Seputar informasi teknologi internet dan Android

Pakai WiFi atau Mobile Data, Mana yang Lebih Ngebut untuk Internetan?

blogger templates

Pakai WiFi atau Mobile Data, Mana yang Lebih Ngebut untuk Internetan?
Seringkali beberapa pengguna lebih nyaman untuk menggunakan WIFI dibanding mobile data. Sebabnya, kondisi kestabilan jaringan WIFI bisa lebih baik disbanding pada beberapa provider.

Perangkat smartphone pun seringkali mengharuskan penggunaan WiFI untuk keperluan pengunduhan pembaharuan sistem atau untuk mengeunduh file yang berukuran besar.
Pertanyaannya apakah jaringan WiFI sebenarnya lebih cepat dari mobile data jika untuk keperluan internetan?

Ternyata, asumsi bahwa jaringan WiFI selalu lebih kencang salah. Kebanyakan beberapa tempat di dunia, bahkan di negara-negara berkembang, lebih mengandalkan konektivitas jaringan mobile data ketimbang memakai WiFI.

Seperti dikutip laman The Verge dari Open Signal mengenai kecepatan WiFI dan internet mobile di 80 negara, disebutkan bahwa 33 negara sinyal internet mobile-nya lebih cepat dibandingkan WiFI. Angka ini termasuk dibeberapa negara maju seperti Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Prancis.

Menurut hasil studi tersebut, rata-rata ada perbedaan kecepatan sebesar 10-13 MBps antara penggunaan mobile data dan jaringan WIFI.

Perbedaan kecepatan ini disebabkan aspek seperti pengembangan menara BTS yang lebih baik untuk keperluan wireless broadband, dan sulitnya pemanfaatan broadband internet kabel dan juga ASDL.

Di beberapa negara yang masih memanfaatkan penggunaan 'kabel', seperti negara AS, Singapura, Hong Kong, bahkan di Indonesia, tentu jaringan WiFI masih lebih cepat.

Walau demikian, adanya asumsi bahwa WiFI makin kencang sudah mulai ditinggalkan. 
Pasalnya jika dibandingkan pada tahun-tahun lalu dimana koneksi jaringanmobile-nya masih 2G dan 3G, kini koneksi 4G yang sebentar lagi akan merambah 5G justru akan lebih kencang lagi.
4 Cara Jitu Bikin Ngebut Konektivitas WiFi
Internet di era digital sekarang ini bisa dikatakan sebagai layanan telekomunikasi yang kini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia  terutama pengguna perangkat smartphone.

Selain dengan mengandalkan paket data dari berbagai operator seluler, masih banyak pengguna memanfaatkan jaringan WIFI router di rumah agar dapat terhubung ke jaringan internet.

Sama halnya dengan jaringan seluler operator, konektivitas WiFi juga seringkali mengalami gangguan. Salah satunya adalah konektivitas yang lambat, sehingga dapat mengganggu kegiatan berselancar di dunia maya.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, ada empat cara yang sederhana untuk meningkatkan sinyal WIFI tanpa harus mengunduh aplikasi khusus pada perangkat smartphone. Silahkan anda simak ulasannya dibawah ini :

1. Meletakkan WiFi router di ruang terbuka

Cara pertama yang sebaiknya dilakukan adalah dengan meletakkan WiFi router di tempat terbuka. Hal tersebut diyakini bisa membuat sinyal WiFi bekerja dengan baik.

Jika WIFI router anda diletakkan di tempat yang berdekatan dengan suatu benda seperti tembok, lemari ataupun pintu, maka kemungkinan besar hal tersebut dapat menghambat laju sinyal. Oleh sebab itu, lebih baik anda letakkan perangkat tersebut di tempat terbuka tanpa adanya penghalang di dekatnya.

2. Ganti password WiFi

Penyebab lain dari sinyal WiFi menjadi lemot, kemungkinan karena jaringan anda telah dibobol oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Namun tak perlu khawatir, anda masih tetap bisa mengatasi hal tersebut.

Sebaiknya anda mengganti password WiFi secara berkala dan kemudian melengkapinya dengan keamanan yang lebih tinggi.

3. Periksa casing ponsel

Ternyata Casing ponsel dapat berpengaruh menghambat sinyal WiFi, sehingga dapat membuat laju jaringan ikut pula terhambat. Hal tersebut disebabkan antena WiFi yang terdapat pada perangkat ponsel bisa berada di bagian depan ataupun belakang bodi, sehingga kemungkinan tertutup oleh casing ponsel.

Jika memang casing ponsel anda menutupi antena WiFi, sebaiknya anda buka casingnya agar supaya konektivitas dapat berjalan normal kembali.

4. Hapus jaringan WiFi lain yang tersimpan

Jika anda sering mendatangi suatu tempat yang memiliki layanan WiFi gratis, tentu akan ada banyak data WiFi yang tersimpan pada perangkat anda. Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi kinerja sinyal WiFi pada perangkat ponsel.

Guna mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda hapus daftar WiFi lama yang sudah tidak lagi digunakan pada perangkat smartphone anda. Dengan cara ini akan membuat sinyal WiFi pada perangkat ponsel dapat bekerja dengan lebih baik  lagi.



0 Response to "Pakai WiFi atau Mobile Data, Mana yang Lebih Ngebut untuk Internetan?"

Post a Comment