Seputar informasi teknologi internet dan Android

15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

blogger templates

15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya



WhatsApp adalah aplikasi chating yang sangat populer di era digital ini terutama di kalangan pengguna android. Oleh karena itu tidaklah heran jika aplikasi WhatsApp ini banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel pintar di dunia.

Karena begitu banyaknya pengguna aplikasi WhatsApp maka pengguna yang baru memiliki ponsel pintar pun ingin menggunakan WhatsApp sebagai suatu media komunikasi yang murah dan juga mudah. Oleh karena banyaknya pengguna WhatsApp, sebagian dari pengguna dari aplikasi WhatsApp terkadang mengalami masalah yang belum pernah mereka temui sebelumnya.

Beragam masalah yang akan pengguna dapatkan jika telah menginstall aplikasi ini baik itu karena aplikasi WhatsApp sendiri yang mengalami eror atau dari perangkat ponsel yang di gunakan. Berikut  ini ada 15 masalah whatsapp yang sering terjadi di aplikasi WhatsApp dan cara untuk mengatasinya.

Baca Juga 

15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara untuk Mengatasinya

Berikut ini 15 masalah whatsapp dan cara untuk mengatasinya dalam berbagai kasus masalah yang sering ditemui ketika menggunakan aplikasi whatsapp.

1. Tidak Dapat Menginstall WhatsApp

Sebagian pengguna tidak bisa menginstall aplikasi WhatsApp dan sebagian pengguna yang lain dapat menginstallnya dengan mudah tanpa menemui kendala.

Cara mengatasi masalah ketika tidak dapat menginstall whatsapp adalah cobalah anda periksa perangkat smartphone anda apakah smartphone yang anda memiliki spesifikasi yang disarankan untuk dapat menginstall aplikasi WhatsApp. Jika perangkat smartphone anda dibawah spesifikasi yang disarankan maka kemungkinan besar tidak dapat menginstall aplikasi whatsapp ini.

2. Install WhatsApp Di Tablet

Jika anda memiliki perangkat tablet yang sedang terkoneksi di wifi dan ingin menginstall aplikasi WhatsApp maka anda akan mendapatkan kendala disini karena pada dasarnya untuk menginstall aplikasi WhatsApp di tablet anda harus menggunakan kartu sim dan nomor hp untuk mendaftarkannya.

Cara untuk mengatasinya adalah anda harus mendownload aplikasi WhatsApp melalui situs resminya bukan di play store. Setelah aplikasi whatsapp di download kemudian anda Install dan memasukkan nomor hp yang sebelumnya sudah anda aktifkan.

3. Aplikasi WhatsApp Tidak Terhubung

Jika anda ingin menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menghubungi seseorang dengan menggunakan jaringan internet namun aplikasi WhatsApp tidak terhubung ke jaringan internet maka anda harus mencoba memeriksa jaringannya.

Cara untuk mengatasi whatsapp yang tidak terhubung adalah coba cek jaringan anda apakah menggunakan wifi atau jaringan 3G. Atau yang paling ekstrim yang bisa anda lakukan adalah dengan menguninstall aplikasi WhatsApp kemudian anda install ulang aplikasi versi terbarunya.

4. Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Terdapat beberapa masalah mengapa kontak WhatsApp yang anda masukkan tidak bisa terlihat. Cobalah anda cek nomornya guna memastikan.

Cara untuk mengatasi kontak whatsapp yang tidak muncul adalah anda pastikan nomor yang anda masukkan sudah benar dan anda harus memastikan pula nomor yang anda masukkan digunakan untuk mendaftar pada aplikasi WhatsApp.

5. Menambahkan Kontak Internasional Di WhatsApp

Sebagian dari anda mungkin ingin menambahkan kontak orang dari luar negeri mungkin karena sebelumnya anda sudah pernah bertemu dan ingin terus menjalin komunikasi dengan kenalan anda, kemudian meminta nomor ponselnya untuk ditambahkan di kontak WhatsApp anda, kemudian apa yang terjadi. Kontak tersebut tidak bisa menemukan akun WhatsApp yang anda cari.

Cara untuk mengatasinya adalah cobalah anda periksa code negaranya seperti contoh apakah berasal dari negara australia atau jepang. Jika berasal dari Australia maka anda harus menggunakan code (+61), untuk negara Jepang menggunakan kode (+81) dan begitu juga sebaliknya apabila ada orang dari luar negeri yang ingin menambahkan anda kedalam kontak whatsapp nya maka mereka pun harus menggunakan code dari negara kita.

6. Memblokir Kontak Di WhatsApp

Sebagian dari pengguna aplikasi WhatsApp yang baru tidak bisa memblokir kontak WhatsApp yang dianggapnya sangat mengganggu sekali.

