Seputar informasi teknologi internet dan Android

Cara Mengirim Pesan Rahasia Lewat Gmail di Android

blogger templates

Cara Mengirim Pesan Rahasia Lewat Gmail di Android



Fitur terbaru telah hadir bagi pengguna Gmail untuk Android  yaitu  fitur Confidential Mode.

Dengan hadirnya fitur ini akan memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan rahasia dan kemudian pesan dapat hilang, segera setelah dikirimkan dan telah dilihat oleh penerimanya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengirimkan pesan rahasia di Gmail untuk Android? Berikut di bawah ini caranya sebagaimana yang dikutip dari laman Gadgethack, pada Selasa (21/8/2018).

1. Buat Email
Pertama buka aplikasi Gmail di perangkat smartphone anda, lalu anda pilih opsi untuk bikin email baru, kemudian masukkan alamat email penerima.

2. Opsi Confidential Mode
Langkah selanjutnya, anda klik tanda titik tiga yang berada di sudut kanan atas, kemudian anda pilih opsi "Confidential Mode".



3. Atur Waktu Email
Masih berada di halaman yang sama, disana anda akan menemukan opsi konfigurasi untuk mengirimkan pesan dengan menggunakan mode Confidential.

Dengan mode confidential pengguna dapat memilih batas waktu kadaluarsa pesan yang dikirim dan metode keamanan yang akan digunakan untuk mengirimkan kata sandi.

Anda dapat memilih waktu kadaluarsa pesan mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, tiga bulan, ataupun lima tahun segera setelah email dikirimkan.

Anda harus tahu, tanggal tersebut bukan dihitung dari pesan dibuka oleh si penerima, akan tetapi dihitung sesaat setelah pengirim mengirimkan email.

Atur Kata Sandi

4. Atur Kata Sandi
Untuk penggunaan kata sandi atau passcode, anda dapat memilih opsi "Standard" fungsinya untuk mengirim pesan tanpa menggunakan sandi. Hal tersebut dapat dilakukan jika pengirim dan penerima pesan sama-sama menggunakan layanan Gmail.

Nah, jika anda ingin agar pesan dikirim dengan memakai kata sandi, anda dapat memilih opsi "SMS". Dengan menggunakan metode ini, ketika ingin membuka pesan email, maka penerima harus memasukkan kode yang telah dikirimkan lewat SMS.

Jika setelah anda memilih opsi SMS kemudian tidak ada nomor telepon yang terhubung dengan alamat email tujuan di kontak, maka Gmail akan meminta pengguna untuk memasukkan nomor telepon penerima. Setelah nomor ditambahkan, kemudian email segera dikirimkan ke alamat yang dituju.

5. Hapus Akses Sebelum Masa Kedaluarsa
Pengguna bisa menghapus akses terhadap email sebelum tanggal kedaluarsa yang telah ditentukan.
Caranya yaitu dengan masuk ke folder pesan terkirim lalu kemudian pilih email yang dimaksud, selanjutnya pilih opsi Hapus akses.
Apa Itu Confidential Mode?


Seperti yang dikutip dari laman CNET, pada Senin (20/8/2018) fitur Confidential Mode memungkinkan pengguna untuk mengontrol email yang telah dikirim dengan lebih ketat.

Karena lewat fitur ini pengguna Gmail jadi bisa mengatur waktu kadaluarsa email yang dikirimkan.
Fitur ini boleh dibilang serupa dengan fitur message Snapchat ataupun secret chat Telegram, yaitu pesan akan segera hilang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Selain itu, penerima pesan pun menjadi tidak bisa mem-forwardcopy, cetak, ataupun mengunduh pesan yang telah dikirimnkan. Namun walau begitu, Google menyebut para penggunanya masih dapat mengambil screenshot atas email yang dikirim tersebut.

Ketika pengguna mengirim email dengan menggunakan fitur Confidential Mode, mereka dapat menerapkan kata sandi untuk membukanya, yaitu dengan mode pengaturan SMS.

Nantinya nomor telepon dari penerima yang telah didaftarkan saat mengirim pesan akan dikirimi kata sandi. Dan kata sandi itulah yang kemudian dimasukkan sebagai kode guna membuka email.

Untuk anda ketahui, fitur Confidential Mode merupakan bagian dari versi baru Gmail yang telah resmi dirilis Google ditahun 2018 ini. 

0 Response to "Cara Mengirim Pesan Rahasia Lewat Gmail di Android"

Post a Comment