Seputar informasi teknologi internet dan Android

Apa itu Fiber Optik ?Pengertian Berikut Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Juga Komponennya

blogger templates

Apa itu Fiber Optik ?Pengertian Berikut Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Juga Komponennya


Ilustrasi Fiber Optik
Pengertian dari Fiber Optik
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama yang berhubungan dengan jaringan internet mungkin anda sering mendengar istilah dari fiber optik? Jadi apa sih yang di maksud dengan fiber optik?
Pengertian dari Fiber Optik merupakan suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca ataupun plastik yang sangat halus yang digunakan sebagai media transmisi karena kabel fiber optik dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan kecepatan tinggi.
Selain itu ukuran dari fiber optik ini sangat kecil dan juga halus (dengan diameternya hanya 120 mikrometer), bahkan lebih kecil lagi dari sehelai rambut manusia. Komponen dari jaringan ini mempunyai kecepatan transmisi yang tinggi dengan menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya. Sumber cahaya yang digunakan untuk proses transmisi nya adalah laser atau LED.
Fiber optik  atau serat optik menjadi salah satu komponen yang kini cukup populer terutama dalam dunia telekomunikasi belakangan ini. Pasalnya, kabel jaringan fiber optik tersebut memiliki kecepatan akses yang tinggi sehingga banyak dimanfaatkan sebagai saluran komunikasi.
Jenis-Jenis dari Kabel Fiber Optik
Setelah kita memahami apa pengertian dari fiber optik, selanjutnya kita juga perlu untuk mengetahui apa saja jenisnya. Untuk Fiber optik ini dibedakan menjadi dua jenis yang didasarkan pada mode transmisinya. Adapun jenis fiber optic tersebut yaitu:
1. Fiber Optik Single Mode
Yang pertama, kabel fiber optik single mode yaitu kabel jaringan yang mempunyai transmisi tunggal, sehingga hanya dapat menyebarkan cahayanya hanya melalui satu inti dalam suatu waktu.
Jenis fiber optik ini memiliki inti berukuran kecil dengan diameter sekitar 9 mikrometer yang dipakai untuk mentransmisikan gelombang cahaya dari sinar inframerah dengan panjang gelombang 1300-1550 nanometer.
2. Fiber Optik Multimode
Yang kedua yaitu Kabel fiber optik multimode merupakan kabel yang bisa mentransmisikan banyak cahaya dalam waktu bersamaan karena memiliki ukuran inti besar yang mempunyai diameter sekitar 625 mikrometer.
Kabel jenis ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan komersial yang pada umumnya diakses banyak orang. Kabel Fiber optik ini mengirimkan sinar inframerah yang memiliki panjang 850-1300 nanometer.
Tipe Kabel Fiber Optik
Dibawah ini adalah beberapa tipe kabel fiber optik yang umum digunakan:
1.    Tight Buffer (Indoor/Outdoor)
2.    Breakout Cable (Indoor/Outdoor)
3.    Aerial Cable/Self-Supporting
4.    Hybrid & Composite Cable
5.    Armored Cable
6.    Low Smoke Zero Halogen (LSZH)
7.    Simplex cable
8.    Zipcord cable

Variabel
Single-Mode
Multi-Mode
Besar diameter core
5-10 mikrometer
50, 62.5 dan 100 mikrometer
Jenis cahaya
Laser infrared
LED
Banyak pancaran cahaya
Satu
Beberapa
Jenis pancaran cahaya
1319 dan 1510 Nanometer
850 dan 1300 nanometer

Jarak pancaran cahaya
30-100 kilometer
500 meter - 2 Kilometer
Bandwidth
Up to 10 Gbps
Up to 1Gbps
Biaya
Cenderung lebih mahal
Cenderung lebih murah
Fungsi Fiber Optik /  Serat Optik
Merujuk pada pengertian fiber optik di atas, fungsi serat optik pada prinsipnya sama seperti kabel lainnya, yaitu untuk menghubungkan antar komputer dalam suatu jaringan komputer.
Letak perbedaannya antara kabel fiber optik dengan jenis kabel lainnya adalah kemampuannya dalam memberikan kecepatan tinggi dalam hal akses dan juga transfer data. Selain itu, pada serat optik juga tidak mengalami gangguan elektromagnetik seperti halnya kabel lainnya karena pada kabel fiber optik ini tidak terdapat arus listrik.
Selain karena kelebihan dari fiber optik tersebut untuk proses instalasi juga harus dilakukan oleh tenaga ahli sehingga hal tersebut membuat biaya instalasinya menjadi lebih mahal. Pada umumnya perusahaan operator telekomunikasi lebih memilih untuk menggunakan kabel fiber optik karena berbagai kelebihannya tersebut.
Komponen Fiber Optik


