Seputar informasi teknologi internet dan Android

Sejarah Hadirnya WhatsApp, Pendirinya, dan Perkembangan dari Aplikasi Chat Terpopuler Ini

blogger templates

Sejarah Hadirnya  WhatsApp, Pendirinya, dan Perkembangan dari Aplikasi Chat Terpopuler Ini


Di era digital ini beragam aplikasi pengirim pesan untuk pengguna perangkat ponsel cerdas (smartphone) telah banyak dihadirkan. Aplikasi tersebut hadir guna mempermudah penggunanya untuk bertukar pesan tanpa mengeluakan biaya SMS.


Seperti  aplikasi WhatsApp, yang sampai saat ini paling banyak digunakan tak terkecuali di Indonesia,. Terbukti whatsapp telah menempati peringkat teratas diantara aplikasi jejaring sosial yang paling banyak diuduh.

WhatsApp menggunakan koneksi jaringan internet telepon diantaranya jaringan 4G dan juga Wifi. Dengan berbagai fitur unggulan diantaranya yaitu dapat mengirim menerima pesan, foto, video, maupun pesan suara.

Baca Juga


Sejarah Whatsapp

Seperti yang dilansir dari wikipedia.org WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh dua orang mantan karyawan Yahoo yaitu Brian Acton dan Jan Koum.



Setelah Koum dan Acton meninggalkan perusahaan Yahoo!  yaitu pada September 2007, keduanya lalu pergi ke Amerika Selatan untuk beristirahat dari pekerjaannya. Pada satu waktu, mereka berdua mencoba melamar pekerjaan di Facebook namun keduanya ditolak.

Selama sisa tahun-tahun berikutnya Koum hanya mengandalkan tabungannya sebesar $400.000.

Pada bulan Januari 2009, setelah membeli iPhone dan menyadari akan potensi dari industri aplikasi di App Store, Koum mulai mengunjungi temannya yang bernama Alex Fishman di San Jose Barat di mana ketiganya akan membahas "berstatus di sebelah nama individu orang-orang", tapi hal ini tidak mungkin tanpa pengembang dari iPhone. Fishman lalu menemukan pengembang Rusia di RentACoder.com, yang bernama Igor Solomennikov, dan kemudian memperkenalkannya ke Koum.

Koum menamai aplikasinya ini dengan nama "WhatsApp" agar terdengar seperti "ada apa". Pada 24 Februari 2009, ia kemudian memasukkan WhatsApp Inc. di California.

Namun, karena versi awal dari WhatsApp ini sering jatuh atau macet pada titik tertentu, Koum merasa ingin menyerah saja dan mencari pekerjaan yang baru, di mana Acton kemudian mendorongnya untuk menunggu untuk "beberapa bulan lagi".

Pada bulan Juni 2009, Apple kemudian meluncurkan pemberitahuan push, yang memungkinkan pengguna melakukan ping ketika mereka tidak menggunakan aplikasi. Koum kemudian mengubah WhatsApp sehingga ketika status pengguna berubah maka semua orang di jaringan pengguna akan diberi tahu.

WhatsApp 2.0 Dirilis

WhatsApp 2.0 dirilis dengan komponen pesan dan jumlah pengguna aktif yang tiba-tiba meningkat menjadi 250.000 pengguna. Acton masih menganggur dan mengelola startup barunya, dan ia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan.

Pada Oktober 2009, Acton membujuk lima mantan temannya di Yahoo! untuk berinvestasi sebesar $ 250.000 dalam pendanaan awal, dan Acton menjadi salah satu pendirinya dan kemudian diberi saham. Ia secara resmi bergabung di WhatsApp pada 1 November.

Nomor ponsel sebagai PIN

Berbeda dengan aplikasi BlackBerry Messenger yang menggunakan PIN unik untuk menambahkan daftar teman. Pada aplikasi WhatsApp untuk menambahkan teman, hanya nomor ponsel teman Anda yang diperlukan. Menariknya lagi, Anda tidak perlu untuk menambahkan teman di dalam aplikasi WhatsApp tersebut.

