Seputar informasi teknologi internet dan Android

2 Trik Jitu Mengembalikan File Yang Telah Terhapus di Android

blogger templates

2 Trik Jitu Mengembalikan File Yang Telah Terhapus di Android

Trik Jitu Mengembalikan Data/ File Yang Terhapus di Android. Mungkin diantara anda pernah mengalami kejadian secara tidak sengaja menghapus file penting di memori perangkat Android anda. Jika memang anda pernah mengalaminya tentu akan merasa bingung dan sedih karena harus kehilangan file penting tersebut. File atau data yang berupa foto, video, koleksi musik maupun dokumen penting dan lain sebagainya.

Tapi ternyata ada cara yang bisa membantu anda untuk mengembalikan file yang telah terhapus di perangkat Android dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Recovery Data memang sering dilakukan ketika seseorang kehilangan beberapa file yang bersifat penting pada perangkat Smartphone Android nya. Namun sebenarnya pengguna perangkat android  bisa menginstal fitur backup agar nantinya jika terhapus dapat dikembalikan lagi kesemula, namun tidak semua pengguna perangkat Android memasang fitur backup tersebut, oleh karena itu  untuk dapat mengembalikan file yang telah terhapus anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Untuk Mengembalikan File/ Data yang Telah Terhapus Di Perangkat Android bisa anda terapkan pada semua merek smartphone yang ada di pasaran mulai dari Samsung Galaxy, Asus Zenfone, Lenovo, Xiomi, Oppo, Smartfreen Andromax, Sony Experia, HTC, LG, Motorola, Advan, maupun merek lainnya yang tidak disebutkan. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan anda simak cara dan langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Guna Mengembalikan File Terhapus di Android

Ada 2 trik yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan data ataupun file yang terhapus di perangkat Android. Namun sebelum anda melakukan cara dibawah ini sebaiknya pastikan perangkat Android anda sudah dalam keadaan Root. 

Aplikasi yang berasal dari pihak ketiga  bernama GT Recovery Mode dan DiskDigger ini memang membutuhkan akses Root agar dapat melakukan scanning pada semua file di perangkat Android anda dan kemudian mengembalikannya seperti keadaan sedia kala. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak Langkah – Langkah  Recovery Data Terhapus pada perangkat Android dibawah ini.

Cara 1 : Gunakan Aplikasi GT Recovery


GT Recovery adalah aplikasi Android yang berfungsi sebagai aplikasi untuk mengembalikan data/ file terhapus di perangkat smartphone maupun tablet Android. Yang menarik aplikasi ini mempunyai banyak fitur recovery, bukan cuma dokumen, foto, musik, dan video saja, namun  juga bisa digunakan untuk mengembalikan data sms yang telah terhapus, kontak yang tidak sengaja terhapus, beberapa catatan yang terhapus, daftar layanan wifi yang hilang terhapus, pesan dari aplikasi whatsapp yang terhapus, maupun catatan panggilan yang terhapus, dan lainnya.

Akan tetapi yang harus anda perhatikan bahwa sebelum menggunakan aplikasi ini, sebaiknya perangkat android anda sudah harus dalam posisi Root.

Silahkan anda ikuti langkah – langkah recovery data dengan aplikasi GT Recovery dibawah ini.

  1. Langkah pertama, anda unduh terlebih dahulu aplikasi GT Recovery ini melalui Google Play Store yang bisa anda dapatkan secara gratis.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut lalu lanjutkan dengan tap “Recover File” untuk mencari dan juga mengembalikan data yang telah terhapus.
  3. Berikutnya centang bagian file mana yang ingin anda scanning mulai dari file Images, Video, Audio, Dokumen, Aplikasi, dan file yang lainnya. Lalu kemudian anda tap “Next” untuk melanjutkan.
  4. Selanjutnya Aplikasi akan melakukan analisis untuk perangkat smartphone Android anda. Jika perangkat Android anda sudah dalam kondisi Root maka proses scanning dapat dilanjutkan.
  5. Lakukan langkah – langkah selanjutnya sampai anda dapat mengembalikan data yang telah terhapus satu persatu.
  6. Selesai.
Cara 2 : Gunakan Aplikasi DiskDigger



Selain aplikasi GT Recovery, anda pun bisa menggunakan aplikasi lainnya yang bernama DiskDigger. Hebatnya dengan menggunakan Aplikasi DiskDigger ini, anda dapat mengembalikan data berupa foto yang terhapus di perangkat Android dengan sangat mudah dan cepat. 

Hanya cukup dengan sekali tap saja maka semua foto terdahulu yang mungkin secara tidak disengaja pernah anda hapus akan tampil kembali dan bisa anda kembalikan seperti semula. Namun yang harus anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan perangkat Android anda sudah dalam kondisi root.

  1. Langkah pertama, anda unduh aplikasi DiskDigger melalui Google Play Store yang bisa anda dapatkan secara gratis.
  2. Lalu anda buka aplikasi tersebut dan kemudian tap “Start” untuk melakukan scanning pada semua foto yang telah terhapus di Memori Internal dan Eksternal perangkat Android anda.
  3. Jika telah ditemukan, lalu anda centang foto yang ingin anda kembalikan kesemula, kemudian tap “Icon Tiga Titik”, berikutnya tap “Save This File Locally” untuk menyimpan foto yang telah di kembalikan tersebut di memori perangkat android anda.
  4. Selesai.
Jika anda mengikuti langkah – langkah diatas sesuai dengan petunjuk, tentunya file yang telah terhapus bisa anda kembalikan lagi kesemula.

0 Response to "2 Trik Jitu Mengembalikan File Yang Telah Terhapus di Android"

Post a Comment