Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Melakukan Video Call Grup di Instagram

blogger templates

Cara Melakukan Video Call Grup di Instagram
Video Chat Instagram. Dok: Instagram

Instagram sebagai aplikasi berbagi foto dan video baru saja menghadirkan fitur baru yang menarik untuk digunakan, yaitu fitur yang memungkinkan anda melakukan panggilan video di Instagram Direct. Menariknya lagi, anda bukan hanya bisa video chat atau vid eo call dengan satu orang saja, namun bisa juga secara grup.

Uniknya, anda pun tidak diwajibkan untuk memasukkan nomor telepon ke Instagram agar dapat menggunakan fitur ini. Nah, jika anda memang masih bingung bagaimana caranya untuk melakukan video call secara perorangan ataupun secara grup di Instagram, silahkan anda simak cara untuk melakukan video call grup di Instagram berikut ini.

1. Langkah pertama pastikan aplikasi Instagram di smartphone Android atau iOS anda sudah ter-update ke versi terbaru.

2. Jika anda ingin melakukan video call dengan satu orang pengguna saja, cukup anda masuk ke aplikasi Instagram -> lalu Direct (sama seperti cara mengirim pesan) > kemudian anda tekan icon video yang berada di pojok kanan atas. Selanjutnya notifikasi akan masuk ke orang yang anda tuju untuk menjawab panggilan video call anda.

3. Dan yang menariknya lagi, ketika sedang melakukan video call, anda dapat mengecilkan layar video dan kemudian bisa melanjutkan kegiatan lainnya di Instagram, termasuk kegiatan untuk mengirim pesan dan foto melalui menu Direct, menelusuri feed, mengunggah Stories, maupun kegiatan lainnya.

4. Untuk memulai menggunakan video call dengan beberapa orang sekaligus, anda wajib membuat grup chat terlebih dahulu. Cara mudah untuk membuat grup chat Instagram : Pertama anda masuk ke menu Direct > lalu tekan ikon tambah (+) yang ada di pojok kanan atas > selanjutnya  pilih orang-orang yang anda inginkan ada di dalam grup.

5. Setelah grup chat dibuat, maka anda bisa langsung melakukan video call dari dalam grup tersebut. Nantinya, setiap anggota grup bisa bergabung langsung ataupun menyusul kemudian.

Ketika anda ingin keluar meninggalkan video chat, ketuk ikon telepon berwarna merah yang berada di bagian bawah layar. Perlu anda ketahui bahwa saat ini video call secara grup di Instagram sementara hanya bisa diikuti maksimal oleh empat orang saja.
Fitur Stiker Musik di Stories
Fitur Sticker Music di Instagram Stories (Sumber: Tech Crunch)

sebelumnya, Instagram diberitakan tengah menguji coba fitur barunya. Fitur yang dimaksud memungkinkan bagi penggunanya untuk menambahkan musik ke Stories.

Kendati demikian, masih belum jelas musik di Instagram Stories akan ditampilkan dalam bentuk seperti apa.

Kabar uji coba fitur musik di Instagram Stories pertama kali ditemukan oleh Ishan Agarwal di dalam kode Instagram. Fitur tersebut diberi nama "Music Sticker".

Seperti berita yang dikutip dari laman The Next Web, fitur Stiker Musik memungkinkan penggunanya untuk mencari klip musik lalu kemudian dimainkan ke unggahan Stories mereka, dengan demikian para pengikut Instagram anda bisa mendengarkan musik tersebut.

Selain itu pengguna nantinya juga bisa mencari musik di beberapa tab berbeda dengan label Trending, Genre, dan juga Mood.

Saat ini, belum ada kepastian informasi dari mana musik tersebut berasal atau seperti apa bentuknya. Belum jelas apakah stiker musik akan menampilkan bagian dari chorus lagu atau secara keseluruhan.

Dan masih belum diketahui pula apakah penggunanya bisa memilih bagian klip mana yang akan ditampilkan dari sebuah lagu.
Kesepakatan Lisensi
Fitur Polling hadir di Instagram Stories. (Foto: Blog Instagram)

Jika fitur Stiker Musik benar-benar diluncurkan, kemungkinan besar ini karena pihak Facebook selaku perusahaan induk dari Instagram sudah memiliki kesepakatan lisensi dengan beberapa  label musik seperti UMG, Sony, dan Warner Bross.

Sebelumnya, kesepakatan dengan label UMG secara spesifik menyebutkan, musik-musik yang diproduksi oleh mereka bisa digunakan dalam bentuk video ataupun pengalaman sosial lainnya seperti di Facebook, Instagram, dan Oculus.

Sejak beberapa bulan ini, Instagram telah secara aktif menambahkan beberapa fiturnya. Khusus untuk Stories misalnya, Instagram telah menambahkan fitur Type untuk update teks. Selain itu pengguna juga dapat berbagi screenshot dari aplikasi pihak ketiga langsung ke menu Stories.

Selain itu pula Instagram baru-baru ini juga dikabarkan selain akan kebagian fitur group video call, ada pula berbagi foto berlatar belakang bokeh dalam fitur yang bernama Focus di IG Stories, hingga bisa  pula mengikuti tagar.

0 Response to "Cara Melakukan Video Call Grup di Instagram"

Post a Comment