Cukup isi daftar kontak telepon Anda dengan teman Anda beserta nomor teleponnya, dan lakukan sinkronisasi dengan cara menekan tombol segarkan (refresh) di option ketika berada di daftar teman (+). Apabila teman Anda telah terdaftar dengan menggunakan nomor ponselnya tersebut, WhatsApp akan segera mencarinya sendiri dan menampilkan teman Anda langsung di daftar panggilan. Ketika pertama kali menginstallnya, Anda akan memperoleh daftar kontak WhatsApp yang terisi secara otomatis.

WhatsApp langsung mengambil data di kontak telepon dan kemudian melakukan sinkronisasi dengan server. Apabila nomor poselnya teman Anda terdaftar di WhatsApp, maka secara otomatis aplikasi ini akan mengenalnya.

Diluncurkan eksklusif di November 2009

Setelah selama berbulan-bulan pada tahap beta, aplikasi pada akhirnya diluncurkan pada bulan November 2009 secara eksklusif di App Store untuk perangkat iPhone. Koum kemudian menyewa seorang kawannya yang tinggal di Los Angeles, Chris Peiffer, untuk mengembangkan versi BlackBerry, yang dirilis dua bulan kemudian.

Pada Desember 2009, kemampuan untuk mengirim foto telah ditambahkan ke WhatsApp untuk perangkat iPhone. Pada awal 2011, WhatsApp merupakan salah satu dari 20 aplikasi teratas di App Store A.S. Apple.

Pada bulan April 2011, Sequoia Capital menginvestasikan dananya sekitar $ 8 juta untuk lebih dari 15 persen perusahaan, setelah selama berbulan-bulan negosiasi dengan mitra Sequoia, Jim Goetz.
Hingga Februari 2013, WhatsApp mempunyai sekitar 200 juta pengguna aktif dan 50 anggota staf. 
Sequoia kemudian menginvestasikan $ 50 juta lagi, dan WhatsApp menjadi bernilai $ 1,5 miliar.
Dalam posting blog pada Desember 2013, WhatsApp  telah mengklaim bahwa 400 juta pengguna aktif menggunakan layanan aplikasi ini setiap bulan.

Dukungan

Setelah berbulan-bulan pada tahap versi beta, aplikasi ini akhirnya diluncurkan pada November 2009 secara eksklusif di App Store untuk perangkat iPhone.

Pada Januari 2010, dukungan untuk perangkat smartphone BlackBerry ditambahkan, dan kemudian untuk OS Symbian pada bulan Mei 2010 dan untuk OS Android pada bulan Agustus 2010.

Pada Agustus 2011, beta untuk OS non-smartphone Nokia Seri 40 telah ditambahkan. Sebulan kemudian, dukungan untuk Windows Phone telah ditambahkan, diikuti dengan BlackBerry 10 pada bulan Maret 2013.

Pada April 2015, dukungan untuk OS Tizen Samsung telah ditambahkan. Port tidak resmi telah dirilis untuk perangkat Nokia N9 berbasis MeeGo yang disebut Wazapp, serta port untuk perangkat Nokia N900 berbasis Maemo yang disebut Yappari.

Perangkat tertua yang mampu untuk menjalankan aplikasi WhatsApp adalah Nokia N95 berbasis Symbian yang dirilis pada bulan Maret 2007 (yang tidak lagi berfungsi pada bulan Juni 2017).

Pada bulan Agustus 2014, WhatsApp telah merilis pembaruan untuk aplikasi Android-nya, menambahkan dukungan untuk perangkat jam tangan pintar Android Wear.

Pada tanggal 21 Januari 2015, WhatsApp meluncurkan aplikasi WhatsApp Web, klien web yang dapat digunakan melalui browser web yaitu dengan menyinkronkannya dengan koneksi perangkat seluler.

