Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Jitu Jika Anda Sulit Terkoneksi di WhatsApp Web

blogger templates

Tips Jitu Jika Anda Sulit Terkoneksi di WhatsApp Web


Anda pengguna dari WhatsApp Web yang terkadang mengalami masalah konektivitas atau sulit terkoneksi dengan layanan WhatsApp Web tersebut? Berikut ini bebera hal yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasinya.

Untuk diketahui WhatsApp Web pada dasarnya merupakan "kepanjangan tangan" dari aplikasiWhatsApp.Maka untuk dapat menggunakan WhatsApp Web, pada dasarnya anda harus sudah memiliki akun WhatsApp yang aktif pada perangkat Smartphone.

Bagi sebagian pengguna yang masih awam dengan penggunaan WhatsApp Web, anda tinggal menuju ke web.whatsapp.com di perangkat komputer dan kemudian anda ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan akun WhatsApp di perangkat ponsel dengan men-scan kode QR atau QR Co

Baca Juga

Nah, WhatsApp Web sendiri merupakan penunjang dari aplikasi WhatsApp diperangkat ponsel. Maka untuk masalah konektivitas, baik di perangkat komputer maupun ponsel, merupakan dua alasan utama untuk anda yang mungkin jadi tak bisa mengirim ataupun menerima chat WhatsApp Web.

Berikut di bawah ini informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, merujuk pada laman resmi dari pusat bantuan WhatsApp:

Masalah konektivitas telepon

Seperti yang telah disebutkan di atas, WhatsApp pada dasarnya hanya merupakan penunjang yang harus terhubung ke perangkat ponsel untuk mensinkronisasikan pesan yang anda terima.

Maka apabila perangkat ponsel anda tidak terhubung dengan WhatsApp, maka secara otomatis WhatsApp Web pun menjadi tak bisa digunakan. Sehubungan dengan hal itu, maka langkah pertama yang bisa dicoba untuk mengatasinya di ponsel anda adalah:

Buka WhatsApp pada perangkat ponsel anda dan cobalah untuk mengirim pesan. Jika ternyata ada masalah pada koneksi data internet ditelepon seluler anda, dengan mengaktifkan flight mode untuk kemudian langsung menonaktifkannya lagi terkadang bisa saja membantu untuk mengatasinya. Nah, apabila kemudian pengiriman pesan WhatsApp telah sukses dilakukan di perangkat ponsel, selanjutnya cobalah kembali buka WhatsApp Web di perangkat komputer anda.

Lalu bagaimana kalau ternyata masih saja tak bisa?

"Jika Anda masih mengalami kesulitan mengirim ataupun menerima pesan pada WhatsApp Web, kemungkinan ada masalah koneksi pada komputer Anda," ungkap WhatsApp dalam laman resminya.

Masalah konektivitas komputer

Penggunaan WhatsApp Web bukan hanya bergantung pada koneksi aplikasi WhatsApp di perangkat ponsel anda saja. Namun koneksi jaringan internet yang stabil pun diperlukan pula pada perangkat komputer.

Tanda berupa Bar kuning yang bertuliskan "Komputer Tidak Terhubung" atau "Computer not connected" akan tampil di antarmuka WhatsApp Web pada computer anda jika ada gangguan koneksi.

Maka sehubungan dengan hal itu, langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan mengecek koneksi internet di perangkat computer anda. Setelah itu, cobalah kembali untuk memuat ulang (refresh) halaman yang berisikan WhatsApp Web.

Jika masalah masih saja tetap terjadi, WhatsApp menyarankan anda untuk log out lebih dulu pada sesi WhatsApp Web tersebut. Caranya adalah dengan mengakses bagian titik tiga lalu memilih menu keluar/log out. Selanjutnya, cobalah untuk masuk (log in) kembali.

"Penting untuk diperhatikan: Anda harus menggunakan versi terbaru dari browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge agar bisa menggunakan WhatsApp Web. Untuk browser lainnya, seperti Internet Explorer tidak didukung," tulis WhatsApp.

Masalah pada koneksi Wi-Fi tertentu

Pusat bantuan WhatsApp pun menyatakan adanya kemungkinan akses WhatsApp Web memang diblokir ataupun dibatasi di jaringan Wi-Fi tertentu. Jika memang demikian, begini langkah yang disarankan oleh pihak WhatsApp dan bisa anda coba.

Apabila WhatsApp Web memberitahukan Anda bahwa Anda berada di jaringan yang menghalangi WhatsApp Web untuk bekerja secara normal, mohon anda untuk menanyakan kepada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com, *web.whatsapp,com, dan juga *.whatsapp.net.

0 Response to "Tips Jitu Jika Anda Sulit Terkoneksi di WhatsApp Web"

Post a Comment