Seputar informasi teknologi internet dan Android

Tips Jitu yang Bikin Gadget Jadi Enggak Gampang Panas

blogger templates

Tips Jitu yang Bikin Gadget Jadi Enggak Gampang Panas


Ketika cuaca panas, apalagi dengan keadaan musim  khususnya di Indonesia seringkali perangkat gadget yang kita pergunakan juga menjadi ikut-ikutan panas, terlepas dari berbagai  perangkat seperti laptop, tablet maupun smartphone.

Oleh karena itu bahaya yang kerap timbul jika berbagai perangkat gadget yang sering mengalami overheat atau panas berlebih adalah perangkat bisa menjadi lemot kinerjanya. Dan yang paling parah, perangkat gadget bahkan sampai tidak bisa dihidupkan.

Factor penyebab perangkat gadget menjadi panas biasanya adalah karena adanya paparan sinar matahari yang terik sehingga menembus lapisan casing dan kemudian 'memanggang' baterai pada perangkat gadget.

Karena itulah, berikut dibawah ada beberapa hal yang perlu anda hindari agar perangkat gadget tidak mengalami kasus overheating.
Tips Agar Gadget Tak Overheat
1. Sebaiknya anda jangan meninggalkan perangkat gadget di dalam mobil apalagi ketika cuaca sedang panas. Tidak baik meninggalkan perangkat gadget anda didalam mobil yang kedap udara karena menyebabkan gadget anda akan seperti masuk kedalam sebuah oven yang panas.

2. Jangan menggunakan perangkat gadget di tempat-tempat yang langsung terpapar oleh panas sinar matahari, karena hal tersebut dapat merusak gadget anda. Selalu gunakan pelindung agar perangkat gadget anda terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Saat anda beralih dari udara panas diluar ruangan lalu masuk ke dalam ruangan yang memiliki udara dingin, sebaiknya jangan langsung menggunakan perangkat gadget.

Sebaiknya, perangkat gadget anda diamkan dulu sesaat lalu kemudian nyalakan kembali dengan tujuan untuk menghindari kemungkinan gadget anda tidak dapat dinyalakan.
Tips Khusus untuk Laptop

Paparan cahaya matahari yang terik akan dapat menembus lapisan casing dan bisa  'memanggang' baterai pada perangkat laptop.

Anda tentu sering mengalami yang namanya laptop panas, apa lagi bila terlalu lama digunakan dalam jangka waktu lama tanpa dimatikan.

Umumnya, prosesor ataupun mesin yang ada di dalam perangkat laptop akan menjadi mudah panas sehingga bisa mengakibatkan laptop kinerjanya menjadi lemot dan dapat membuat perangkat mati mendadak.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan guna mencegah laptop menjadi panas berlebih :

1. Bersihkan ventilasi pada perangkat laptop anda agar udara dapat keluar masuk dengan baik yang dapat mencegah laptop menjadi mudah panas.

2. Sebaiknya anda sesuaikan pengaturan daya, gunakan daya asupan listrik yang sesuai dengan perangkat .

3. Gunakan kipas pendingin atau cooling pad.

4. Matikan perangkat laptop jika tidak digunakan.

5. Jika perangkat laptop sedang disambung ke daya listrik dan daya baterai masih dalam keadaan penuh, lebih baik  anda cabut baterai nya guna menghindari perangkat laptop menjadi cepat panas.


0 Response to "Tips Jitu yang Bikin Gadget Jadi Enggak Gampang Panas"

Post a Comment