Seputar informasi teknologi internet dan Android

Wow..Makin Digandrungi Anak Muda, Nilai Instagram Tembus Rp 1.420 Triliun

blogger templates

Wow..Makin Digandrungi Anak Muda, Nilai Instagram Tembus Rp 1.420 Triliun

Instagram dan logo terbarunya. (Foto: Instagram)

Instagram sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, terutama adalah kalangan muda sangat menggandrungi media sosial milik Facebook ini.

Selain karena penggunaannya yang cukup mudah, berbagai fitur baru pun selalu diluncurkan oleh Instagram untuk memanjakan para penggunanya, aplikasi berbagi foto dan video ini sukses menggaet peminat dari berbagai kalangan dan usia.

Nilai aset perusahaan media sosial Instagram yang juga milik dari Facebook Inc diperkirakan sudah mencapai USD 100 miliar atau sekitar Rp 1.420 triliun (dengan asumsi kurs Rp 14.204 per dolar Amerika Serikat).

Berdasarkan data  yang diperoleh dari Bloomberg Intelligence, seperti berita yang dikutip dari laman Bloomberg, pada Rabu (27/6/2018), jika perusahaan ini berdiri sendiri maka tingkat pengembalian bisa mencapai 100 kali lipat untuk aplikasi yang telah dibeli oleh Facebook pada tahun 2012 lalu.

Apikasi berbagi foto dan video ini telah mencatatkan satu miliar pengguna aktif bulanannya pada awal Juni akan membantu untuk mendorong pendapatan Instagram melewati nilai USD 10 miliar atau sekitar Rp 141,95 triliun. Hal tersebut berdasarkan analis dari Bloomberg Intelligence yaitu Jitendra Waral dalam laporannya yang dirilis pada Senin 25 Juni 2018.

Instagram telah menarik minat pengguna baru lebih cepat dibandingkan Facebook. Waral mengatakan, pertumbuhan dari pengguna Instagram berada di jalur untuk melebihi pengguna aplikasi ini lebih dari dua miliar dalam waktu lima tahun ke depan.

Walaupun media sosial telah lampaui tonggak sejarah dalam penggunaannya, pengguna Instagram lebih muda dari Facebook sehingga membuatnya menarik bagi para pengiklan. Kemudian tidak seperti layaknya Facebook, Instagram masih terus berkembang di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data dari eMarketers, pendapatan dari Instagram dapat melebihi 16 persen dibandingkan Facebook pada tahun 2019. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari pertumbuhan 10,6 persen pada tahun lalu. Adanya penambahan fitur baru yaitu fitur televisi Instagram atau IGTV pada pekan lalu sebagai upaya dari perusahaan untuk katalisasi pertumbuhan di masa depan.

"Sebagian besar pertumbuhan pendapatan pada tahun 2018 di Instagram masih akan datang dari iklan newsfeednya karena platform televisi masih berkembang,” ucap Jitendra Waral.

Melihat kinerja dari Instagram tersebut masih belum mampu mengangkat saham Facebook. Saham Facebook turun sebesar 3,7 persen menjadi USD 194,23 di bursa saham New York. Pada periode berjalan tahun 2018, saham Facebook telah naik sebesar 10 persen dibandingkan indeks saham S&P 500 naik  sebesar 1,5 persen.

Instagram Kantongi Satu Miliar Pengguna

Update terbaru aplikasi Instagram kini memungkinkan pengguna perangkat iOS untuk membuka dua akun atau lebih tanpa harus logout (Gb: Engadget).

Sebelumnya, Instagram sendiri baru saja mengumumkan telah mengantongi satu miliar pengguna yang berasal dari seluruh dunia.Jumlah ini jelas terbilang sangatlah besar dengan peningkatan yang begitu signifikan, mengingat pada bulan September 2017 lalu mereka masih memiliki 800 juta pengguna aktif.

Dengan demikian, hanya dalam waktu beberapa bulan saja media sosial untuk berbagi foto dan video yang juga milik Facebook ini mampu meraup pertumbuhan sebesar 200 juta pengguna baru. CEO dan juga pendiri Instagram Kevin Systrom pun memberikan tanggapannya mengenai  jumlah pengguna aplikasi Instagram yang sebegitu besar. Menurut Kevin Systrom , pencapaian tersebuti merupakan hal yang sangat menakjubkan.

"Sangat menakjubkan, saya dan Mike ( sesama pendiri Instagram) tidak menyangka hal ini akan terjadi," ujar Kevin dalam perhelatan khusus Instagram yang diadakan pada Rabu pagi tanggal 20 Juni 2018, sebagaimana yang dilansir dari The Verge.

Walau begitu, Kevin Systrom tidak mengungkap alasan terperinci di balik pertumbuhan pesat pengguna baru  Instagram ini. Jika pada tahun lalu, pertumbuhan pengguna baru dipicu adanya peluncuran fitur Instagram Stories.

Bisa jadi, pada pertumbuhan pengguna baru kali ini disebabkan adanya beberapa fitur anyar yang meluncur di Instagram baru-baru ini, seperti kehadiran dari fitur GIF, Emoji Slider, serta fitur polling di Instagram Stories.

0 Response to "Wow..Makin Digandrungi Anak Muda, Nilai Instagram Tembus Rp 1.420 Triliun"

Post a Comment