Seputar informasi teknologi internet dan Android

Inilah 13 Calon Fitur Baru WhatsApp, Termasuk Hadirnya Iklan

blogger templates

Inilah 13 Calon Fitur Baru WhatsApp, Termasuk Hadirnya Iklan


WhatsApp sebagai aplikasi chat populer abad ini dengan pengguna terbanyak kini terus melakukan pengembangan beragam fitur baru yang di antaranya fitur mode gelap dan akan adanya kehadiran iklan di bagian status. Berikut ini calon dari fitur-fitur baru WhatsApp yang akan segera dluncurkan tersebut.

Sejumlah fitur baru ini sendiri ada yang sudah terkonfirmasi akan segera dirilis dan ada pula fitur yang masih dalam bentuk bocoran setelah diketahui masih dalam masa uji coba atau tes. Berikut ini ke-13  calon fitur itu seperti yang dirangkum dari laman IndianExpress.com.

Baca Juga
1. Iklan WhatsApp di Status

Facebook sebagai pemilik dari WhatsApp memang sudah mengonfirmasi jika iklan akan segera masuk di WhatsApp pada 2020 mendatang, tepatnya iklan akan muncul di bagian WhatsApp stories sebagaimana iklan juga muncul pada Instagram Stories. Kehadiran iklan tersebut terindikasi akan menjadi penghasil uang utama bagi layanan pesan instan ini.


2. Dark Mode

Diketahui telah beberapa waktu pihak WhatsApp menggarap fitur mode gelap yang diperuntukkan perangkat berbasis Android dan iOS. Menurut laporan yang diperoleh dari WABetaInfo, besar kemungkinan dark mode akan segera disebar bagi para pengguna perangkat berbasis Android.

3. Share Status WhatsApp ke Facebook Story

Adanya laporan yang menyatakan jika WhatsApp sedang menguji kemungkinan untuk ditambahkannya Status WhatsApp ke Facebook Story dalam update beta untuk Android. Kedepannya akan adanya tombol baru yaitu 'Add to Facebook Story' agar pengguna bisa posting status WhatsApp nya ke Facebook Story.

4. Share kontak via kode QR

Untuk fitur 'share contact via QR Code' ini telah terpantau masuk ke versi beta. Melalui fitur ini, pengguna aplikasi WhatsApp bisa menghasilkan kode QR yang berisikan rincian kontaknya. Kode tersebut kemudian dapat dibagi dalam bentuk terenkripsi, serupa dengan fitur yang ada di Instagram.

5. Browsing dalam aplikasi (in-app browsing)

Kembali menurut laporan dari WABetaInfo, fitur ini nantinya akan memungkinkan tautan (link) yang ada dalam chat WhatsApp akan bisa langsung dibuka dalam aplikasi itu sendiri, alih-alih terbuka pada browser default perangkat smartphone.

6. Penelusuran gambar (Reverse Image search)

Melalui fitur ini, pengguna yang menerima kiriman sebuah gambar dapat lebih jauh untuk menelusuri keotentikannya dengan cara meng-upload ke Google (search by image). Browser dalam aplikasi WhatsApp, pada poin diatas ,kemudian akan terbuka guna memperlihatkan hasil pencarian gambar yang telah di upload tadi.

7. Pengaturan privasi grup
Dengan fitur ini pengguna WhatsApp nantinya takkan lagi bisa sembarangan diundang masuk grup karena adanya pengaturan lebih jauh terkait undangan untuk masuk grup. Pilihan "nobody" akan membuat pengguna akan terlebih dahulu menerima link undangan dari siapa pun yang mau memasukkannya ke grup chat WA.
8. Informasi chat yang sering dijadikan pesan terusan
Adanya label mengenai pesan terusan atau forward chat ini juga menjadi salah satu cara bagi WhatsApp untuk membendung peredaran hoax di platform-nya. Nantinya, sebuah chat yang sering di-forward pengguna akan dilabeli dengan "frequently forwarded message".
9. Admin grup batasi chat yang sering dijadikan pesan terusan
Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa membuat admin sebuah grup dapat membatasi chat yang sudah terlalu sering di-forward. Dengan fitur ini juga menjadi salah satu cara bagi WhatsApp guna meredam sirkulasi hoax.
10. Katalog WhatsApp business
Pada konferensi Facebook F8, telah diumumkan bahwa WhatsApp akan memiliki fitur katalog bisnis baru, yang bisa diakses melalui aplikasi WhatsApp business. Dalam sebuah acara Facebook Marketing Summit yang deselenggarakan baru-baru ini, telah diumumkan pula bahwa katalog produk WhatsApp akan diintegrasikan dengan katalog Facebook Business Manager yang telah ada saat ini.
11. Otentikasi sidik jari dan blok screenshot pada chat
Untuk saat ini otentikasi sidik jari telah disebar WhatsApp ke pengguna iOS dan kini tengah menguji pula fitur serupa untuk perangkat Android. Secara bersamaan pula WhatsApp pun tengah menguji fitur lain yang dapat memblok pengguna untuk melakukan tangkapan layar (screenshot) ketika otentikasi sidik jari aktif.
12. Doodle UI dan emoji baru di status
WhatsApp akan segera memperkenalkan Doodle UI ke aplikasinya untuk membagikan media. Stiker akan dibagi kedalam kelompok menurut "favorit" dan "kategori" sehingga pengguna dapat mencari stiker yang diinginkannya dengan mudah. Selain itu ada pula fitur pencarian stiker. Antarmuka ini juga membuat pengguna bisa meletakkan stiker di atas foto, video, dan juga GIF. WhatsApp juga sedang menguji fitur emoji baru untuk bagian status. Emoji tersebut akan segera menggantikan emoji yang ada saat ini.
13. Preview stiker di notifikasi
Melalui fitur "Sticker Notification Preview", pengguna WhatsApp nantinya tak harus lagi membuka layar chat guna melihat kiriman stiker untuk dirinya. Stiker itu juga akan bisa diintip melalui notifikasi sebagaimana halnya pesan teks ataupun emoji. Saat ini layar notifikasi akan memperlihatkan tulisan stiker di notifikasi ketika pengguna mendapat kiriman stiker di chat maupun grup.

0 Response to "Inilah 13 Calon Fitur Baru WhatsApp, Termasuk Hadirnya Iklan"

Post a Comment