Seputar informasi teknologi internet dan Android

5 Tips Jitu Untuk Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone Android

blogger templates

5 Tips Jitu Untuk Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone Android



Ketika suatu waktu Smartphone kita kehabisan daya tentunya menjadi suatu hal yang kurang mengenakkan, apalagi disaat anda sedang membutuhnya, misal ketika janjian dengan teman atau pun memesan jasa transportasi online.

Jika sudah begitu, pasti anda ingin segera mengisi daya di tempat umum saat itu juga. Namun masalahnya pasti saat itu tentunya anda tak memiliki waktu lama-lama karena harus segera menuju ketempat tujuan. Lalu jika sudah begitu, apa yang harus dilakukan?

Tenang, artikel kali ini akan membagikan trik yang bisa mempercepat agar durasi dalam pengisian daya baterai bisa lebih ngebut, walaupun perangkat smartphone anda tidak dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Bagaimana caranya? Simak caranya dibawah ini

1. Gunakan USB yang Sesuai

Hal pertama yang mesti anda pastikan adalah penggunaan kabel USB yang sesuai dengan perangkat Smartphone. Masalah ini mungkin terdengar sederhana, akan tetapi sebenarnya kualitas kabel charger berpengaruh pada kecepatan pengisian daya baterai.

Misalnya anda tidak menggunakan kabel USB yang bukan berasal dari bawaan perangkat smartphone nya, maka kecepatan untuk isi daya baterai pun berbeda dengan kabel USB bawaan dari perangkatnya.

Hal ini dikarenakan masing-masing dari kabel charger dibuat dengan menggunakan material berbeda. Nah, untuk kabel USB bawaan dari perangkat biasanya dibuat dengan material logam yang mampu untuk menghantarkan daya listrik dengan baik. 

Terlebih, charger bawaan perangkat dibuat seperti itu dengan maksud agar sesuai dengan peruntukan dari perangkatnya.

2. Matikan Smartphone Saat Diisi Daya

Ketika mengisi daya baterai, sebagian orang biasanya akan menghidupkan smartphone-nya agar tetap dapat menerima notifikasi. Namun walau tidak sedang digunakan, aplikasi-aplikasi yang berjalan di bagian backdoor ini tetap membutuhkan daya.

Maka dari itu, jika memang anda ingin perangkat smartphone cepat penuh ketika diisi daya nya, anda bisa mematikan dahulu perangkat smartphone saat diisi daya agar supaya aplikasi-aplikasinya yang berjalan dibelakang juga mati. Selain itu pastikan juga untuk tidak menggunakan smartphone ketika sedang mengisi daya.

Dengan begitu, daya yang masuk ke perangkat smartphone tidak akan berkurang lantaran digunakan guna menyokong kinerja background dari aplikasi-aplikasi yang ada didalam perangkat.


Huawei diberitakan akan segera memperkenalkan teknologi pengisian daya cepat 48 persen dalam 5 menit pada ajang MWC 2018 (Gambar : Gizmochina)

3. Jangan Isi Daya di Tempat Panas

Lokasi dalam pengisian daya baterai Smartphone ternyata  berpengaruh dalam menentukan waktu pengisian daya. Sebaiknya, pengguna perangkat Smartphone tidak mengisi daya perangkatnya di tempat-tempat bersuhu panas.

Alasannya, hal tersebut bisa menghambat durasi waktu dalam pengisian daya baterai. Ketika perangkat smartphone berada pada suhu yang panas  maka secara tidak langsung kinerja dari perangkat  smartphone akan semakin meningkat.

4. Airplane Mode


Selain dengan cara menonaktifkan perangkat smartphone, anda bisa juga mencoba cara lainnya yaitu dengan mengaktifkan fitur aiplane mode atau mode pesawat terbang.

Alasannya  adalah saat perangkat smartphone dalam keadaan hidup dengan penggunaan paket data aktif, maka perangkat smartphone akan selalu aktif guna mencari sinyal agar perangkat smartphone dapat digunakan.

Ketika mencari sinyal jaringan internet inilah yang sebenarnya lebih memakan daya. Apalagi jika tempat dimana anda berada susah memperoleh sinyal, pastilah daya baterai yang digunakan menjadi semakin besar.

Oleh sebab itulah, dengan mengaktifkan fitur airplane mode akan dapat menghindarkan perangkat smartphone dari upaya dalam pencarian sinyal internet secara terus-menerus.

5. Jangan Isi Daya di Mobil

Dalam keadaan darurat, biasanya pengguna seringkali mengisi daya baterai Smartphonenya di dalam mobil. Padahal seperti yang kita ketahui arus daya yang ada di mobil yang masuk ke perangkat smartphone sesungguhnya tidaklah stabil.

Maka dari itu, ketika mengisi daya baterai  di dalam mobil akan membutuh waktu lebih lama bila dibandingkan ketika mengisi daya langsung melalui jala-jala listrik.

0 Response to "5 Tips Jitu Untuk Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone Android"

Post a Comment