Seputar informasi teknologi internet dan Android

Siap Meluncur, Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Chat ke Messenger dan Instagram

blogger templates

Siap Meluncur, Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Chat ke Messenger dan Instagram
Sebelumnya telah beredar kabar burung jika Facebook akan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi pesannya. Sekarang, kelihatannya perusahaan benar-benar akan merealisasikan integrasi  beberapa aplikasi tersebut.
Jika benar hal tersebut dilakukan, nantinya pengguna dari aplikasi WhatsApp bakal bisa mengirim pesan ke aplikasi pesan Facebook Messenger dan juga chat DM di Instagram.

Seperti berita yang dikutip dari laman Engadget, pada Selasa (7/5/2019), mengenai perihal integrasi antar aplikasi chatting ini diungkapkan oleh Head of Consumer Messenger Product, Asha Sharma, pada acara gelaran konferensi pengembang Facebook F8 beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga

Dengan integrase antar aplikasi chat ini, menurut Sharma, pengguna akan dapat segera mengirim pesan antar aplikasi chatting milik dari Facebook tersebut. Misalnya pengguna dari aplikasi WhatsApp dapat berkirim pesan ke aplikasi Messenger ataupun Instagram.

Selain itu Sharma mengatakan, interoperabilitas merupakan salah satu dari sekian banyak fitur baru aplikasi Messenger. Kedepannya semua pesan akan dienkripsi end-to-end yang menjadi privasi terbaru dari Facebook.

Sharma mengatakan, pengiriman pesan antar aplikasi tersebut akan bekerja seperti cara yang dilakukan orang ketika membuat panggilan telepon sekarang ini.

Pengguna tidak perlu memperdulikan dengan operator nomor tujuan, namun tetap bisa menelepon mereka yang berbeda operator.
Prinsip Kerja Mirip dengan Telepon Antar Operator
"Katakan saja anda ingin berbicara dengan teman, pesan itupun akan sampai kepadanya tak peduli layanan pesan apapun yang digunakannya," ucap Sharma.

"Kami percaya, orang harus bisa saling berkomunikasi dengan siapa saja, menggunakan (aplikasi) apapun," tutur Sharma.

Namun sayangnya, hingga kini masih belum jelas kapankah pihak Facebook akan merilis integrasi pesan antar aplikasi ini.

Mark Zuckerberg mengatakan, proses integrasi antar ketiga aplikasi pesan kepunyaan Facebook ini bisa memakan waktu yang lama. Bisa saja dalam beberapa bulan mendatang atau malah mungkin tahun depan.
Messenger Kebagian Deretan Fitur Baru
Dalam helaran yang sama, aplikasi Messenger juga disebut-sebut akan kebagian berbagai fitur terbaru. Hal ini seperti yang diumumkan oleh Facebook pada konferensi tahunan Facebook F8 beberapa waktu yang lalu.

Khusus untuk Messenger, Director Messenger Consumer Product Facebook Asha Sharma mengatakan, Facebook bakal mengembangkan komunikasi yang bersifat lebih privat di masa yang akan datang.

"Kami mengumumkan sejumlah produk dan fitur baru yang akan membantu menciptakan ikatan yang lebih dekat antara pengguna satu dengan pengguna lainnya, bisnis, dan juga para pengembang," ucapnya sebagaimana yang dikutip dari Facebook Newsroom, pada Senin (6/5/2019).

1. Lebih Ringan dan Cepat

Beberapa fitur terbaru yang dirilis antara lain adalah aplikasi yang lebih ringan namun cepat. Versi baru Messenger yang lebih cepat sekaligus ringan ini akan diluncurkan pada 2019.

2. Nonton Video Berbarengan

Ke depannya, aplikasi Messenger akan memungkinkan penggunanya untuk menonton video dari Facebook secara bersama-sama dan real-time dengan pengguna lainnya.

3. Aplikasi Messenger untuk Desktop

Pengguna acapkali ingin mengakses aplikasi dari berbagai perangkat. "Kami juga mengumumkan aplikasi Messenger untuk versi desktop. Anda nanti bisa mendownload aplikasi di dekstop baik pada Windows maupun MacOS," pungkas Sharma.

0 Response to "Siap Meluncur, Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Chat ke Messenger dan Instagram"

Post a Comment