Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Cara Unik Ubah Smartphone Lama anda Jadi Barang Elektronik Fungsional

blogger templates

5 Cara Unik Ubah Smartphone Lama anda Jadi Barang Elektronik Fungsional
Tak bisa kita pungkiri jika setiap tahun hampir bisa dipastikan akan selalu ada model perangkat Smartphone dengan teknologi terkini yang meluncur di pasaran.

Oleh karena itulah, menjadi hal yang lumrah jika seseorang menjadi semakin mudah berganti Smartphone, terutama untuk mereka yang selalu mengikuti berbagai tren teknologi terkini utamanya pada perangkat Smartphone.

Namun, kadang kala setelah mendapatkan perangkat smartphone model terbaru, tidak jarang sebagian pengguna bingung menentukan apa yang harus dilakukan untuk perangkat Smartphone lama nya.

Walaupun ada beberapa opsi yang bisa diambil, entah dengan menjualnya atau diberikan pada orang lain, atau mungkin juga dengan mendaur ulangnya.
Ketiga opsi itu merupakan sesuatu yang paling wajar dilakukan terutama ketika seseorang telah mendapatkan perangkat smartphone baru nya. Namun siapa sangka, dengan sedikit trik,perangkat Smartphone lawas anda sebenarnya masih bisa diubah menjadi berbagai peralatan elektronik yang bermanfaat.

Hal itu dimungkinkan karena perangkat smartphone pada dasarnya merupakan sebuah perangkat komputer sederhana yang dibekali dengan kamera, sehingga hal tersebut membuat pengguna nya bisa memanfaatkannya untuk berbagai fungsi lainnya.

Melalui trik yang akan disampaikan ini, maka pengguna juga bisa menghemat dana dibandingkan untuk membeli perangkat elektronik yang baru terutama Smartphone.

Oleh sebab itulah, guna mengetahui lebih jelas cara untuk mengubah smartphone lawas jadi peralatan fungsional, anda bisa simak tips singkat yang dikutip dari laman CNET, pada Sabtu (4/5/2019), berikut ini.

1. Mengubah smartphone Android-mu menjadi Google Home

Untuk mengubah perangkat smartphone Android lawas anda menjadi Google Home bukanlah hal yang sulit. Anda tidak perlu untuk mengunduh aplikasi tambahan, karena memang fitur Google Assistant telah tersedia di perangkat smartphone Android.

Jadi, anda tinggal memastikan apakah perangkat Smartphone Android anda sudah menggunakan versi terbaru kemudian hubungkan dengan speaker bluetooth. Selanjutnya anda tinggal mengucapkan 'OK, Google' dan memberikan perintah suara saja.

Nantinya, seluruh hasil perintah tadi akan diberikan langsung melalui speaker tersebut dan anda sudah mendapatkan fitur Google Home versi sederhana. 
2. Buat Smartphone-mu Sebagai Kamera Keamanan
Opsi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah smartphone anda menjadi sebuah kamera keamanan. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kamera keamanan, seperti aplikasi Alfred untuk memulainya.

Setelah itu, carilah lokasi paling strategis untuk meletakkan perangkat smartphone anda dan pastikan perangkat tersebut mampu memantau wilayah sekitar. Terakhir, anda dapat memantau kondisi sekitar dari perangkat “baru”.

3. Manfaatkan Sebagai Baby Monitor

Cara lainnya yang bisa anda lakukan dengan smartphone lawas adalah dengan menjadi baby monitor. Anda hanya cukup menyetelnya di kamar bayi dan bisa langsung mengaksesnya dari perangkat smartphone anyar.

Untuk bisa melakukannya, anda tinggal memasang aplikasi tambahan, seperti Dormi ataupun Cloud Baby Monitor. Opsi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang aplikasi video call  pada masing-masing perangkat tersebut.
4. Manfaatkan Smartphone Lawas Jadi Mouse Nirkabel
Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari perangkat  smartphone lawas adalah dengan membuatnya menjadi perangkat mouse nirkabel. Sama seperti trik sebelumnya, anda hanya tinggal memasang aplikasi seperti Remote Mouse yang tersedia di toko aplikasi play Store untuk perangkat iPhone dan Android.

Namun perlu untuk diketahui, perangkat smartphone lama anda harus tersambung lebih dulu dengan jaringan wi-fi yang sama dengan perangkat komputer atau laptop. Setelahnya, anda tinggal membawa smartphone lawas tersebut kemana-mana.

5. Pakai Smartphone Lawasmu sebagai Pemutar Musik

Cara lainnya untuk mengubah smartphone lawas menjadi pemutar musik adalah dengan cara menghapus seluruh data yang ada di dalamnya. Kemudian, pasang aplikasi untuk pemutar musik atau file musik favorit .

Jika anda pengguna premium dari aplikasi streaming musik, anda bisa mengunduh sebanyak-banyaknya dan kemudian membuat koleksi lagu sendiri.

Saat ingin memperdengarkannya ke lebih banyak orang, anda hanya cukup menghubungkan perangkat itu ke speaker.

Selamat mencoba  beberapa trik sederhana diatas.


0 Response to "5 Cara Unik Ubah Smartphone Lama anda Jadi Barang Elektronik Fungsional"

Post a Comment