, file yang terhapus tadi mungkin saja telah diamankan di sana.

Maka itulah langkah selanjutnya adalah anda tinggal memulihkan file tersebut. Namun, jika memang ternyata anda tidak memiliki backup file, sudah waktunya bagi anda untuk menjadikannya sebagai suatu kebiasaan sekadar untuk antisipasi file yang tidak sengaja terhapus di masa depan.
4. Mencoba program file recovery
Cara ini merupakan yang paling terakhir yang bisa anda lakukan , jika memang tiga cara sebelumnya tidak membuahkan hasil. Saat ini telah tersedia beberapa program file recovery.

Program  file recovery ini pada umumnya sangat mudah untuk digunakan, dan yang paling menarik  adalah program ini banyak tersedia secara gratis yang bisa anda unduh.

Lalu kemudian, sebagian dari program ini juga bersifat portabel. Artinya anda tidak perlu untuk melakukan instalasi di komputer untuk menggunakan program tersebut.

Anda bisa mengunduh program file recovery ini di komputer lain, dan menyimpannya di flashdisk. Lalu jalankan program ini dari flashdisk Anda di komputer, di mana file yang tidak sengaja terhapus ingin anda pulihkan kembali.


0 Response to "Cara Mengembalikan Kembali File yang Terhapus di Komputer"

Post a Comment