Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Mudah Bikin Game Android Sendiri

blogger templates

Cara Mudah Bikin Game Android Sendiri

Game online kini jadi fenomena karena banyak diminati oleh anak-anak muda terutama di Indonesia. Demam permainan game online telah melanda banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga sebagian orang dewasa. Para gamer di Indonesia pun jumlahnya kini terus bertambah dari hari kehari. Perkembangan dari teknologi itupun tak terlepas dari  peran dari kecanggihan berbagai perangkat Smartphone saat ini. 

Dengan semakin berkembangnya perangkat smartphone akan memudahkan para pengguna smartphone untuk bermain berbagai game diperangkatnya. Tren game online yang sempat booming dimainkan oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah permainan Pokemon Go, Clash of Clan, Clash Royale, Mobile Legend dan masih banyak lagi game yang lainnya.

Dengan semakin tingginya minat anak muda untuk bermain game, maka tak sedikit orang yang mencoba untuk membuat game sendiri. Walaupun banyak beragam jenis games yang bisa dicari dan kemudian didownload di Google Play Store secara gratis.

Namun ternyata hanya berbekal dengan perangkat smartphone Android, anda pun kini juga bisa untuk membuat game sendiri. Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat game sendiri, bahkan beberapa cara membuat game Android sama sekali tidak membutuhkan coding. Jadi anda bisa membuat game sendiri dengan bebas untuk berkreasi.

Seperti yang dikutip dari Liputan6.com dan dari berbagai sumber, berikut dibawah ini cara mudah untuk membuat game Android sendiri yang bisa anda coba.
Pakai Appsgeyser
Cara untuk membuat game Android sendiri dengan mudah yang pertama yaitu dapat melalui website Appsgeyser. Langkah-langkahnya pun sangat mudah untuk anda ikuti.

1. Langkah pertama buka website appsgeyser.com, kemudian klik Create Now.

2. Selanjutnya pilih Other App. Ini adalah halaman untuk anda dalam membuat game. Karena dalam websiter tersebut bukan hanya menyediakan game saja.

3. Kemudian anda pilih Matching Puzzle.

4. Ini adalah hanya sebagai contoh membuat game tentang puzzle. Ketika anda mencoba membuat game ini, anda harus siapkan sedikitnya 6 gambar yang berbeda untuk anda jadikan model puzzle.

5. Lalu ganti semua elemen sesuai dengan kebutuhan anda.

6. Jika sudah selesai, anda bisa melihat preview terlebih dahaulu. Jika sudah, barikutnya klik Next.

7. Isi semua langkah-langkahnya sesuai dengan keperluan anda

8. Kemudian anda klik Create. Sebelumnya anda harus memiliki akun Apssgeyser terlebih dahulu agar anda bisa mengambil file Apk game yang sudah anda buat tadi.

9. Selesai sudah.
Pakai Quickappninja
Selanjutnya anda bisa membuat game sendiri yaitu melalui aplikasi Quickappninja. Cara untuk membuat game Android ini yaitu pertama anda harus mendaftar terlebih dulu pada situs tersebut. Dalam situs ini telah tersedia 5 jenis game yang bisa anda pilih.

5 jenis game yang tersedia itu diantaranya yaitu menebak gambar, menebak gambar dengan kata, menebak gambar dengan puzzle gambar, merangkai kata-kata dan yang terakhir yaitu game chat history. Cara mudah untuk membuat game Android ini akan kita ambil contoh yaitu membuat games menebak gambar dengan kata.

1. Pertama anda Klik pilihan games. Disini sebagai contoh akan memilih Guess the Picture atau game menebak gambar dengan kata.

2. Kemudian akan muncul tampilan mengedit content dan juga warna game. Beberapa hal yang perlu diedit seperti icon game, tema game, isi quiz dalam game, suara game, menu game dan yang lain-lain. Anda hanya tinggal pilih sesuai dengan keinginan.

3. Lalu anda akan diminta untuk mengatur source game. Anda tinggal mengisi nama game, email, ketentuan dan juga amount of letters.

4. Setelah semua langkah telah selesai, selanjutnya klik Generate Game yang berada di bagian pojok kanan. Anda  tinggal menunggu  sebelum game bisa didownload dan kemudian diupload ke Google Play Store.

5. Selesai sudah.

Pada website ini anda bisa menghasilkan uang dari game yang telah anda buat. Syaratnya setelah anda selesai mengatur source games, anda kemudian pilih Monetization, akan tetapi sebelumnya anda haruslah memiliki akun di Google AdMob (layanan iklan dari Google).
Tips dalam membuat game android.
Dari beberapa contoh cara-cara untuk membuat game Android diatas dapat anda tiru dengan mudah. Membuat game sendiri ternyata taklah harus memerlukan skill coding tinggi seperti anggapan dari orang banyak. Bahkan anda bisa juga menghasilkan uang dari hasil game yang telah anda buat sendiri jika dimasukkan ke dalam Google Play Store.

Beberapa situs pembuat game bisa anda dapatkan dengan mudah di internet. Situs-situs terbaik untuk membuat game sendiri diantaranya yaitu Contruct 2 yang merupakan software terbaik yang direkomendasikan untuk anda yang tak bisa menggunakan dengan system coding. Kemudian GameMaker Studio juga merupakan situs cara membuat game Android dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.

Selain itu,Unity sebagai software pembuat game Android pun bisa juga anda coba. Dengan software ini bisa membuat game berbasis 3D dengan mudah, game 2D pun bisa. Software ini pun bisa secara gratis anda gunakan. Selain itu Godot Game Engine juga perlu anda coba. 

Untuk Unreal Engine 4 adalah software pembuat game Android yang cukup rumit digunakan. Mungkin untuk pemula agak sedikit kesulitan dalam menggunakan software ini. Di software ini anda bisa membuat game virtual reality, edukasi, arsitektur dan juga film.

Itulah diatas cara untuk membuat game Android yang bisa anda tiru dan beberapa contoh software pembuat game sendiri bagi anda yang masih minim pengetahuan tentang system coding. 

Semoga artikel cara mudah untuk membuat game Android diatas bisa memberi anda inspirasi dan memberikan referensi buat anda yang ingin mencoba untuk membuat game sendiri.

Selain anda menjadi penikmat game online, maka tak ada salahnya anda mencoba membuat untuk game sendiri dan kemudian bisa diupload kedalam Google Play Store. 

0 Response to "Cara Mudah Bikin Game Android Sendiri"

Post a Comment