Pada tanggal 26 Februari 2016, WhatsApp telah mengumumkan mereka akan menghentikan dukungannya untuk BlackBerry (termasuk BlackBerry 10), Seri 40, dan Symbian S60, serta versi Android yang lebih lama (2.2), Windows Phone (7.0), dan iOS (6), pada akhir tahun 2016.

Dukungan untuk BlackBerry, Seri 40, dan Symbian sejak saat itu diperpanjang sampai dengan 30 Juni 2017. Pada bulan Juni 2017, dukungan untuk BlackBerry dan Seri 40 sekali lagi diperpanjang hingga akhir tahun 2017, sementara untuk Symbian dijatuhkan.

Dukungan untuk BlackBerry dan versi yang lebih lama (versi 8.0) Windows Phone dan yang lebih lama (versi 6) perangkat iOS dijatuhkan pada 1 Januari 2018, tetapi untuk perangkat Nokia Series 40 diperpanjang lagi, hingga bulan Desember 2018. Pada bulan Juli 2018, diumumkan bahwa WhatsApp akan segera tersedia untuk perangkat ponsel dengan fitur KaiOS.

Fitur lain-lain

Fitur lain yang terdapat di WhatsApp adalah:

1. View Contact: Anda bisa melihat kontak di phonebook, WhatsApp juga muncul sebagai daftar contact di phonebook

2. Avatar: Anda tidak bisa mengganti Avatar secara manual, WhatsApp akan mengambil data avatar dari Profile phonebook. Jika menggunakan sinkronisasi Facebook dengan Phonebook, maka avatar yang muncul adalah avatar dari Facebook.

3. Add conversation shortcut: dapat juga bisa menambahkan shortcut conversation ke homescreen.
4. Email Conversation , dengan fitur ini Anda pun dapat mengirim semua perbincangan melalui email.

5. Copy/Paste: Setiap kalimat perbincangan juga bisa di copy, forward dan delete yaitu dengan cara menekan dan menahan kalimat tersebut dilayar.

6. Smile icon: Fitur untuk menambahkan serunya perbincangan dengan pengguna lain, Anda pun dapat menambahkan emotions dengan banyak pilihan, seperti misalnya: smile emotions, adapula icon-icon seperti cuaca, binatang, tanaman, alat-alat musik, buku, kartu, mobil, bangunan, pesawat dsb.
7. Search : fitur dasar setiap IM, Anda bisa  mencari daftar kontak melalui fitur ini.

8. Call: karena pin dari WhatsApp ini sama dengan nomor ponsel teman, Anda pun bisa melakukan panggilan langsung dari aplikasi WhatsApp ini.

9. WhatsApp Call: Pengguna bisa melakukan panggilan melalui WhatsApp dengan menggunakan koneksi internet.

10. Block: fitur yang digunakan untuk memblok kontak tertentu.

11. Status: seperti kebanyakan fitur IM, Status juga hadir di aplikasi WhatsApp. Namun tidak seperti aplikasi BBM yang menampilkan pembaruan terbaru setiap ada perubahan status dari teman, aplikasi WhatsApp ini hanya menampilkan status di bawah nama teman, mirip dengan di Yahoo Messenger. Anda pun bisa mengganti status yang sudah tersedia di WhatsApp seperti available, busy, at school, dll.

12.Tidak hanya teks: WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim file gambar, video, suara, dan juga lokasi GPS melalui GPS ataupun Google Maps. Media tersebut langsung bisa ditampilkan dan bukan berupa tautan.

13.Terintegrasi ke dalam sistem : WhatsApp, seperti halnya SMS, tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima sebuah pesan. Notifikasi pesan masuk ketika perangkat ponsel sedang mati akan tetap disampaikan jika ponsel sudah kembali hidup.

