Seputar informasi teknologi internet dan Android

Apa sih Arti SPAM, Berikut Pengertian, Tujuan Juga Dampak, dan Contoh Spam

blogger templates

Apa sih Arti SPAM, Berikut Pengertian, Tujuan Juga Dampak, dan Contoh Spam


Arti dari Spam Adalah
Jadi apa yang dimaksud dengan spam? Secara umum, arti dari spam adalah suatu aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan mempergunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dan  dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh si penerimanya. Aktivitas spam ini biasa disebut dengan spamming, dan untuk pelakunya disebut dengan spammer.
Pada umumnya pesan yang dikirimkan oleh spammer berisi iklan ataupun informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. Akan tetapi, pengirim spam tetap saja melakukannya karena mereka memiliki tujuan tertentu yang ingin diperoleh dari si penerima spam.
Aktivitas Spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu ataupun kepentingan lainnya di internet. Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, dan menguras sumber daya perangkat elektronik.
Arti Spam dan Tujuan dari Pelaku
Arti spam dan tujuan para pelakunya
Mengapa masih banyak yang melakukan kegiatan spamming terutama di internet? Ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan kegiatan spamming meskipun ternyata bisa merugikan orang lain. Mengacu pada arti dari spam yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa tujuan spam sebagai berikut ini :
1. Spam untuk Tujuan Promosi
Ada banyak pihak yang ingin memasarkan suatu produk di internet dengan menggunakan cara-cara yang tidak etis, salah satunya adalah dengan mengirimkan spam kepada orang lain. Isi pesan yang terdapat didalam pesan spam biasanya penawaran barang ataupun jasa.
Pelaku spam bisa berasala dari mana saja, baik itu berupa perorangan maupun perusahaan. Bahkan ada pula perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui Email dan sms sebagai kanal untuk media pemasarannya.
Dari sisi penerima spam tentunya mereka akan merasa terganggu setiap kali menerima spam yang berisi pesan komersil. Alih-alih terjadi transaksi penjualan, umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan. walaupun terjadi penjualan, itu mungkin hanya kebetulan dan bahkan sangat jarang terjadi.
2. Spam untuk Tujuan Penipuan
Spam untuk tujuan melakukan penipuan kini juga sangat marak ditemukan, baik dengan melalui email, SMS, dan pada media sosial lainnya. Modus penipuannya pun sangatlah beragam, misalnya dengan mengambil alih akun online (phising), pencurian data pribadi, meminta sejumlah uang, dan lain sebagainya.
Salah satu modus penipuan yang sangat umum terjadi saat ini adalah adanya pencurian akun online atau yang dikenal dengan istilah phising. Biasanya para pelaku mengirimkan email spam secara acak di mana isi pesan menuliskan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian tertentu.
Di dalam email spam tersebut disisipkan pula link ke situs tertentu dimana si penerima spam harus lah login dengan menggunakan akun email. Ketika sikorban telah mengetikkan email dan passwordnya maka pada setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu bisa mengetahui alamat email dan password email dari korbannya.
3. Spam Hanya Sekedar Iseng
Spam untuk tujuan iseng merupakan bentuk dari spam yang cukup mengganggu beberapa pengguna internet. Walaupun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan ataupun tindakan kejahatan lainnya, akan tetapi korban mendapatkan kerugian dan spammer akan mendapatkan keuntungan jika si korban meresponnya.
Salah satu contoh dari keisengan dalam kegiatan spam adalah dengan menyebarkan link website tertentu di bagian kolom komentar blog orang lain. Contoh lain, adalah dengan membagikan gambar tak senonoh atau berupa link situs porno di bagian kolom komentar status media sosial orang lain.
Contoh Spam yang Sering Terjadi


Pengertian spam dan juga contohnya

Sesungguhnya  ada banyak sekali bentuk spam yang terjadi terutama dikehidupan kita sehari-hari. Sesuai dengan arti spam, adapun ada beberapa contoh spam sebagai berikut ini:
1. Spam Email
Spam melalui email adalah bentuk spam yang paling sering ditemukan saat ini. Bentuk spam email ini adalah dengan mengirimkan surat elektronik komersial secara massal yang umumnya tidak diminta oleh si penerima email.
Pengiriman spam email ini dapat dilakukan melalui ‘jaringan zombie’ merupakan jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi anda maupun kantor di seluruh dunia. Akan tetapi, spam email juga banyak terjadi karena banyaknya pengguna internet telah mendaftarkan email mereka pada suatu website tertentu.
2. Spam SMS
Spam SMS atau pesan instan juga kini cukup jamak terjadi sekarang ini. Tujuan dari spam SMS pun cukup beragam, akan tetapi kebanyakan bertujuan untuk kepentingan promosi barang ataupun jasa, dan juga untuk tujuan penipuan.
Spam SMS ini dilakukan dengan cara menggunakan software SMS blast yang bisa mengiriman pesan instan secara massal ke banyak nomor ponsel.
3. Spam Komentar di Blog
Spam melalui komentar pada sebuah blog juga merupakan salah satu momok yang cukup mengganggu terutama bagi para blogger atau pemilik website. Pasalnya, saat ini komentar spam pada suatu blog dilakukan dengan menggunakan software khusus sehingga komentar spam di sebuah blog jumlahnya jadi sangat banyak.
4. Spam Mesin Pencari
Spam mesin pencari atau disebut juga dengan spamdexing, merupakan singkatan dari spamming dan indexing. Tujuan dari spamdexing ini adalah berupaya untuk menempatkan halaman-halaman situs spam di mesin pencari dengan pencarian yang relevan sehingga akan mendapatkan trafik dari mesin pencari.
Maka untuk mengatasi hal ini, mesin pencari modern seperti halnya Google selalu melakukan update pada alogritmanya sehingga menyebabkan situs-situs yang menerapkan spamdexing bakal dihapus dari indeks pencarian Google.
Dampak Buruk dari Spam


Arti spam dan beberapa dampak buruknya

Fakta bahwa tidak ada satupun bentuk spam yang bisa memberikan manfaat kepada penerimanya menunjukkan bahwa spam bisa membawa dampak buruk. Mengacu pada pengertian dari spam, ada beberapa dampak buruk dari spam seperti berikut :
1.  Menghabiskan banyak waktu hanya untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik.
2.    Bisa menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga menyebabkan tidak dapat digunakan dengan baik.
3.   Menghabiskan bandwidth karena penggunaan jaringan data internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak.
4.    Bisa mengakibatkan sebuah website ataupun blog menjadi lambat oleh karena memproses banyaknya komentar spam.
5.    Perangkat elektronik bisa menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit virus malware yang akan menyusup di dalam spam.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai arti dari spam, tujuan, dampak, dan beberapa contoh spam yang sering kita temukan di internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan akan menambah wawasan anda.
Sumber : Maxmanroe

0 Response to "Apa sih Arti SPAM, Berikut Pengertian, Tujuan Juga Dampak, dan Contoh Spam "

Post a Comment