Seputar informasi teknologi internet dan Android

Arti dari Simbol 4G/3G/H+/H/E/2G/G Pada Sinyal di layar Smartphone Android

blogger templates

Arti dari Simbol 4G/3G/H+/H/E/2G/G  Pada Sinyal di layar Smartphone Android



Bagi Anda pengguna dari perangkat Smartphone Android tentunya telah seringkali melihat tanda sinyal G,E,3G,H,H+ maupun 4G LTE yang muncul pada layar perangkat Android, kadang kala tanda tersebut berubah, akan tetapi apakah anda tahu arti dari masing-masing tanda tersebut  ?Karena pada setiap tanda jaringan tersebut masing-masing memiliki arti dan juga kemampuan tersendiri dalam mengakses data jaringan internet.
Sehingga semakin tinggi sebuah teknologi, seharusnya bisa membuat produktivitas seseorang menjadi lebih praktis dan cepat. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, oleh karena itulah kita harus menyadari bahwa kini perangkat smartphone semakin canggih dan jaringan yang bisa di tangkap pun menjadi semakin mutakhir pula.
Dalam hal ini ada beberapa simbol jaringan yang namanya 2G3GHH+, hingga kini yang sedang populer yaitu jaringan 4G dan LTE.
Namun, sudahkan anda tahu perbedaan dari masing-masing simbol jaringan tersebut? Dan simbol  jaringan apa saja yang sering muncul di atas bar sinyal di perangkat Smartphone anda? Oleh karena itu, melalui artikel berikut ini, akan dijelaskan secara rinci arti dari simbol-simbol tersebut yang muncul di atas signal bar pada setiap perangkat smartphone yang ada.

 

Inilah Arti Dari Simbol yang Sering Muncul di Atas Bar Sinyal Perangkat Android

1. 2G


Sebagai pembahasan pertama kita kali ini, ada jaringan 2G yang dulu pada jamannya menjadi primadona selama  era 90-an hingga sekarang ini. 2G pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dan merupakan teknologi yang menyalurkan layanan data seperti untuk berkirim SMS dan juga MMS. Sinyal dengan kecepatan transfer 50 kbps ini juga telah menjadi yang pertama berwujud digital, dari teknologi yang sebelumnya berupa analog (1G).

2. G

Simbol G yang berarti General Packet Radio Service yang disingkat GPRS . Teknologi ini mulai digunakan secara luas dimulai tahun 2000 dan mendapat nama julukan yang tidak resmi dari masyarakat yaitu 2.5G. Teknologi GPRS menjadi salah satu tonggak dari generasi mutakhir jaringan karena menjadi jaringan pertama yang selalu menyala nonstop tanpa henti.  Namun sayangnya, kecepatannya pun masih dinilai lambat karena jaringan tersebut hanya dapat mengirim data maksimal secepat 114 kbps.

3. E

Jika anda menemukan sebuah huruf di atas signal bar yang bertuliskan E, maka saat itu perangkat smartphone anda sedang berada di dalam jaringan EDGE atau kepanjangan dari Enhanced Data rates for GSM Evolution. Jaringan tersebut mulai digunakan secara luas pada tahun 2003 dan mampu mengirimkan data sampai dengan kecepatan 217 kbps. Uniknya, jaringan tersebut saat ini masih digunakan secara luas di seluruh dunia. Meliputi 604 jaringan EDGE di 213 negara. Nama tak resmi dari jaringan ini sih 2.75G.

4. 3G

Tahukah anda bahwa jaringan yang bernama 3G ini sebenarnya telah tersedia secara komersial di negara lain jauh sebelum bisa kita nikmati di Indonesia? Negara pertama yang mengimplementasikan jaringan 3G ini adalah Jepang pada tahun 2001.
Jaringan mutakhir 3G ini  ialah jaringan pertama yang sanggup untuk mendukung aktivitas mobile internet browsing seperti sekarang ini. Kecepatan maksimalnya mencapai 384 kbps dan ia menggunakan teknologi dasar yang bernama UMTS kepanjangan dari Universal Mobile Telecommunication Service.

5. H


Berikutnya ada jaringan dengan menggunakan simbol H. H ini  yang berarti HSPA atau High Speed Packet Access dan ia telah menggunakan teknologi yang sama dengan jaringan 3G. Kecepatannya menjadi semakin oke lho, sampai dengan 7.2 Mbps. Beruntungnya, teknologi ini juga kini telah diadopsi oleh banyak sekali negara didunia, hingga membuatnya menjadi salah satu jaringan terpopuler di dunia.

6. H+

Selain ada H, anda juga pasti sering menemukan tanda H+ di sudut layar smartphone kan ?. Tanda H ini berarti HSPA+atau kepanjangan dari Evolved High Speed Packet Access. Terdapat lima generasi untuk jaringan ini, yaitu:
  • Release 6: 14.4 Mbps
  • Release 7: 21.1 Mbps
  • Release 8: 42.2 Mbps
  • Release 9: 84.4 Mbps
  • Release 10: 168.8 Mbps
Melihat revisi dan juga fleksibilitas layanannya yang baik, jaringan ini menjadi salah satu alternatif paling mantap sebelum orang-orang merambah kepada teknologi  4G yang masih terbatas dalam hal infrastruktur nya.

7. 4G


Apabila di sudut kanan atas layar perangkat smartphone anda sudah berupa simbol 4G, maka anda kini sudah menjadi pengguna yang bisa menikmati jaringan dengan kecepatan yang paling oke saat ini.  4G untuk pertama kali nya digunakan pada tahun 2009 di Stockholm dan Oslo, barulah setelah itu menyebar ke seluruh dunia. Dan pada akhirnya, teknologi termutahir ini juga dapat kita nikmati di Indonesia.
Seru juga ya melihat perkembangan dari teknologi jaringan yang sangat pesat tersebut dari dulu hingga kini.
Sumber dari laman MakeUseOf

0 Response to "Arti dari Simbol 4G/3G/H+/H/E/2G/G Pada Sinyal di layar Smartphone Android"

Post a Comment