Seputar informasi teknologi internet dan Android

Terkait adanya Spyware yang Menyusup, WhatsApp Imbau Pengguna Untuk Update Aplikasi

blogger templates

Terkait adanya Spyware yang Menyusup, WhatsApp Imbau Pengguna Untuk Update Aplikasi



WhatsApp sebagai aplikasi pengirim pesan terpopuler saat ini menjadi aplikasi pilihan utama bagi para pengguna Smartphone khususnya.

Namun dibalik kepopulerannya ternyata terdapat celah keamanan yang cukup membuat resah para penggunanya, karena terdengar kabar adanya spyware yang berhasil menyusup kedalam aplikasi ini.

Baca Juga

Oleh karena itulah WhatsApp sebagai penyedia layanan pengirim pesan singkat mengingatkan penggunanya agar segera melakukan pembaharuan ke versi yang lebih baru. Seperti yang diberitakan sebelumnya, WhatsApp sedang mengalami kerentanan keamanan di mana untuk panggilan telepon di aplikasi ini ternyata bisa disusupi oleh spyware.

"WhatsApp menyarankan untuk seluruh pengguna agar mengupdate aplikasi dan sistem operasi perangkat ponsel ke versi terbaru, guna menghindari adanya potensi-potensi eksploitasi dan penyusupan data di perangkat mobile," tutur juru bicara WhatsApp seperti yang dilansir dari laman 
detikINET, pada Jumat (17/5/2019).

Namun sejauh ini, juru bicara dari pihak WhatsApp tersebut belum mau memberikan informasi lebih lanjut terkait adanya isu spyware tersebut. Disebutkan bahwa pihak WhatsApp terus melakukan beragam upaya perlindungan terhadap para penggunanya.

"Kami terus bekerja dengan mitra di industri guna memberikan keamanan dan juga perlindungan bagi para pengguna," ucapnya.

Untuk proses update aplikasi pada dasarnya bisa dilakukan seperti biasa, ketika akan melakukan pembaruan aplikasi pada umumnya pada perangkat pengguna. Berikut ini update untuk versi WhatsApp terbaru:

- WhatsApp for Android versi 2.19.134
- WhatsApp Business for Android versi 2.19.44
- WhatsApp for iOS versi 2.19.51
- WhatsApp Business for iOS 2.19.51
- WhatsApp for Windows Phone 2.18.348
- WhatsApp for Tizen 2.18.15

Adanya isu celah keamanan melalui WhatsApp Calls pertama kali dilaporkan oleh media Financial Times. Mereka mengungkapkan bahwa WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel. Spyware itu diduga kuat dibuat oleh perusahaan Israel yang bernama NSO Group. Spyware ini dapat menginvasi telepon WhatsApp pada versi Android dan iOS dan berpotensi untuk meraup data penting pengguna.

Spyware ini bukan hanya bisa menyusupi melalui panggilan telepon via WhatsApp, bahkan walaupun panggilan telepon tersebut tak dijawab oleh pengguna. Dalam sejumlah kasus panggilan yang tak terjawab tersebut bisa hilang dari dalam daftar panggilan sehingga membuat pengguna tidak menyadari adanya panggilan telepon tersebut.

Untuk diketahui Spyware merupakan sebuah software ataupun perangkat lunak yang bertugas untuk memantau dan memata-matai beragam aktivitas penguna internet. Fungsi dari Spyware menjadi negatif jika bisa digunakan untuk melihat dan juga mencuri data pribadi pengguna.


0 Response to "Terkait adanya Spyware yang Menyusup, WhatsApp Imbau Pengguna Untuk Update Aplikasi"

Post a Comment