Seputar informasi teknologi internet dan Android

Harus Hati-Hati, Kian Marak Penipuan Uang Melalui WhatsApp

blogger templates

Harus Hati-Hati, Kian Marak Penipuan Uang Melalui WhatsApp


Belum lama ini pengguna aplikasi WhatsApp diperingatkan akan adanya aktivitas penipuan berbahaya yang mengatasnamakan sebagai teman kontak WhatsApp .

Modusnya, yaitu si penipu akan membajak akun salah satu pengguna WhatsApp yang kemudian dipakai menipu untuk mendapatkan banyak uang dari teman-teman yang ada di daftar kontak.

Hal tersebut telah menjadi fokus utama di Inggris. Pasalnya, menurut informasi data keamanan siber yang berasal dari firma keamanan siber McAfee, sebanyak 46 persen orang Inggris telah menjadi korban peretasan. Yang berimbas uang milik mereka pun jadi ikut melayang.

Seperti yang dikutip dari laman The Sun, pada Jumat (8/2/2019), rata-tara orang Inggris bisa ter kena tipu sampai dengan 725 poundsterling atau setara dengan Rp 13,1 jutaan. Uang itu diberikan cuma-cuma kepada si penipu.

Kenyataannya aplikasi populer seperti WhatsApp pun ternyata masih jauh dari kata aman. Buktinya, masih adanya penipu yang bisa membobol akun milik pengguna nya kemudian mereka memakai profil WhatsApp korbannya untuk menjerat teman-teman mereka yang ada di dalam daftar kontak.

Setelah mendaftar dengan menggunakan nomor telepon milik sikorban, maka penipu akan berpura-pura menjadi teman korban kemudian mereka meminta pemilik nomor yang diincar untuk mengirimkan kode verifikasi WhatsApp mereka.

Kode ini merupakan angka yang diterima ketika seseorang mencoba untuk mendaftarkan akun WhatsApp.

Bagi pihak WhatsApp, ini merupakan metode verifikasi yang menyatakan jika pemegang nomor merupakan orang yang akan masuk ke nomor tersebut, bukanlah si penipu.

Dan ketika kode tersebut diberikan, maka kemudian sipenipu pun bisa dengan leluasa mendapatkan akun WhatsApp.
Akun WhatsApp Digunakan untuk Menipu
Ketika hacker  telah mengambil alih akun WhatsApp seseorang, maka mereka bisa menggunakan profil WhatsApp sikorban untuk digunakan menipu teman-teman ataupun keluarga yang masuk kedalam daftar kontak.
Para penipu bisa meminta kepada teman-teman ataupun kepada anggota keluarga korban untuk mengirimkan sejumlah uang. Akibatnya, teman-teman dan keluarganya pun ikut menjadi korban.

The Strait Times dalam sebuah laporannya menyebutkan, jika di Singapura, sudah ada 10 orang yang telah menjadi korban.

Oleh karena itu ketika pengguna WhatsApp mendapatkan kode verifikasi, janganlah panik dulu. Cara mengamankannya yaitu dengan tidak memberikan kode yang diterima tersebut kepada pihak manapun juga.
Apa Kata WhatsApp



"Kemungkinan besar Anda mendapatkan kode verifikasi itu karena seseorang telah memasukkan nomor telepon Anda ketika mereka mendaftar di akun WhatsApp," ungkap WhatsApp.

WhatsApp juga mengatakan, tanpa adanya kode verifikasi, pengguna yang mencoba masuk tidak akan menyelesaikan proses verifikasi menggunakan WhatsApp mereka dengan memakai nomor telepon milik orang lain.

Chief Scientist McAfee mengungkapkan, "Orang-orang harus selalu waspada jika ada ancaman, terkait dengan berbagai aktivitas online mereka."

Sumber:liputan6.com

0 Response to "Harus Hati-Hati, Kian Marak Penipuan Uang Melalui WhatsApp"

Post a Comment