Seputar informasi teknologi internet dan Android

Simak 5 Aplikasi yang Beresiko Membahayakan Smartphone

blogger templates
Simak 5 Aplikasi yang Beresiko Membahayakan Smartphone



Di era digital sekarang ini penggunaan Smartphone dengan system operasi Android memang tak bisa dipungkiri kini sedang menguasai pasar dunia, apalagi ditambah dengan bermunculan beragam perangkat smartphone dengan berbagai fitur yang menarik.

Memang tak seperti sistem operasi lainnya, Android memberikan penggunanya keleluasaan untuk 'mengoprek' OS agar dapat sesuai dengan keinginan dari masing-masing penggunanya.

Selain dengan cara me-root smartphone, banyak pengguna android mengustomisasi perangkatnya agar dapat  terlihat berbeda dari perangkat yang lain, ataupun dengan menginstal berbagai aplikasi yang diinginkan.

Akan tetapi, anda harus lebih berhati-hati dalam menginstal maupun menggunakan beragam aplikasi Android.

Karena ternyata ada beberapa aplikasi berbahaya di Android ini yang bisa saja mengancam keamanan dan juga privasi anda.

Dan yang mencengangkan, aplikasi tersebut ternyata bukan hanya disedikan oleh pihak ketiga, akan tetapi juga semakin tumbuh subur di Google Play Store. Karena jika tidak hati-hati, anda akan berpotensi menjadi korban pencurian data.

Berikut dibawah ini adalah 5 jenis aplikasi berbahaya bagi perangkat smartphone Android anda.

1. Aplikasi Penghemat Baterai

Berapa banyak dari anda yang menggunakan aplikasi penghemat baterai di perangkat Android?
Aplikasi ini dipercaya beberapa penggunanya ampuh guna memperlama daya tahan baterai pada perangkat smartphone.  Namun ternyata, aplikasi ini tidak memberikan efek yang siginifikan terhadap masa pakai pada baterai.

Bahkan, beberapa penggunanya banyak yang mengeluhkan aplikasi yang bercokol di Google Play Store ini justru membuat perangkat smartphone nya menjadi lebih panas.

2. Aplikasi Gratisan

Google Play Instant, fitur terbaru dari Google yang memungkinkan pengguna Android menjajal gim mobile sebelum mengunduh dan menginstalnya di perangkat.

Sebaiknya anda jangan pernah tergiur dengan iming-iming dari aplikasi gratisan. Apalagi, aplikasi gratis tersebut ternyata berasal dari sumber tidak resmi dan tidak bisa dipercaya di luar  Google Play Store.

Sebagian besar aplikasi yang sudah di-crack ini ada kemungkinan sudah terinfeksi malware yang siap untuk menyerang system pada perangkat android anda.

Pastikan aplikasi yang ingin anda unduh dan instal  ke perangkat Android telah dikembangkan oleh perusahaan yang jelas, dan sebaiknya jangan tergiur oleh iming-iming aplikasi gratis.

3. Aplikasi Cuaca

Selain aplikasi untuk menghemat daya baterai, banyak dari pengguna perangkat Android yang mengunduh dan menginstal aplikasi cuaca ke dalam perangkatnya.

Padahal, Android sendiri telah menyediakan aplikasi cuaca bawaan yang bahkan lebih terpercaya jika dibandingkan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan yang lain.

Selain itu aplikasi serupa membutuhkan informasi lokasi dari perangkat Android agar lebih akurat.
Dan ternyata, pernah terjadi kasus yang membawa ke ranah hukum aplikasi berbahaya Android ini karena terkait dengan pencurian data dari penggunanya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan layanan Google Assistant guna mengetahui informasi cuaca.

4. Aplikasi Pembersih

Gambar Ilustrasi aplikasi untuk membersihkan RAM (Foto:Pricebook.co.id)

Banyak dari pengguna Android  yang tertipu akan kehadiran dari aplikasi pembersih yang ada di perangkat smartphone Android.

Memang, aplikasi ini cukup membantu untuk membersihkan hal-hal yang tidak berguna di dalam sistem operasi Android smartphone anda.

Akan tetapi, daripada anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak bisa dipercaya, Google sudah menyertakan aplikasi pembersih bawaan pada system operasi Android yang lebih mumpuni.

5. Aplikasi Pinjaman Uang

Terbaru dan yang sedang tren adalah aplikasi pinjaman uang di perangkat smartphone Android yang dapat membaca kontak sampai dengan berbagai aktivitas anda.

Aplikasi berbahaya tersebut bisa langsung mengirimkan pesan melalui SMS dan aplikasi olah pesan pada kontak yang disimpan di perangkat smartphone pengguna nya.

Cara kerja dari aplikasi tersebut adalah melalui permission yang harus anda aktifkan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi pinjaman uang yang tergolong berbahaya ini.

Oleh karenanya jika anda meng-instal aplikasi, baik itu yang berasal dari Google Play Store maupun pihak ketiga, ada baiknya bagi anda untuk memperhatikan permission yang diminta terlebih dahulu.

Sumber : https://www.liputan6.com

0 Response to "Simak 5 Aplikasi yang Beresiko Membahayakan Smartphone"

Post a Comment