Kabel Fiber optic sendiri terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut ini adalah beberapa bagian dari kabel fiber optic:
1. Bagian Inti (Core)
Pada bagian inti fiber optik terbuat dari bahan kaca dengan diameter yang sangat kecil (diamaternya sekitar 2 μm sampai 50 μm saja). Diameter serat optik yang lebih besar akan membuat performa nya yang lebih baik dan stabil.
2. Bagian Cladding
Bagian cladding merupakan bagian pelindung yang langsung menyelimuti serat optik. Biasanya ukuran dari cladding ini berdiameter 5 μm sampai dengan 250 μm.
Cladding terbuat dari bahan silikon, dan komposisi bahannya berbeda dengan bagian core. Selain untuk melindungi core, cladding juga berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang merefleksikan semua cahaya tembus kembali kepada core.
3. Bagian Coating / Buffer
Bagian coating adalah mantel dari serat optik yang berbeda dari cladding dan core. Untuk lapisan coating ini terbuat dari bahan plastik yang elastis.
Coating berfungsi sebagai lapisan pelindung dari semua gangguan fisik yang mungkin bisa terjadi, misalnya lengkungan pada kabel maupun kelembaban udara dalam kabel.
4. Bagian Strength Member & Outer Jacket
Lapisan terakhir ini merupakan bagian yang sangat penting karena menjadi pelindung utama dari sebuah kabel fiber optik. Lapisan strength member dan outer jacket adalah bagian terluar dari kabel fiber optik yang melindungi inti kabel dari berbagai gangguan fisik secara langsung.
Prinsip Kerja Fiber Optik
Seperti yang telah dijelaskan pada sub-bab pengertian fiber optik di atas bahwa prinsip kerja dari kabel ini sangatlah berbeda dengan kabel pada umumnya. Pada kebanyakan kabel, data ditransmisikan dengan menggunakan aliran listrik, akan tetapi pada kabel fiber optik menggunakan aliran cahaya yang dikonversikan dari aliran listrik sehingga tidak akan terganggu oleh adanya gelombang elektromagnetik.
Fiber optik memanfaatkan serat kaca sebagai bahan penyusunnya guna mendapatkan refleksi ataupun pantulan cahaya total yang tinggi dari cermin tersebut sehingga data akan ditransmisikan dengan cepat pada jarak yang tidak terbatas. Pantulan tersebut diperoleh melalui cahaya yang berjalan pada serat kaca dengan sudut yang rendah.
Selain itu, dalam proses kerjanya, efisiensi dari pantulan cahaya dipengaruhi oleh kemurnian bahan fiber optik dimana jika semakin murni bahan gelas yang digunakan maka penyerapan cahaya yang semakin sedikit oleh fiber optik. Minimnya penyerapan cahaya tersebut akan menghasilkan pantulan cahaya yang tinggi.
Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik
Seperti yang telah dipaparkan pada penjelasan pengertian fiber optik di atas, kabel fiber optic ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan jenis kabel lainnya. Namun, selain memiliki kelebihan, kabel serat optik ini juga memiliki kekurangan.
1. Kelebihan dari Fiber Optik
·        Mempunyai kecepatan transmisi yang tinggi dengan kapasitas mencapai 1 GB/detik
·     Bisa mentransmisikan data dengan jarak yang cukup jauh tanpa adanya bantuan penguat sinyal
·        Bahannya terbuat dari kaca dan plastik sehingga bisa tahan terhadap karat
·        Ukuran kabelnya sangat kecil dan juga fleksibel
·    Kabel ini memanfaatkan gelombang cahaya sehingga tidak akan terganggu oleh adanya gelombang elektromagnetik seperti gelombang radio
·        Fiber optik tidak mengandung aliran listrik sehingga dapat mencegah terjadinya kebakaran akibat dari konsleting
·        Memiliki keamanan yang tinggi karena minim distorsi
2. Kekurangan Fiber Optik
·     Biaya instalasi dan juga perawatan yang cenderung lebih mahal daripada jenis kabel lainnya
·      Memerlukan sumber cahaya yang kuat
·      Kabel harus dipasang dengan jalur yang berbelok guna memaksimalkan kecepatan dan juga kelancaran transmisi cahaya

Demikianlah penjelasan lengkap seputar pengertian dari kabel fiber optik, cara kerja serta kekurangan dan juga kelebihannya dalam dunia telekomunikasi. Walaupun membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong untuk keperluan instalasi, akan tetapi hal ini sangat didukung oleh kualitas jaringan yang super cepat dan  juga tahan lama yang sangat baik bila digunakan untuk kegiatan komersial.
Sumber : Maxmanroe

0 Response to "Apa itu Fiber Optik ?Pengertian Berikut Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Juga Komponennya"

Post a Comment