Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Jika Mau Kuota Internet Smartphone Android Tetap Awet

blogger templates

5 Cara Jika Mau Kuota Internet Smartphone Android Tetap Awet



Perkembangan teknologi sudah semakin pesat terutama yang berhubungan dengan telekomunikasi, oleh karenanya penggunaan perangkat komunikasi seperti Smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia di abad ini.

Pun penggunaan perangkat Smartphone tidak bisa lepas pula dari jaringan Internet untuk pemanfaatannya dalam kehidupan penggunanya.

Bagi pengguna perangkat smartphone Android pasti telah terbiasa dengan internet untuk mengoptimalkan penggunaan perangkatnya.

Oleh karena itulah untuk pemakaian internet boleh dikatakan telah menjadi salah satu kebutuhan penting yang tak terpisahkan bagi pengguna perangkat smartphone.

Walau demikian, tidak seluruh pengguna perangkat smartphone memiliki kemampuan lebih untuk membeli paket data internet dengan jumlah kuota besar.

Beruntung kini ada beberapa cara mudah yang bisa anda terapkan untuk menghemat pemakaian kuota internet tanpa perlu memasang berbagai aplikasi tambahan.

Bagaimana? Penasaran, seperti apa sih cara mudah untuk menghemat kuota internet di perangkat smartphone Android ? Untuk anda yang tertarik bisa membaca cara-caranya seperti di bawah ini. 

1. Membatasi Penggunaan Data

Salah satu cara yang bisa anda terapkan untuk menghemat kuota internet adalah dengan cara membatasi penggunaan data.

Caranya cukuplah mudah yaitu dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah tersedia di semua perangkat smartphone Android.

Anda dapat memakainya langsung yaitu melalui menu Settings di perangkat Android. Dengan menggunakan cara ini, ketika konsumsi data telah mendekati batas yang sudah anda tentukan, maka anda akan langsung mendapat peringatan agar tidak melebihi batas pemakaian.
2. Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi
Dengan memperbarui aplikasi merupakan salah satu cara agar perangkat anda menjadi semakin optimal.

Alasannya adalah karena pada pembaruan aplikasi tersebut biasanya berisi fitur-fitur terbaru ataupun solusi dari masalah yang ada pada aplikasi.

Maka tak jarang, pada pembaruan aplikasi ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga bisa menguras kuota internet yang anda miliki. Oleh karena itulah sebaiknya gunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi agar supaya konsumsi data menjadi tidak berlebihan.

3. Matikan Data Saat Tidak Terpakai

Saat perangkat smartphone sedang tidak digunakan, sebaiknya anda matikan pula jaringan internet yang sedang aktif.

Karena, ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di belakang (background), sehingga masih bisa mengonsumsi kuota internet anda.

Sebab itulah, agar supaya kuota data internet anda tidak tersedot ke aplikasi yang sedang berjalan dibelakang, anda bisa mematikannya terlebih dulu. Cara tersebut selain bisa menghemat kuota internet, juga bisa menghemat konsumsi baterai pada perangkat Smartphone.
4. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Chrome
Bagi para pengguna perangkat Android pasti sudah tidak asing lagi dengan Chrome untuk berselancar di dunia maya.

Oleh karena itulah untuk anda yang tidak mau menghabiskan banyak kuota data internet, Chrome kini telah hadir dengan fitur Data Saver.

Untuk anda yang tertarik menggunakannya, silahkan anda buka Chrome kemudian pilih menu Settings yang bisa diakses dari pojok kanan atas. Selanjutnya anda buka Data Saver lalu aktifkan fitur Data Saver.

5. Batasi Penggunaan Instagram

Pastilah anda sudah tidak asing lagi mendengar dengan media sosial Instagram ini karena merupakan salah satu aplikasi media sosial paling populer saat ini. Karena itulah pengguna perangkat smartphone tidak mau ketinggalan untuk memasang aplikasi ini pada perangkatnya.

Meskipun demikian, ada satu masalah yang harus anda perhatikan dari aplikasi ini, yakni penggunaan data yang cukup tinggi sehingga dipastikan akan menyedot kuota data internet anda.

Oleh karenanya, sebaiknya anda harus mulai membatasi penggunaan aplikasi Instagram ini agar supaya kuota internet anda tidak cepat terkuras habis.

0 Response to "5 Cara Jika Mau Kuota Internet Smartphone Android Tetap Awet"

Post a Comment