Seputar informasi teknologi internet dan Android

Terungkap, Ponsel Dengan Pancaran Radiasi Terbesar

blogger templates
Terungkap, Ponsel Dengan Pancaran Radiasi Terbesar



Dalam sebuah laporan yang baru-baru ini dirilis oleh Federasi Perlindungan Radiasi Jerman (Bundesamt für Strahlenschutz) telah mengungkapkan daftar nama beberapa perangkat Smartphone yang mengandung pancaran radiasi terbesar sampai dengan yang terkecil. Apa sajakah perangkat Smartphone yang dimaksud?

Daftar terkait akan jumlah radiasi dari beberapa model smartphone ini merupakan yang lebih baru dari daftar yang sebelumnya telah diungkapkan.

Seperti berita yang dikutip dari laman Phone Arena, pada Minggu (10/2/2019) perangkat gadget yang menduduki tingkat radiasi tertinggi dipegang oleh Smartphone Xiaomi Mi A1 yang melepaskan radiasi 1,75 watt per kilogram. Kemudian selanjutnya di belakangnya ada Smartphone OnePlus 5T dengan mengeluarkan radiasi sebesar 1,68 watt per kilogram

Pada daftar ini, tercatat pula produk dari Xiaomi lainnya yang termasuk ke dalam daftar kategori terbesar dalam memancarkan radiasinya, yaitu perangkat Mi Max 3 yang mengeluarkan radiasi sebesar 1,58 watt per kilogram, Mi Mix 3 sebesar 1,45 watt per kilogram, dan disusul Smartphone Redmi Note dengan radiasi sebesar 1,29 watt per kilogram.

Selain dari itu, beberapa model lainnya, di antaranya yaitu perangkat  Smartphone HTC U12 Life, Pixel 3, Pixel 3 XL, iPhone 7, iPhone 8, Xperia XZ1 Compact, OnePlus 6T, OnePlus 5, OnePlus 6, sampai ZTE AXON 7 Mini masuk kedalam deretan perangkat smartphone dengan kategori yang melepaskan radiasi terbesar.

Adapun untuk model-model perangkat Samsung yang hampir mayoritas berada di kategori ponsel pintar dengan mengeluarkan pancaran radiasi terkecil, misalnya pada perangkat Smartphone Galaxy Note 8 dengan melepaskan radiasi sebesar 0,17 watt per kilogram, kemudian Galaxy S8+ dengan melepaskan radiasi 0,26 watt per kilogram, lalu Galaxy S9+ dengan melepaskan radiasi sebesar 0,29 watt per kilogram.

Untuk catatan, hingga saat ini masih belum ada batasan radiasi yang tepat secara global untuk menyebutkan bahwa perangkat smartphone tersebut dianggap berbahaya bila digunakan oleh konsumen.

Berbagai kegelisahan itu tidak terlepas dari adanya isu-isu jika gelombang radio yang dipancarkan oleh perangkat smartphone dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia.

Adapun Jerman sendiri mempunyai sertifikasi lingkungan yang dinamakan Der Blaue Engel. Sertifikasi ini hanya akan meloloskan perangkat ponsel yang mempunyai tingkat radiasi kurang dari 0,6 watt per kilogram.

Berikut ini beberapa daftar smartphone dengan radiasi terbesar hingga terkecil:




Sumber: Detik.com

0 Response to "Terungkap, Ponsel Dengan Pancaran Radiasi Terbesar"

Post a Comment