Seputar informasi teknologi internet dan Android

Bisa Kirim Pesan Rahasia Lewat Fitur Baru Gmail di Android

blogger templates

Bisa Kirim Pesan Rahasia Lewat Fitur Baru Gmail di Android


Bagi pengguna Gmail untuk Android, sekarang Gmail menghadirkan fitur terbarunya yaitu Confidential Mode. Dengan fitur ini memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan rahasia dan pesan tersebut akan hilang, segera setelah dikirimkan pengirim dan dilihat oleh penerimanya.

Seperti berita yang dilansir dari laman CNET, Senin (20/8/2018), dengan fitur Confidential Mode memungkinkan pengguna untuk mengontrol email yang telah dikirim dengan lebih ketat. karena, melalui mode ini pengguna dapat mengatur waktu kedaluarsa email yang dikirimnya.



Fitur Gmail terbaru ini dapat dikatakan serupa dengan fitur message Snapchat ataupun secret chat Telegram, yaitu pesan akan segera hilang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Menariknya, penerimanya pun tidak akan bisa mem-forwardcopy, mencetak, maupun mengunduh pesan yang telah dikirimkan. Walau begitu, Google mengatakan para penggunanya masih dapat mengambil screenshot atas email yang dikirimkan tersebut.

Ketika pengguna mengirim email dengan menggunakan fitur Confidential Mode, mereka bisa menggunakan kata sandi untuk membukanya, yaitu dengan pengaturan melalui SMS.

Nantinya nomor telepon penerima yang telah didaftarkan ketika mengirim pesan akan berikan kata sandi. Maka kata Sandi itulah yang kemudian dimasukkan sebagai kode untuk membuka email tersebut.

Untuk diketahui, fitur Confidential Mode ini merupakan bagian dari versi baru Gmail yang dirilis Google pada tahun 2018 ini.
Pengguna Gmail Kebanjiran Spam


Sebelumnya, dilaporkan sejumlah pengguna Gmail mengalami kebanjiran pesan spam di folder pesan terkirimnya.

Akun Gmail para pengguna tersebut justru malah mengirim pesan spam ke alamat email lain, pada kenyataannya ternyata yang bersangkutan tak pernah mengirimkan pesan tersebut.

Menurut berita dari laman Mashable, kejadian tersebut dilaporkan pada Minggu pagi. Walaupun pengguna telah mengganti password, email-email spam masih tetap bermunculan.

Beberapa pengguna yang menerima pesan spam menyebut, kemudian mereka segera mengaktifkan two-factor authentication pada akun Gmail mereka.

"Akun email saya telah mengirim tiga email spam dalam waktu kurang dari satu jam. Pesan-pesan ini dikirimkan ke 10 alamat email yang tidak saya ketahui," demikian kutipan tulisan yang diunggah oleh salah satu pengguna pada tanggal 21 April 2018 di Google Help Forum.

Selain itu ada pula yang mengeluhkan kalau mereka sudah mengubah password segera setelah mengetahui akunnya mengirim email spam. "Aku telah mengubah password setelah akun mengirim satu pesan spam, namun malah terjadi lagi dua kali," ucap seorang pengguna.

Email-email spam tersebut dikirimkan dalam berbagai bentuk. Seperti misalnya dalam bentuk iklan penurun berat badan ataupun menawarkan produk suplemen makanan.

"Subjek email-nya ada yang menawarkan produk penurun berat badan dan suplemen penambah berat badan untuk lelaki. Saya sudah melaporkannya sebagai spam. Mohon bantuan, apa yang bisa saya lakukan guna memastikan bahwa akun ini tidak dikompromikan (disalahgunakan)," ungkap seorang pengguna di Google Help Forum.

Kemudian banyak pengguna lainnya menanggapi dengan membenarkan kejadian tersebut. Mereka juga meminta pihak Google segera menyelesaikan masalah email spam di akun Gmail ini.

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3623286/fitur-baru-gmail-di-android-bisa-kirim-pesan-rahasia

0 Response to "Bisa Kirim Pesan Rahasia Lewat Fitur Baru Gmail di Android"

Post a Comment