Seputar informasi teknologi internet dan Android

Berkenalan Dengan Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android

blogger templates

Berkenalan Dengan Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android


Bagi anda pengguna perangkat Android tentu sudah tidak asing lagi dengan maskot yang ada pada OS Android, yaitu berupa robot berwarna hijau, namun tahukah anda cerita dibalik pembuatan logo Android besutan Google ini.

Maka dari itu mari berkenalan lebih jauh dengan robot hijau yang diberi nama Bugdroid tersebut.

Pada setiap merek dari suatu produk kenamaan sudah tentu memiliki maskot ataupun logo yang ikonik, begitu pula Android. Sistem operasi hasil besutan raksasa teknologi Google ini identik dengan logo robot berwana hijau yang memang diakui sudah sangat diingat oleh banyak orang terutama para pengguna perangkat Android.

Namun walau demikian, ternyata tidak semua orang mengenal nama dari maskot Android tersebut mungkin termasuk anda pula Alasannya, seperti yang dikutip dari  laman Digital Trends, maskot robot hijau Android itu nyatanya memang tidak memiliki nama yang resmi.

Dari beberapa cerita yang berkembang, mascot dari Android ini dahulu sempat dipanggil dengan nama panggilan Andy. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti alasan dari pemberian nama tersebut. Beberapa pihak menyebutkan jika nama Andy tersebut merujuk pada sosok Andy Rubin yang merupakan kreator Android.

Lalu kemudian, tim internal Android memberi nama logo atau maskot Android tersebut sebagai Bugdroid.  Namun alasan di balik pemberian nama itu pun masih belum jelas, tapi kenyataannya nama Bugdroid tersebut terus digunakan hingga sekarang.

Untuk logo Android sendiri dibuat oleh seorang desainer yaitu Irina Blok ketika bekerja di Google. Ide awal pembuatannya adalah membuat gambaran dari sebuah open source bagi komunitas pengembang.

Seperti yang telah diketahui, Android merupakan OS (sistem operasi) yang berbasis open source. Jadi, logo ini dibuat untuk menggambarkan sebuah platform yang terbuka bagi siapa pun selain itu dapat pula diubah sesuai dengan kebutuhannya.

Desain buatan dari Blok yang bagitu sederhana dengan cepat membuat ikon ini bisa dikenal publik luas, melewati dari sasaran awalnya, yaitu komunitas pengembang. Setelah di Google, Blok kemudian bekerja di Adobe, Apple, dan di Facebook.
Kisah Unik Kepopuleran Bugdroid
Setelah merilis logo tersebut ke publik, maka Bugdroid pun dengan cepat menjadi viral. Beberapa pihak bahkan ada memodifikasi logo ini menjadi beragam bentuk yang unik, mulai dari berupa ninja, bajak laut, ataupun kucing.

Hal demikian itu terjadi karena Google tidak mengklaim kepemilikian logo Android tersebut ataupun melarang modifikasi. Dengan begitu, logo Bugdroid ini mudah dikenali dan muncul dalam beberapa bentuk yang unik, mulai dari kaos sampai dengan gantungan kunci.

Sampai sekarang, Bugdroid pun masih digunakan sebagai maskot ikonik dari Android. Biasanya, Google selalu menyertakan Bugdroid setiap merilis model Android terbaru nya.

Bahkan ternyata Google mempunyai patung Bugdroid khusus yang biasanya akan digambarkan bersama dengan Android versi terbaru. Untuk merayakan 10 tahun kemunculan Android, perusahaan juga telah merilis gim peramban khusus dengan memakai Bugdroid sebagai karakter utamanya.
2 Miliar Perangkat Android
Sekarang, di 10 tahun kehadirannya di era digital ini, telah ada lebih dari 2 miliar berbagai perangkat OS Android yang aktif.

Dan yang terpenting, Android kini telah berkembang pesat bukan hanya sebatas pada perangkat smartphone saja terautama dalam satu dekade terakhir ini.

Anda bisa lihat OS Android hingga hari ini telah bersarang di manapun di berbagai perangkat. Seperti pada perangkat tablet, jam pintar, smart TV, selain itu teradapat pula pada lemari es, oven, sampai dengan virtual reality (VR) headset.

0 Response to "Berkenalan Dengan Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android"

Post a Comment