14. Status Pesan: - Jam Merah penanda untuk proses loading di HP kita - Tanda centang jika pesan telah terkirim ke jaringan - Tanda centang ganda jika pesan telah terkirim ke teman chat. – tanda Silang merah jika pesan gagal terkirim.

15. Broadcats dan Group chat: Broadcast untuk berkirim pesan ke banyak pengguna. Group chat yaitu fitur untuk mengirim pesan ke anggota sesama komunitas.

16. Hemat Bandwidth : Karena aplikasi ini terintegrasi dengan sistem, maka tidak perlu untuk login dan loading contact/avatar, sehingga transaksi data menjadi makin irit. Aplikasi bisa dimatikan, dan hanya aktif  apabila ada pesan masuk, sehingga bisa menghemat penggunaan baterai.

17. Hapus Pesan Ke Semua Orang: Fitur baru ini serupa dengan fitur "Tarik Pesan"-nya pada aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) yang sudah lebih dulu dirilis. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim. Awalnya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna beta, hingga kemudian dirilis secara resmi ke publik.

Whatsapp Berbasis Web untuk Komputer

WhatsApp secara resmi telah mengumumkan peluncuran fitur resmi yang bernama Whatsapp Web pada tanggal 22 Januari 2015. Fitur ini mencoba untuk memfasilitasi penggunaan aplikasi ini untuk pengguna yang berbasis komputer.

Layaknya WhatsApp berbasis telepon seluler, fitur ini pun membutuhkan koneksi internet sebagai sarana penyampaikan informasi. WhatsApp web ini bekerja melalui portal online yang disediakan oleh pengembang yang beralamat di www.web.whatsapp.com. Fitur WhatsApp web ini pada prinsipnya berfungsi guna membuka akun WhatsApp melalui perangkat komputer.

Fitur Whatsapp web ini pada periode awal lebih mudah digunakan melalui aplikasi Chrome yang dikembangkan oleh Google. Sinkronisasi dibutuhkan untuk membuka akun WhatsApp dengan  melalui web ini. Pengembang menyediakan barcode yang perlu dipindai melalui aplikasi WhatsApp mobile. Pemindaian akan secara langsung membuka aplikasi Whatsapp sesuai dengan akun yang berfungsi pada telepon genggam yang digunakan untuk pemindaian.

Percakapan yang terdapat pada aplikasi WhatsApp di perangkat telepon seluler akan turut pula disajikan pada versi web ini. Sinkronisasi akan segera dilakukan secara otomatis jika terjadi perubahan pada salah satu aplikasi yang aktif

Dibeli Facebook

Facebook telah mengumumkan sudah menyepakati persetujuan guna mengakuisisi perusahaan penyedia layanan mobile messaging yaitu WhatsApp, pada Rabu (19/2/2014) lalu.

Facebook sendiri sebenarnya telah memiliki layanan pesan instan sendiri. Lantas, apa alasan dari Facebook hingga bersusah membeli WhatsApp yang mempunyai layanan serupa Messenger dan dengan nilai penbelian yang sangat tinggi.

Facebook Messenger ternyata berjalan tidak seperti yang diharapkan oleh Facebook, terutama dalam hal jumlah penggunanya. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp, layanan mobile messaging paling populer  abad ini telah memiliki 450 juta pengguna di seluruh dunia, dan menurut laporan  terdapat satu juta pengguna baru tiap harinya.

1 Response to "Sejarah Hadirnya WhatsApp, Pendirinya, dan Perkembangan dari Aplikasi Chat Terpopuler Ini"

  1. WhatsApp 2020 is a fantastic method and an excellent application to communicate with family and friends, yet something is why updates are constantly the very same when there are new attributes or emojis? WhatsApp 2020 This is a wonderful application and the application that I use the a lot of. The latest WhatsApp 2020 is an useful application for me. WhatsApp 2020 is an excellent application. WhatsApp 2020 Latest Version Easy to make use of and excellent for sharing your life with friends and family members.

    ReplyDelete