Cara  untuk mengatasinya adalah anda hanya cukup menambahkan kontak yang ingin anda blacklist sehingga dengan begitu anda tidak akan pernah bisa menerima pesan dari kontak yang sudah anda blokir tersebut.

7. Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi

Ketika anda sedang menginstall plikasi WhatsApp biasanya akan berjalan dengan lancar, akan tetapi anda mendapatkan kendala ketika ingin mendapatkan kode aktivasi.

Cara untuk mengatasi tidak mendapat kode aktivasi di whatsapp adalah coba anda pastikan bahwa nomor yang anda masukkan sudah benar, jika memang anda sudah memastikan hal itu benar silahkan anda meminta program untuk mengirim ulang kembali kode aktivasi. Selain itu Anda juga dapat menggunakan pesan suara guna mendapatkan kode aktivasi.

8. Tak Bisa Putar Video Karena Error

Jika anda mengalami hal seperti ini anda dapat mencegahnya terjadi kembali.  Yaitu Anda harus memastikan bahwa google photos telah di up-to date.

Cara mengatasi masalah tidak bisa putar video di whatsapp adalah silahkan anda buka play store pada perangkat smartphone, kemudian anda tekan tombol menu yang ada di kanan atas pada My apps & games maka akan terlihat apakah google photos ada di bagian atas, selanjutnya silahkan anda tunggu pembaruan yang sedang berlangsung.

9. Panggilan WhatsApp Bermasalah

Biasanya hal seperti ini sering terjadi karena adanya masalah jaringan didaerah tempat tinggal anda. Anda dapat mengatasi masalah ini yaitu dengan cara berikut.

Pastikan sinyal jaringan internet di daerah anda bagus, jika anda menggunakan jaringan data pastikan anda menggunakan koneksi 3G. Jika cara ini belum juga membantu silahkan anda matikan koneksi jaringan anda lalu coba anda hidupkan kembali.

10. Masalah Audio Pada WhatsApp

Masalah ini bisa saja terjadi terutama jika anda tidak terlalu memahami apa yang harus anda lakukan. Jika masalah pada audio anda buruk cobalah untuk lebih dekat meletakkan perangkat ponsel anda di telinga. Karena jika semakin menjauh dari sumber suara maka kemungkinan besar audio akan menjadi sangat pelan.

11. Tak Dapat Unduh Foto Atau Video

Sebagian dari pengguna aplikasi ini biasanya mendapatkan masalah ketika ingin mengunduh foto ataupun video yang mereka senangi.

Cara mengatasi masalah tidak dapat mengunduh foto atau video di whatsapp adalah silahkan anda masuk ke menu setting kemudian anda pilih menu data usage. Coba anda perhatikan apakah anda sedang mengaktifkan fitur auto update atau tidak. Jika memang iya silahkan anda matikan agar kecepatan jaringan internet anda bisa sepenuhnya untuk mengunduh foto ataupun video yang anda inginkan.

12. Tidak Bisa Mentrasfer Foto Ke Kontak Lain

Untuk bisa mentrasfer foto ke kontak lain caranya anda harus menekan agak lama foto yang hendak anda bagikan kemudian pada bagian kanan atas laman anda bisa gunakan panah untuk membagikan foto yang dipilih. Selanjutnya anda tekan tanda panah tersebut kemudian anda tinggal pilih kontak mana yang akan anda kirimi foto.

13. Ponsel Hilang

Jika memang masalahnya sudah ekstrim seperti ini maka langkah yang anda harus lakukan yaitu dengan mengunci sim anda.  Maka akun WhatsApp yang sebelumnya digunakan oleh anda tidak akan aktif lagi jika anda menggunakan nomor yang sama.

14. Tidak Dapat Melihat Gambar

Jika anda sedang membuka WhatsApp namun masalahnya tidak dapat melihat gambar maka kemungkinan besar bermasalah pada jaringan anda.

Solusinya adalah anda harus mencari tempat yang dapat meningkatkan jaringan anda menjadi lebih kuat atau anda bisa mencoba beberapa sat untuk membuka WhatsApp jika memang operator jaringan anda yang mengalami sedikit masalah.

15. Beberapa Fitur WhatsApp Error

Jika akun WhatsApp yang anda gunakan mengalami banyak kendala ataupun error yang tidak jelas maka solusi yang paling tepat adalah anda haruslah menginstall aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Cara untuk mengatasi fitur whatsapp yang mengalami error adalah dengan uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat ponsel anda lalu selanjutnya anda install aplikasi WhatsApp kembali.

Itulah ulasan mengenai 15 masalah WhatsApp yang sering terjadi dan cara untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang aplikasi WhatsApp sehingga jika menemui masalah tersebut anda dapat mengatasinya sendiri dengan segera.

0 Response to "15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Ampuh Untuk Mengatasinya"

Post a Comment